Sholawat Fatih

Salah satu bentuk ibadah dalam agama islam adalah bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad shallallhu alaihi wasallam. Jika ditinjau secara istilah, sholawat berarti doa kita untuk Rasulullah supaya semakin dilimpahi kesejahteraan, keberkahan, dan keselamatan. Dan sholawat ini tentu saja memiliki banyak sekali manfaat atau fadhilah. Dan salah satu sholawat yang memiliki fadhilah yang besar adalah sholawat fatih.

Salah satu fadhilah paling besar dari sholawat adalah kita akan mendapat syafaat dari Baginda Nabi kelak di akhirat. Di mana di saat itulah kita sangat membutuhkan pertolongan syafaat dari Baginda nabi,

Satu hal yang harusnya bisa menjadi alasan kenapa kita harus bersholawat, adalah karena sholawat ini juga dikerjakan oleh Allah dan para malaikat. Bahkan, Allah subhanahu wa ta’ala dan para malaikat sudah lebih awal bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad, sesuai yang tertulis di dalam Al-Quran, dalam surat Al-Ahzab ayat ke 56. Yang kurang lebih terjemahannya sebagai berikut:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Oleh karena itu, marilah kita hiasi hari-hari dan lisan kita dengan selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Slah satu yang bisa kita dawamkan adalah sholawat faih.

Penggubah Sholawat Fatih

pengarang-sholawat-fatih
Pengarang Sholawat Fatih. Sumber : nu.or.id

Ada beberapa pendapat mengenai siapakah penggubah dari sholawat fatih ini. Dan garis besarnya ada dua. Ada yang menisbahkannya kepada syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dan ada juga yang menisbahkannya kepada Syaikh Imam Abul hasan Muhammad al-Bakry.

Beberapa ulama yang menisbahkan sholawat ini kepada Syaikh Absul Qadir Al-Jilani antara lain adalah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan al-Makky dan Syaikh Ali Ibn Abdurrahman al-Kelantany. Sementara ulama-ulama yang menisbahkan kepada Syaikh Abul Hasan Muhammad al-Bakry antara lain adalah Syaikh Muhammad Fathan Ibn Abdul wahid al-Susiy al-Nazhifiy dan Syaikh Ahmad al-Shawiy al-Malikiy.

Dalam kitab Afdhalus Shalawat ala Sayyidis Sadat karya Syaikh Yusuf Ibn Ismail an-Nabhany, beliau menuliskan bahwa menurut Syaikh Ahmad Ibn Muhammad al-Shawiy al-Malikiy dan Syaikh ‘Abdul Rahman al-Kuzbariy, sholawat fatih ini dinisbahkan kepada Syaikh Abul Hasan Muhammad al-Bakriy. Dan menurut Syaikh Yusuf an-Nabhani penisbahan ini yang terlihat ebih kuat.

Lafaz Sholawat Fatih

Berikut ini adalah lafaz dari sholawat fatih

sholawat fatih
Sholawat Fatih

Tulisan latin sholawat fatih

“Allahumma sholli wa sallim ala sayyidina Muhammad, al- faatihi limaa ughliqo, wal khaatimi limaa sabaqo, wan nashiril haqqo bil haq, wal haadi ilaa shirotikal mustaqiim, wa ala aalihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil adziim”.

Arti Dari Bacaan Sholawat Fatih

“Duhai Allah, curahkanlah rahmat serta keselamatan kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, sang pembuka dari segala yang terkunci, dan sang penutup dari para terdahulu, dan sang penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan penunjuk jalan MU yang lurus, danlimpahkanlah juga kepada keluarganya dengan sebenar-benarnya kekuasaanMU Yang Maha Agung”.

Keutamaan Sholawat Fatih

fadhilah-sholawat-fatih
Fadhilah Sholawat Fatih. sumber : fimadani.com

Sama halnya dengan sholawat nariyah, sholawat fatih ini juga dipercaya memiliki banyak keutamaan. Dan berikut ini adalah beberapa diantaranya

Menghilangkan Resah

Saat merasa resah, dengan membaaca sholawat fatih ini dapat membantu menghilangkan rasa itu. Banyak ulama yang menyarankan untuk membaca sholawat fatih ini ketika hati kita sedang diliputi rasa sedih dan/atau banyak beban, dll. Dengan membacanya, insyaAllah hati akan kembali tenang dan nyaman.

Terhindar Dari Neraka

Dari keterangan beberapa ulama menyebutkan, barang siapa yang membaca shalawat fatih ini walau hanya sekali seumur hidup, maka dia akan terhindar dari api neraka.

Pahala Sama Dengan 10.000x Shalawat Lainnya

Mengenani pahala membaca shalawat fatih ini, beberapa ulama berpendapat bahwa yang membacanya akan diberikan pahala yang besar. Pendapat itu mengatakan, siapa saja yang membaca sholawat fatih satu kali, pahalanya sama dengan membaca sholawat lain 10.000 kali. Bahkan ada juga pendapat lain yang mengatakan pahalanya 600.000 kali lipat.

Mempermudah Datangnya Hidayah

Dengan membaca sholawat fatih selama 40 hari berturut-turut, menurut bebrapa ulama, maka dia akan tergerak hatinya untuk beristighfar dan taubat dari segala keburukan yang ia kerjakan.

Bersama Rasulullah Di Akhirat

Siapa umat muslim di dunia ini yang tidak menginginkan bersama Rasulullah shalallallahu ‘alihi wa sallam di akhirat kelak. Pasti semuanya menginginkannya. Nah, untuk itu, menurut beberapa ulama, jika ada yang membaca shalawat fatih di malam Senin, atau Kamis, atau Senin, sebanyak 1.000 kali, maka ia akan dipermudah untuk bisa berkumpul bersama RAsulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Bahagia Di Dunia Dan Akhirat

Siapa yang ingin kehidupan dunianya lancar, seperti rejeki lancar, badan sehat, kebahagiaan hati, dll, dan kehiduoan akhiratnya juga bahagia, maka salah satu jalannya adalah dengan merutinkan membaca sholawat fatih.

Melipatgandakan Pahala

Seorang ulama besar, Syeikh Ahmad at-Tijani pernah berpendapat “Keistimewaan dan keutamaan dari sholawat fatih ini akan sangat sulit untuk diterima akal. Karena sholawat ini adalah rahasia Allah yang tersembunyi. Seandainya saja ada 100.000 bangsa, dan dari setiap bangsa itu ada 100.000 kaum, dan dari setiap kaum itu ada 100.000 orang, dan dari setiap orang itu Allah subhanahu wa ta’ala panjangkan umurnya sampai 100.000 tahun, dan setiap orang itu bersholawat kepada Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sehari sebanyak 100.000 kali, semua pahala itu belum mampu untuk menandingi pahala dari membaca satu kali sholawat Fatih”.

***

Demikian tadi adalah beberapa fadhilah dari sholawat Fatih. Semoga membawa manfaat bagi kita semua. Wallahu a’lam bisshawab.

Tinggalkan komentar