Sistem Pencernaan Pada Manusia | Penjelasan Terlengkap

Setiap makhluk hidup di dunia ini membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Entah itu manusia, hewan bahkan tumbuhan. Makanan ini kemudian akan di proses untuk kemudian dijadikan energi untuk menjalani kehidupan. Pada manusia, proses ini akan dilakukan oleh organ-organ sistem pencernaan pada manusia.

Sistem pencernaan pada manusia ini terdiri dari lima bagian, yaitu

  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus Halus
  • Usus Besar
  • Anus

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas sistem pencernaan pada manusia dengan lengkap dan jelas. Oke, mari langsung saja baca  pembahasan tentang sistem pencernaan pada manusia di bawah ini.

Pengertian Sistem Pencernaan Pada Manusia

Pengertian sistem pencernaan pada manusia
informazone.com

Sistem pencernaan pada manusia adalah sebuah proses mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh, yang tadinya berukuran besar diubah menjadi kecil dan halus. Selain itu sistem pencernaan juga mengubah atau memproses molekul makanan yang tadinya komplek diubah menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim-enzim yang terdapat dalam tubuh serta menggunakan organ-organ sistem pencernaan.

Enzim yang digunakan untuk mencerna ini diproduksi oleh organ pencernaan, jenis yang diproduksi ini tergantung dengan jenis makanan yang akan dicerna.

Sistem pencernaan ini berfungsi untuk mencerna dan menyerap zat-zat gizi dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh, yang kemudian akan diubah menjadi energi dan kebutuhan tubuh yang lain.

Proses Pencernaan

Proses pencernaan makanan pada manusia ini melalui dua proses,yaitu secara mekanik dan secara kimiawi.

Proses Pencernaan Secara Mekanik

Proses ini adalah proses untuk mengubah makanan yang tadinya berukuran besar menjadi lebih kecil dan halus. Proses ini pada manusia terjadi di bagian organ pencernaan mulut, lebih tepatnya dilakukan oleh gigi.

Proses pencernaan secara mekanik ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pencernaan secara kimiawi nantinya.

Proses Pencernaan Secara Kimaiwi

Proses ini bertujuan untuk merubah makanan dari zat-zat yang kompleks mejadi zat yang lebih sederhana, proses ini dilakukan oleh enzim-enzim pencernaan. Enzim ini dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar pencernaan, terdiri dari kelenjar air liur, hati, pankreas, dan juga kelenjar getah lambung.

Proses pencernaan secara kimiawi ini dilakukan di bagian organ pencernaan mulut, lambung dan usus.

Organ Pencernaan Manusia

Dalam memproses makanan, kita menggunakan bagian-bagian dari tubuh kita. Mereka adalah organ pencernaan. Masing-masing dari organ-organ penyusun sistem pencernaan ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Berikut penjelasan lengkapnya.

Organ Mulut

Organ pencernaan mulut
balubu.com

Organ pencernaan mulut merupakan pintu masuk bagi setiap makanan untuk masuk ke dalam tubuh, untuk kemudian dicerna di dalam sistem pencernaan pada manusia. Saat makanan berada di mulut, makanan tadi akan mengalami dua proses pencernaan, yaitu proses pencernann secara mekanik dan kimiawi. Di dalam mulut ini terdapat beberapa bagian, yaitu gigi, lidah dan kelenjar liur.

Lidah

Fungsi dari lidah pada umumnya adalah sebagai peletak atau membantu mengatur letak makanan ke gigi. Selain itu lidah juga membantu dalam proses menelan makanan.

Dan fungsi lidah yang paling kita sadari adalah sebagai perasa makanan. Sebagaia perasa lidah dibagi menjadi empat bagian, dan mereka memiliki fungsi yang berbeda antar satu sama lainnya, yaitu :

  • Ujung lidah, bagian ini berfungsi untuk merasakan rasa manis
  • Area lidah bagian belakang, berfungsi untuk merasakn rasa pahit.
  • Area samping depan dan belakang berfungsi sebagai perasa asin.
  • Area samping bagian tengah, fungsinya untuk merasakan rasa asam.

Gigi

Organ pencernaan gigi
tipssehatideal.com

Fungsi utamanya adalah sebagai alat pengunyah atau penghancur makanan agar berubah ukurannya menjadi lebih kecil dan halus. Sehingga kerja sistem pencernaan pada manusia yang lain akan menjadi lebih mudah.

Gigi ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Masing-masing jenis dari gigi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  • Gigi Seri
    Gigi yang permukaannya mirip seperti kapak ini fungsi utamanya adalah sebagai pemotong-motong makanan. Letaknya adalah di bagian paling depan. Jumlahnya pada orang dewasa adalah 8 buah.
  • Gigi Taring
    Gigi jenis ini memiliki bentuk permukaan yang mirip ujung tombak. Fungsi utamnya adalah sebagai perobek makanan. Dan letaknya adalah di ujung samping dari gigi seri. Jumlah normal pada manusia dewasa adalah empat buah.
  • Gigi Geraham
    Permukan dari gigi geraham berbentuk lebar dan bergelombang. Fungsinya adalah sebagai pengunyah makanan. Jumlahnya pada manusia dewasa normalnya adalah 8 gigi.

Kelenjar Ludah

Inilah yang bertugas untuk mengeluarkan air liur atau saliva. Di dalam rongga mulut terdapat 3 pasang kelenjar ludah, yaitu sebagai berikut :

  • Kelenjar Parotis, letaknya di bawah telinga.
  • Kelenjar Sublingualis, letaknya di bawah lidah.
  • Kelenjar Submandibularis, terletak di rahang bagaian bawah.

Fungsi dari kelenjar Parotis adalah untuk menghasilkan ludah dalam bentuk cair. Sedangkan dua sisanya, yaitu Sublingualis dan Submandibulari menghasilkan getah, di mana getah ini mengandung zat seperti air dan lendir.

Di dalam air liur ini terdapat suatu zat yang fungsinya untuk mengubah karbohidrat (amilum) yang terkandung dalam makanan untuk di ubah menjadi maltosa atau gula sederhana. Dan hal ini akan memudahkan kerja dari organ pencernaan selanjutnya.

Kerongkongan

Organ pencernaan kerongkongan
karyapemuda.com

Kerongkongan ialah sebuah organ yang fungsi utamanya adalah menyalurkan makanan dari mulut untuk menuju ke lambung.

Organ yang dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai esofagus ini di dalamnya memiliki semacam mekanisme otomatis. Saat makanan masuk ke dalam kerongkongan, maka makanan tadi akan terdorong menuju lambung dengan bantuan mekanisme gerakan otomatis dari kerongkongan tadi.

Gerakan ini dinamakan gerakan peristaltik. Gerakan peristaltik ini terjadi karena otot-otot yang melingkari dinding kerongkongan mengkerut secara bergantian. Sehingga makanan akan dengan mudah berjalan menuju ke lambung.

Lambung

Organ pencernaan lambung
gurupintar.com

Bentuk lambung ini seperti kantong yang menggelembung, letaknya adalah pada bagian kiri perut.

Fungsi dari lambung dalam sistem pencernaan pada manusia adalah mencerna makanan dengan proses kimiawi menggunakan enzim. Adapun nama dan fungsi dari enzim-enzim tersebut adalah sebagai berikut :

  • Renin, tugasnya adalah mengendapkan protein susu(kasein).
  • HCL, tugasnya membunuh kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan.
  • Lipase, bertugas mengubah trigliserida menjadi asam lemak.
  • Pepsinogen, tugasnya adalah merubah protein menjadi pepton.

Lambung, atau nama lainnya Ventrikulus ini memiliki tiga bagaian, yaitu Kardiak yang terletak dibagian atas, dibagian tengah yang berbentuk seperti kantung disebut Fundus, sedangkan yang berada dibagian bawah namanya Pilorus.

Karena letaknya, Kardiak dan Pilorus ini berhubungan dengan organ pencernaan lain. Kardiak menyambung dengan kerongkongan , sedangkan Pilorus menyambung dengan usus dua belas jari. Karena letaknya yang menyambung ini, di bagian Kitorus dan Pilorus ini terdapat semacam klep yang mengatur keluar masuknya makanan dari dan ke lambung.

Usus Halus

Organ pencernaan usus halus
7lebah.com

Setelah dari lambung, makanan kemudian bergerak menuju usus. Yang pertama adalah usus halus. Usus halus ini terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus tengah dan usus penyerapan.

Usus dua belas jari atau disebut Duodenum memiliki panjang sekitar 25 cm. Sedangkan usus tengah atau Jejunum memiliki panjang sekitar 2,5 meter. Dan dikedua bagian inilah terjadi proses pencernaan dan juga penyerapan nutrisi dari makanan.

Sedangkan usus penyerapan atau nama lainnya Ileum memiliki panjang sekiatar 3,6 meter. Dan di sini terjadi proses penyerapan nutrisi.

Usus Besar

Organ pencernaan usus besar
caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com.tr/

Sisa-sisa makanan yang tidak tercerna oleh usus halus akan bergerak menuju usus besar. Di usus besar ini terdapat sebuah bakteri yang bertugas membantu proses pembusukan makanan, yang kemudian diubah menjadi feses, bakteri ini namanya Escherechia coli. (Bakteri ini juga memproduksi vitamin K, vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah).

Salah satu fungsi penting dari usus besar adalah perannya dalam menyerap kembali air. Karena, selain sisa makanan yang masuk ke usus besar, terdapat juga sejumlah air. Dan karena tubuh memerlukan iar, maka usus besar ini menyerap kembali air itu.

Usus besar ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Bagian naik
  • Bagian datar
  • Bagian turun

Anus

Setelah menyelesaikan proses pencernaan yang panjang, sisa-sisa pencernaan yang sudah berupa feses akan bergerak menuju anus.

Ini merupakan organ pencernaan terakhir, yang fungsinya adalah untuk pembuangan feses. Sebelum dibuang keluar dari tubuh oleh anus, feses ditampung terlebih dahulu di bagian rectum.

Jika  feses yang ditampung sudah siap untuk dikeluarkan atau dibuang, maka otot spinkter rectum akan mengatur pembukaan dan penutupan dari anus. Otot spinkter ini tersusun dari dua otot, yaitu otot polos dan otot lurik.

Jadi saat proses pembuangan feses ini, dilakukan dalam kondisi sadar. Prosesnya adalah pertama terjadi kontraksi pada otot dinding perut, kemudian terjadi pengenduran otot di bagian otot sphincter anus dan terjadi juga kontraksi kolon serta rectum. Sehingga feses dapat terdorong keluar dari anus.

Untuk bisa memahaminya lebih jelas, lihat gambar berikut ini.

Organ sistem pencernaan pada manusia - anus
wandylee.wordpress.com

Enzim Sistem Pencernaan Pada Manusia

Setelah membahas mengenai proses pencernaan pada manusia. Sekarang kita masuk ke pembahasan tentang enzim-enzim pencernaan. Enzim-enzim ini berperan penting dalam sistem pencernaan pada manusia, dia bertugas membantu tubuh dalam menyerap makanan, berdasarkan cara dan fungsinya masing-masing. Berikut kami tuliskan enzim-enzim pencernaan yang berperan dalam proses pencernaan.

Enzim Pada Mulut

Terdapat enzim ptialin(amiliase), yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana(maltosa).

Enzim Pada Lambung

  • Lipase, fungsinya memecah lemak untuk diubah menjadi asam lemak dan gliserol, namun jumlah lipase di lambung ini sangat sedikit.
  • HCL atau asam klorida, bertugas untuk mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Juga bertugas membunuh kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan. Serta berfungsi untuk merangsang pengeluaran hormon kolesistokinin dan sekretin pada usus halus.
  • Pepsin, berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton.
  • Renin, fungsinya mengendapkan kasein susu atau protein susu dari ASI. Enzim ini hanya dimiliki oleh bayi.

Enzim Pada Usus

Secara garis besarberikut enzim-enzim yang terdapat di dalam usus, baik usus halus maupun usus besar.

  • Amilse : mengubah amilun menjadi maltose dan glukosa.
  • Tripsin : mengubah protein menjadi asam amino.
  • Lipase Steapsin : mengubah lemak menjadi asam lemak(gliserol).
  • Maltase : mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Lipase Usus : mengubah lemak menjadi asam lemak dan giserol.
  • Enterokinase : mengubah tripsinogen menjadi tripsi, di mana tripsi ini berguna untuk saluran pangkreas.
  • Disakarase : mengubah disakarida menjadi monosakarida.
  • Sukrase : mengubah sukrosa menkadi glukosa dan galaktosa.
  • Laktase : mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Erepsin atau dipaptidase : mengubah zat dipeptide menjadi asam amino.
  • Paptidase : mengubah polipeptida menjadi asam amino.

*******

Itulah tadi pembahasan kita kali ini mengenai sistem pencernaan pada manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terima kasih sudah membacanya sampai selesai. Salam.

Tinggalkan komentar