7 Trik Membuat Kamarmu Lebih Luas

Kamar, adalah sebuah ruangan yang bisa dibilang merupakan tempat kembali terakhir kita. Awal dan akhir hidup kita sehari-hari berada di kamar. Ya karena kita bangun tidur dan tidur lagi di kamar kan?

Apalagi bagi mereka yang hidup di perantauan. Kamar kos adalah satu-satunya tempat yang bisa menerima mereka “apa adanya”.

Bicara tentang kamar, kata pertama yang diingat bisa jadi adalah sempit. Tenang saja, kalau kamu menempati kamar yang sempit, ini ada beberapa trik yang bisa kamu coba supaya kamarmu terasa lebih luas. Ayo segera baca dan aplikasikan!

Perabot Merapat Dinding

trik-kamar-tidur-perabot-menempel-dinding
by Pexels

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menata perabot-perabot di kamarmu merapat ke dinding. Dengan menempelnya perabot ke dinding akan membuat banyak space ruang di tengah.

Gunakan Floating Shelves

trik-kamar-tidur-floating-shelves
by Pexels.

Kamu punya banyak barang di kamar? Hindari meletakkannya di rak biasa (yang kakinya menempel di lantai). Solusinya adalah kamu bisa membeli atau membuat floating shelves (rak melayang).

Dengan menggunakan floating shelves maka banyak ruang bebas yang akan didapatkan, dibanding dengan rak berkaki. Dengan fungsi yang sama, menggunakan floating shelves juga sedikit banyak membuat kamarmu lebih indah.

Gantung Baju

trik-kamar-tidur-gantungan-baju
Photo by rawpixel.com from Pexels

Keberadaan lemari di kamar akan mengambil space yang cukup banyak. Apalagi jika lemarimu ukurannya besar, bisa-bisa seperempat bagian kamarmu hanya diisi lemari saja.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba untuk menggunakan gantungan baju untuk menyimpan pakaianmu. Dengan gantungan baju ini, ruangan akan terasa lebih luas disebabkan desain gantungan yang terbuka, dan akan lebih terasa tidak pengap.

Dinding Cerah

trik-kamar-tidur-cat-dinding
by Pexels.

Ini salah satu trik yang paling mudah diterapkan. Ganti warna cat dindingmu.

Ya, dengan mengganti warna cat dindingmu dengan warna-warna yang cerah, kamu akan mendapati kamarmu terasa lebih luas.

Kemudian setelah itu, hindarilah menempatkan dekorasi-dekorasi di dinding, karena hal ini akan membuat kamar terasa sesak dan sempit karena banyaknya dekorasi dinding yang kamu tempatkan.

Cermin Besar

trik-kamar-tidur-cermin
by Pexels

Pasti kamu sudah biasa melihat penempatan cermin ini di supermarket atau minimarket. Tapi mungkin kamu juga belum tahu apa fungsi dari cermin itu. Nah, penempatan cermin ini merupakan salah satu trik supaya ruangan terasa lebih lapang.

Nah, trik ini juga bisa kamu aplikasikan di kamarmu. Tempatkanlah sebuah cermin di salah satu sudut ruangan kamarmu. Efek pantulan bayangan dari cermin akan memberikan “tipuan mata” bahwa kamarmu lebih lebar. Apalagi jika kamu menggunakan cermin yang ukurannya besar.

Jendela

trik-kamr-tidur-jendela
Photo by Vecislavas Popa from Pexels

Trik ini khusus yang tinggal di kamar rumah sendiri ya. Triknya adalah menambahkan jendela disalah satu sisi kamar (yang menghadap ke luar).

Dengan adanya jendela, maka sirkulasi udara akan berjalan lanar. Selain itu, pancaran sinar matahari juga akan dengan mudah masuk ke kamar. Nah, sinar matahari inilah yang akan membuat ruangan kamarmu terasa lebih lapang.

Gunakan Karpet Besar

trik-kamar-tidur-karpet
by Pixabay

Jika selama ini kamu menggunakan alas karpet di kamarmu. Ada satu trik yang bisa dicoba untuk membuat kamarmu terasa lebih luas.

Kamu bisa menggunakan karpet dengan ukuran yang besar, yang menutupi seluruh bagian kamarmu. Karena, kalau kamu menggunakan karpet kecil, hal ini justru akan mengesankan kamarmu sempit.

Pilihlah karpet yang memiliki warna yang netral, serta usahakan tidak memiliki banyak pola atau pattern, jadi yang relatif polos.

***

Itulah 7 trik yang bisa kamu coba supaya kamar tidurmu memiliki space yang lebih luas, dan tentu saja akan membuatmu merasa lebih nyaman saat berada di dalamnya. Kamu punya trik lain? Beri tahu kami lewat kolom komentar, ya.

 

Sumber : notepam.com, hustopia.com

Tinggalkan komentar