Sistem Pernapasan Pada Manusia | Penjelasan Paling Lengkap

Halo semuanya, selamat dating di babacaca. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang sistem pernapasan. Termasuk alat pernapasan manusia, fungsi dari alat pernapasan dan juga membahas tentang penyakit pernapasan.

Oke, tidak perlu basa-basi lama-lama, mari kita langsung saja ke materi sistem pernapasan manusia, berikut ini.

Pengertian Sistem Pernapasan

Pengertian sistem pernapasan pada manusia
lifestyle.okezone.com

Secara mudahnya, sistem pernapasan atau disebut juga respirasi adalah proses di mana tubuh manusia menghirup oksigen O2dan mengeluarkan karbon dioksida CO2 dan juga uap air. Oksigen ini merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia, oksigen di dalam tubuh berperan dalam proses menguraikan glukosa, sehingga kita mendapat energi untuk menjalani kehidupan.

Sistem pernapasan atau ini terdiri dari dua proses, yaitu :

  • Inspirasi, masuknya udara(oksigen) dari luar ke dalam tubuh lewat alat pernapasan
  • Ekspirasi, keluarnya udara(oksigen) dari dalam tubuh.

Jika berdasar tempat, pernapasan ini dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Eksternal, pertukaran O2 dan CO2 dari udara luar yang masuk ke dalam aliran darah melalui alveolus(alat pernapasan).
  • Internal, pertukaran O2 dengan CO2 yang prosesnya di dalam sel-sel tubuh.

Alat Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan - alat pernapasan
pusakapelajar.blogspot.com

Sistem pernapasan pada manusia tersusun atas beberapa organ pernapasan, organ sistem pernapasan ini terdiri dari.

Hidung

Organ pernapasan - hidung
materipendidikan.info

Organ pernapasan ini merupakan tempat pertama dari seluruh alat sistem pernapasan yang dilalui oleh oksigen saat akan masuk ke dalam tubuh. Hidung ini terdiri dari tiga bagian, yaitu lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung.

Di dalam rongga hidung terdapat dua alat penyaringan udara, yaitu kelenjar mukus yang menghasilkan lapisan lendir, dan terdapat juga rambut hidung yang memiliki ukuran pendek tapi berdiameter lebih besar daripada rambut di kepala.

Fungsi dari dua ‘alat’ ini adalah sebagai penyaring udara yang masuk lewat hidung supaya lebih bersih saat diproses di paru-paru. Karena itulah kita disarankan, dan memang kodratnya begitu, untuk bernafas melalui hidung, bukan lewat mulut.

Hasil dari penyaringan ini adalah apa yang sering kita cari, dan kita beri nama keren : upil (kotoran hidung).

Selain sebagai organ sistem pernapasan, kita semua tentunya sudah tahu bahwa hidung ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai indera penciuman.

Tenggorokan

Sitem pernapasan - organ pernapasan tenggorokan laring
lesmusikterbaik.blogspot.com

Di tenggorokan ini ada yang namanya faring. Faring adalah bagian persimpangan antara saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Di faring ini terdapat Laring, letaknya berada di bagian belakang faring. Laring juga biasa disebut dengan pangkal tenggorok. Dan ukuran dari laring ini hanya 3-4 cm.

Di laring terdapat dua organ tubuh, yaitu pita suara dan epiglottis. Fungsi dari pita suara tentu kita sudah ketahui, yaitu sebagai tempat keluarnya suara.

Sedangkan epiglottis ini adalah semacam klep yang terdapat di pangkal tenggorokan, sehingga sering disebut dengan katup pangkal tenggorokan. Saat menelan makanan, maka epiglottis akan membuka jalan ke kerongkongan, prosesnya dia akan menutupi laring, sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan.

Sebaliknya, saat bernapas, maka epiglottis akan membuka, sehingga udara akan masuk ke tenggorokan.

Selain pita suara dan epiglottis, di laring juga terdapat semacam cairan, yang fungsinya sama seperti cairan di hidung tadi, yaitu sebagai penyaring kotoran yang masuk, sehingga udara yang masuk menjadi lebih bersih lagi.

Trakea (Batang Tenggorokan)

Sistem pernapasan - organ pernapasan trakea
informazone.com

Letak dari trakea adalah di depan kerongkongan. Trakea tersusun dari tulang rawan yang memiliki bentuk cincin. Di dinding sebelah dalam dari trakea ini terdapat jaringan jaringan epitelium bersilia, yang fungsinya adalah mengeluarkan lendir. Lendir ini berfungsi untuk menyaring kembali udara yang masuk, sehingga lebih bersih lagi udara yang akan masuk ke paru-paru.

Kotoran yang terkumpul di sini akan didorong ke atas menuju belakang mulut, dan pada akhirnya kotoran itu akan keluar dengan cara batuk.

Bronkus

Bronkus ini adalah percabangan dari batang tenggorokan. Jumlahnya ada dua, satu menuju paru-paru kanan, dan lainnya menuju paru-paru kiri.

Bronkus yang menuju ke paru-paru kiri memiliki beberapa perbedaan dengan bronkus yang ke paru-paru kanan. Perbedannya adalah bronkus yang menuju ke paru-paru kiri lebih sempit, lebih panjang dan lebih mendatar daripada yang menuju ke paru-paru kanan. Inilah salah satu penyebab kenapa paru-paru kanan lebih mudah terkena penyakit.

Struktur penyusun bronkus sedikit mirip dengan penyusun trakea, yaitu sama-sama tersusun dari tulang rawan yang memiliki bentuk seperti cincin. Perbedaannya adalah dinding bronkus lebih tipis daripada dinding trakea.

Bronkus ini akan bercabang, dan nama cabang dari bronkus adalah bronkiolus. Bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkiolus, sedangkan bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus.

Bronkiolus

Sistem pernapasan - alat pernapsan bronkiolus dan aveolus
Bronkiolus dan Aveolus – sutikah.files.wordpress.com

Seperti yang sudah ditulis di atas, bronkiolus ini merupakan cabang dari bronkus. Jumlah dari bronkiolus ini mengikuti dari jumlah gelambir paru-paru, yang kanan tiga dan yang kiri dua. Bronkiolus ini memiliki caabang-cabang yang semakin sempit, halus, kecil dan dindingnya semakin tipis.

Struktur penyusun bronkiolus ini tidak ada tulang rawannya, namun rongga bronkiolus ini memiliki silia. Dan setiap dari masing-masing bronkiolus akan bermuara ke alveolus.

Alveolus

Inilah tempat di mana bronkiolus bermuara, struktur dari alveolus ini bentuknya seperti bola-bola mungil, dan diliputi oleh pembuluh-pembuluh darah dan membentuk semacam jarring. Jumlah alveolus di dalam paru-paru berkisar 300 juta alveolus.

Paru-Paru

Sistem pernapasan - alat pernapasan paru-paru
Paru-paru dan organ sistem pernapsan lainnya – mencegahpenyakit.com

Inilah tujuan terakhir dari seluruh proses sistem pernapasan pada manusia. Letak dari paru-paru adalah di dalam rongga dada. Seperti yang sudah disinggung di poin-poin di atas, jumlah dari paru-paru adalah dua buah, paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir atau bisa disebut lobus, yaitu gelambir bawah, gelambir tengah dan gelambir atas.Sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua gelambir, yaitu gelambir atas dan gelambir bawah.

Udara yang keluar masuk paru-paru memiliki namanya sendiri-sendiri, yaitu :

  • Udara tidal : udara yang keluar masuk saat melakukan pernapasan biasa. Volumenya pada orang dewasa sekitar 500 ml.
  • Udara komplementer : udara yang bisa masuk ke dalam paru-paru setelah melakukan inspirasi biasa. Volumenya sekitar 1500 ml.
  • Udara suplementer : udara yang bisa untuk dikeluarkan sesudah melakukan ekspirasi biasa. Volumenya sekitar 1500 ml.
  • Udara residu : udara yang masih ada di dalam paru-paru setelah mengeluarkan udara sekuat-kuatnya. Volumenya sekitar 1500 ml.

Kapasitas maksimal yang bisa ditampung oleh paru-paru adalah sekitar 3,5 liter.

Proses Sistem Pernapasan Pada Manusia

Proses bernafas pada sistem pernapasan
sciencebooth.com

Urutan proses pernapasan adalah sebagai berikut :

  • Udara masuk melalui hidung, dan disaring untuk menghilangkan kotoran oleh bulu-bulu hidung dan lendir. Walaupun dalam beberapa kondisi ada juga yang bernapas melalui mulut.
  • Kemudian udara menuju ke kerongkongan atas, untuk kemudian diarahkan untuk masuk menuju tenggorokan.
  • Setelah itu diteruskan kembali untuk masuk ke trakea.
  • Dan diteruskan kembali menuju bronkus, kedua cabangnya.
  • Dari bronkus masuk ke bronkiolus dan masuk ke alveolus. Dan di alveolus inilah proses pengambilan oksigen terjadi, selain itu juga terjadi proses pelepasan karbondioksida.

Jenis Pernapasan Pada Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia dibagi menjadi dua. Yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut penjelasannya.

Pernapasan Dada

Proses pernapasan dada
dosenbiologi.com

Pernapasan jenis ini adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Berikut ini mekanismenya :

  • Fase Inspirasi
    • Otot antartulang rusuk konstraksi
    • Rongga dada membesar
    • Tekanan di dalam rongga dada lebih kecil dari tekanan di luar
    • Udara masuk
  • Fase Ekspirasi
    • Otot antartulang rusuk kembali ke posisi semula
    • Tulang rusuk turun
    • Paru-paru menyusut
    • Rongga dada membesar
    • Tekanan di dalam lebih besar dari tekanan di luar
    • Udara dari dalam keluar

Pernapasan Perut

Proses pernapasan perut
dosenbiologi.com

Jika pernapasan dada yang terlibat adalah otot antartulang rusuk, maka di pernapasan perut ini yang terlibat adalah otot diafragma.

Sama seperti pernapasan dada, pernapasan perut juga memiliki mekanisme tersendiri. Berikut ini mekanisme pernapasan perut itu.

  • Fase Inspirasi
    • Otot diafragma kontraksi
    • Tulang rusuk naik
    • Rongga dada membesar
    • Tekanan di dalam lebih kecil dari tekanan di luar
    • Udara masuk
  • Fase Ekspirasi
    • Otot diafragma relaksasi, kembali ke posisi semula
    • Tulang rusuk ikut turun
    • Rongga dada mengecil
    • Tekanan dalam rongga dada lebih besar dari tekanan di luar
    • Udara yang mengandung karbondioksida akan keluar dari tubuh

*******

Itulah tadi penjelasan mengenai sistem pernapasan pada manusia. Semoga bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah berkunjung. Salam.

Tinggalkan komentar