Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat kepada Baginda Nabi berkaitan erat dengan ibadah sehari-hari. Misalnya saja, saat sholat, di dalamnya ada pembacaan sholawat. Yaitu sholawat Ibrahim, yang dibaca ketika tasyahud akhir. Entah itu sholat wajib maupun sholat sunah, setiap tasyahud akhir pasti di dalamnya wajib membaca sholawat ibrohim ini.

Jadi, apa keutamaan bagi orang yang meng-istiqomahkan membaca sholawat Ibrohimiyah ini?

Imam Nawawi pernah berkata kenapa sholawat ini dinamai dengan sholawat Ibrohim, tak lain karena sholawat ini menjadi sholawat dengan bentuk yang sempurna dan paling utama.

Sholawat Ibrohimiyah jika diamalkan secara istiqomah akan membawa perubahan yang besar bagi pembacanya. Terutama bagi siapa saja yang berkeinginan besar untuk bisa berangkat haji.

Para ulama menyarankan bagi yang memang benar-benar berkeinginan kuat untuk pergi haji, maka hendaknya ia sering-sering membaca sholawat Ibrohim ini.

Dan salah satu keutamaan lainnya dari sholawat Ibrohim ini adalah bacaan sholawat ini diajarkan langsung oleh Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, sehingga akan sangat bagus jika bisa diamalkan secara istiqomah.

Bacaan Sholawat Ibrohimiyah

Berikut ini bacaan sholawat Ibrohimiyah

Tulisan Arab Sholawat Ibrahim

Tulisan Latin Sholawat Ibrohim

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad, Wa ‘Alaa Aali Sayyidinaa Muhammad, Kamaa Shollaita ‘Alaa Sayyidina Ibrohiim, Wa ‘Ala Aali Sayyidina Ibrohiim. Wa Baarik ‘Ala Sayyidina Muhammad, Wa ‘Ala Aali Sayyidina Muhammad, Kamaa Baarakta ‘Ala Sayyidinaa Ibrohiim Wa ‘Ala Aali Sayyidina Ibrohiim, Fil ‘Aalamiina Innaka Hamidun-majiid.

Arti Bacaan Sholawat Ibrohim

“Duhai Allah tambahkanlah kasih dan sayang kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Baginda Nabi Muhammad, sebagaimana engkau melimpahkan kasih sayang kepada junjungan kami Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Dan tambahkanlah berkat kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad dan keluarga Baginda Nabi Muhammad, sebagaimana engkau berkati junjungan kami Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim”.

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

keutaman-sholawat-ibrahimiyah
Keutamaan Sholawat Ibrahim

Seperti sholawat-sholawat yang lain, misalnya sholawat fatih, sholwat tibbil qulub, dll. Sholawat Ibrhaimiyyah juga memiliki keutamaan-keutamaan, dan berikut ini bebrapa diantaranya :

  • Sebagai jalan menggapai rahmat Allah di dunia dan akhirat
  • Sebagai wasilah tercapainya hajat-hajat dan cita-cita
  • Sebagai jalan menarik dan meluaskan rezeki sebanyak-banyaknya
  • Sebagai wasilah mendapatkan semua kebutuhan hidup dunia dan akhirat
  • Untuk mendapatkan kewibawaan

Keutamaan dari sholawat Ibrahim tadi tentunya bisa didapat dengan pengamalan membacanya secara istiqomah.

***

Ada beberapa pendapat yang mengajarkan, untuk memperoleh manfaat yang luar biasa, sholawat Ibrahimiyah ini bisa dibaca sebanyak 333 kali dalam sehari.

Sholawat Ibrahim ini oleh para ulama ditempatkan ditempat yang spesial, atas dasar keshahihannya. Banyak ulama yang sepakat akan keshahihan riwayat sholawat ini. Seperti Imam Malik dalam kitab Muwatha’-nya, Imam Bukhori dan Imam Muslim dalam kitabnya masing-masing.

Serta Imam-imam ahli hadist lainnya, semisal Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, serta Imam Nasa’i. Dan ada lagi Al-Hafidz al-‘Iraqi dan al-Hafidz as-Sakhawi. Para imam ahli hadist itu tadi telah bersepakat akan keshahihan dari periwayatan sholwat Ibrahim ini.

***

Demikian tadi pembahasan mengenai sholwat Ibrahim. Semoga bisa membawa kebermanfaatan bagi semua makhluk. Mari kita amalkan sholawat Ibrahim ini dengan istiqomah, sebagai wasilah kita menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Wallahu a’lam bisshowaab.

 

Tinggalkan komentar