Tempat Wisata Yogya Paling Hits

Tempat Wisata Yogya – Yogya (kadang juga Jogja), atau lengkapnya Yogyakarta, selalu memberikan kesan yang membekas bagi siapa saja yang mengunjunginya. Apalagi bagi yang pernah tinggal lama di kota ini. Kalau nggak percaya coba tanya sama teman-temanmu yang pernah menghabiskan waktunya di sini.

Ngayogyakarta Hadiningrat, itulah nama asli dari Yogyakarta. Kota satu ini punya beberapa julukan yang disematkan kepadanya. Salah duanya adalah kota pelajar dan kota gudeg. Dua buah julukan yang tentu saja kita sudah tahu kenapa Jogja dijuluki dengan itu.

Daerah Istimewa satu ini punya banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari pantai sampai gunung. Wisata sejarah sampai modern. Wisata budaya. Dan masih banyak lagi atraksi wisata di daerah satu ini. Dan satu yang jangan sampai terlupakan, yaitu wisata kulinernya.

Museum Affandi

Tempat Wisata Yogya - Museum Affandi
Museum Affandi – kamerabudaya.com

Bagi para pecinta seni lukis, tentu nama Affandi tidak asing lagi. Jika kamu ingin melihat bagaiman eksotisnya karya-karya Affandi, kamu bisa berkunjung ke museum Affandi ini.

Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisutjipto 167. Dari pusat kota Yogya, museum ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Di dalam museum ini, kamu bisa menyaksikan ratusan karya dari pelukis yang dikenal banyak orang dengan gaya ekspresionisme ini. Beberaapa karya yang terpajang di museum ini antara lain berjudul “Mother’s Angry”, “Wisdom of The East”, dan “The Artist and His Daughter”.

Selain karya dari Affandi yang dipamerkan di museum ini. Ada juga karya-karya dari keluarga Affandi, antara lain karya dari Kartika Affandi dan Maryati Affandi.

Selain koleksi museum yang bisa dinikmati. Suasana disekitar museum juga bisa dinikmati kesejukannya, karena Museum Affandi ini dikelilingi oleh beberapa pohon rindang.

Museum Affandi bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari libur nasional. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Untuk bisa masuk menikmati karya-karya Affandi, wisatawan lokal diharuskan membayar Rp 25.000 per-orang, dan jika membawa kamera, maka ada penambahan biaya sebesar Rp 20.000.

Monumen Jogja Kembali

Tempat Wisata Yogya - Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali – id.wkipedia.org

Bagi yang berkunjung ke Jogja, tempat satu ini wajib masuk sebagai salah satu tempat yang dituju. Monumen Jogja Kembali terletak di Kabupaten Slema, tepatnya di Jalan Lingkar Utara, Keluarahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik.

Monumen Jogja Kembali atau biasanya disingkat menjadi Monjali ini dibangun sebagai monument untuk mengenang peristiwa sejarah, yaitu Serangan Umum Satu Maret. Pembangunannya dimulai pada tanggal 29 Juni 1985 dan selesai dan resmi dibuka pada tanggal 6 Juli 1989.

Bangunan monument ini punya tiga lantai, dan di dalamnya terdapat ruang serbaguna dan ruang perpustakaan. Saat kamu mengunjungi Monjali, di pintu masuknya kamu bisa melihat 422 nama yang merupakan nama-nama pahlawan yang gugur saat membela Indonesia.

Di dalam Monumen Yogya Kembali kamu bisa melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan sejarah perjuangan Indonesia. Kamu bisa melihat foto-foto, replika, berbagai jenis senjata, dokumen, bahkan kamu bisa menemukan replika dapur umum pada perang kemerdekaan tahun 1945-1949. Tak ketinggalan, di dalam Monjali ini kamu juga bisa melihat dokar dan tandu yang dulu pernah digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Daya tarik lain dari Monjali adalaha keberadaan taman pelangi. Taman pelangi ini adalah sebiah taman yang menyuguhkan keindahan warna-warna lampu lampion di malam hari. Warna-warni lampu lampion inilah yang membuatnya di namai taman pelangi.

Tempat Wisata Yogya – Benteng Vredeburg

Tempat Wisata Yogya - Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg – en.wikipedia.org

Benteng peninggalan jaman penjajahan ini sekarang difungsikan sebagai museum. Museum Benteng Fredeburg terletak di jantung kota Jogja, yaitu di titik nol kilometer. Letaknya sangat dekat dengan Malioboro.

Di dalam benteng ini kamu bisa menemukan berbagai diorama yang mengisahkan bagaimana perjuanagn para pahlawan  Indonesia dalam menghadapi penjajah.

Museum Gunung Merapi

Tempat Wisata Yogya - Museum Merapi
Museum Merapi – urbandistro.com

Museum ini merupakan sebuah museum yang didirikan dengan tujuan sebagai sarana pendidikan tentang kegunungapian, dan bagi kamu yang ingin mengetahui tentang Gunung Merapi, kamu wajib untuk mengunjungi tempat ini.

Museum Gunung Merapi ini terletak di daerah Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Dan sekarang ini sudah banyak agen paket wisata yang memasukkan museum Merapi ini ke dalam salah satu daftar tempatnya. Bentuk bangunan dari Museum Gunung Merapi ini cukup unik, yaitu berbentuk trapesium, dimana salah satu sisi bagian puncaknya berbentuk segitiga. Saat langit dalam keadaan cerah dan pandangan ke gunung Merapi tidak terhalangi oleh awan, maka keduanya akan terlihat berdiri berdampingan dengan gagah.

Saat memasuki bangunan Museum Merapi kamu akan disambut dengan replika gunung Merapi. Dimana replika ini dilengkapi dengan alat yang bisa memberikan gambaran bagaimana suasana letusan Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2006.

Selain itu, di lantai satu museum ini juga dipajang berbagai barang, seperti berbagai batu dari Gunung Merapi sejak tahun 1930, koleksi foto-foto Merapi dari berbagai zaman, dan ada juga beberapa display yang menerangkan tentang tipe-tipe letusan gunung api.

Setelah menjelahi semua koleksi museum di lantai satu. Sekarang kita beranjak ke lantai dua. Di sana kamu bisa menemukan beberapa koleksi dan alat peraga, seperti lorong peraga simulasi LCD, peraga tsunami, peraga gempa bumi dan ada juga display letusan dan erupsi dari gunung Merapi.

Di dalam museum Merapi ini juga ada sebuah teater mini. Di dalamnya pengunjung bisa menyaksikan sebuah film pendek 24 menit tentang Merapi, yang berjudul Mahaguru Merapi.

Parangtritis

Tempat Wisata Yogya - Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis – wistareligidunia.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu pantai satu ini. Pantai Parangtritis ini adalah pantai yang sangat popular di kalangan wisatawan. Dan menjadi tujuan wisata utama bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik Parangtritis adalah terdapatnya beberapa bukit pasir di pantainya, yang biasa disebut dengan gumuk. Dan digumuk-gumuk ini ada beberapa permainan yang bisa dicoba, salah satunya adalah sandboarding.

Selain itu, di tempat wisata Yogya pantai Parangtritis juga terdapat penyewaan ATV, kuda dan kereta kuda yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati atau menyusuri pantai Parangtritis. Dan satu hal lagi dari Parangtritis adalah, tempat ini juga digunakan sebagai tempat ubtuk melakukan olahraga udara, atau istilah populernya adalah aeromodeling.

Pantai Timang

Tempat Wisata Yogya - Pantai Timang
Pantai Timang – wisatareligidunia.blogspot.com

Inilah wisata yang menyajikan pengalaman berbeda bagi para pengunjungnya. Di tempat wisata Yogya satu ini, ada satu wahana yang bisa menantang adrenalin para wisartawan, yaitu kereta gantung.

Jangan berpikir kereta gantung di sini seperti kereta gantung di tempat lainnya yang sudah modern. Di tempat ini, kereta gantungnya masih sangat tradisional, yaitu masih mengguanakan tali-tali. Namun, jangan khawatir, kemanan dari wahana satu ini sudah dipikirkan oleh para pengelolanya.

Satu hal yang memacu adrenalin saat menaiki kereta gantung ini adalah kondisi dimana kamu yang menaikinya akan berada di sebuah kereta gantung (yang mirip dengan kursi), dan hanya bisa muat satu orang. Dan kamu akan dibawa dari satu sisi pantai ke pulau ditengah laut.

Dan dalam perjalanan itu, kamu akan menghadapi beberapa “cobaan”, bisa dari ombak-ombak yang berdebur keras atau bisa juga dari angina yang berhembus kencang. Selain itu ada hal lain yang bisa membuat adrenalinmu meningkat, yaitu suara yang cukup keras dari air laut yang menghempas karang-karang.

Jika kamu penasaran, kamu bisa langsung berkunjung ke Pantai Timang yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Karena bagaimanapun tulisan ini tidak akan mampu untuk menggambarkan bagaimana serunya mencoba kereta gantung di tempat wisata Yogya bernama Pantai Timang ini.

Sebagai gambaran, tonton video tentang kereta gantung pantai Timang di bawah ini

Gembira Loka

Tempat Wisata Yogya - Gembira Loka
Gembira Loka – Fb Gembira Loka Zoo

Bagi para pecinta dan penyayang binatang, tempat wisata Yogya satu ini wajib masuk dalam list kunjungan. Kebun binatang ini terletak di Jalan Kebun Raya no 2, Umbulharjo. Dan berjarak sekitar 5,5 km dari pusat kota pelajar ini.

Kebun binatang Gembira Loka ini memiliki area yang bisa dibilang cukup luas. Dengan luasnya itu, kebun binatang ini bisa memiliki koleksi ratusan jenis hewan yang bisa dilihat oleh pengunjung. Mulai dari jenis burung, seperti elang jawa, rangkok, burung hantu, pelikan, dll. Ada juga jenis reptil seperti biawak, kadal, kura-kura, dlsb. Serta ada juga koleksi mamalia seperti harimau, unta, beruang, tapir, gajah, dsb.

Walaupun tempat ini adalah kebun binatang, tidak hanya binatang yang bisa kita temui di sini. Ada berbagai macam permainan yang sudah disediakan oleh pengelola untuk memanjakan para pengunjung. Seperti ATV, bumper boat, perahu katamaran, speed boat dan lain-lain.

Dan satu lagi hal yang menarik di sini, pengelola menyediakan sebuah kereta keliling yang bernama Taring yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menjelajah Gembira Loka dari satu pos ke pos lainnya

*******

Itulah beberapa tempat wisata Yogya yang wajib dikunjungi. Masih banyak tempat wisata popular di Yogya yang belum tertulis di sini, seperti Malioboro, Lava Tour, Candi Kalasan, Gua Jomblang dan masih banyak yang lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar