Sel Hewan | Penjelasan Paling Lengkap

Selamat datang di babacaca. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang sel, yaitu tentang sel hewan.

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup. Salah satunya adalah hewan. Jenis dari hewan-hewan di dunia ini juga sangat banyak. Ada yang besar, ada pula yang sangat kecil. Ada yang tinggi, ada pula yang pendek. Ada yang bisa berlari cepat, ada pula yang jalannya lambat. Ada yang hidup di darat, ada pula yang hidup di air.

Dari seluruh jenis hewan-hewan yang ada di bumi ini mereka memiliki satu kesamaan, kesamaan itu ada pada organ terkecilnya yaitu sel. Sel ini adalah penyusun dari seluruh tubuh hewan.

Sebagai tambahan informasi, sel manusia merupakan salah satu jenis dari sel hewan. Keduanya berbeda, namun sel manusia ini masuk ke dalam salah satu jenis dari sekian jenis sel hewan.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas secara lengkap mengenai sel hewan.

Pengertian Sel Hewan

Pengertian Sel Hewan
mbakputi.wordpress.com

Secara umum, pengertian dari sel adalah suatu organ terkecil dari makhluk hidup, dalam hal ini hewan, yang tersusun dari larutan koloid yang mengandung senyawa kimia dan diselimuti oleh suatu selaput tipis.

Ukuran, Bentuk dan Senyawa Di Dalam Sel Hewan

Sel hewan - bentuk ukuran dan senyawa di dalamnya
id.wikipedia.org

Sel-sel ini memiliki ukuran, bentuk dan senyawa penyusun yang beragam, berikut penjelasannya :

Ukuran Sel

Perbedaan ukuran sel ini terdapat pada luas dan volumenya. Untuk sel yang aktif bermetabolisme memiliki ukuran sel yang lebih kecil daripada sel yang tidak aktif bermetabolisme. Ukuran dari sel ini memiliki diameter sekitar 10 – 30 μm (mikrometer).

Bentuk Sel

Bentuk sel hewan ini biasanya ada empat, yaitu :

  • Polihedral
  • Celondong
  • Cakram kecil
  • Kolumner

Senyawa Di Dalam Sel Hewan

Di dalam sel terdapat senyawa-senyawa kimia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Asam nukleat : senyawa ini terdapat dalam DNA dan RNA. Ia berperan penting dalam proses sintesis protein.
  • Lipid : digunakan sebagai cadangan makanan. Contoh : minyak dan lemak.
  • Protein : memiliki peran dalam proses metabolisme. Biasanya adalah enzim.
  • Karbohidrat : memiliki peran penting dalam proses fotosintesis.

Struktur Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Struktur sel hewan dan fungsinya
erfindimasfernanda.blogspot.com

Sel hewan ini memiliki struktur yang terdiri dari 15 bagian. Bagian-bagian itu adalah sebagai berikut :

Membran Sel

Struktur sel hewan - membran sel
satujam.com

Bagian membran sel ini merupakan bagian terluar dari susunan struktur sel. Dia memiliki fungsi sebagai pembungkus dari organ dalam sel.  Bagian membran ini tersusun dari protein. Lebih tepatnya Lipoprotein. Selain fungsi yang sudah disebutkan di atas, membran sel juga berfungsi mengatur bagian dalam dan luar sel dalam hal mineral dan nutrisi.

Selain fungsi-fungsi seperti di atas, berikut fungsi-fungsi lain dari membran sel :

  • Sebagai penerima rangsangan dari luar
  • Sebagai tempat berlangsungnya bermacam-macam reaksi kimia
  • Pembungkus dan pelindung sel(inti sel)
  • Sebagai bagian pengatur keluar dan masuknya nutrisi dan mineral dari dan menuju sel.

Sitoplasma

Struktur sel hewan - sitoplasma
satujam.com

Sitoplasma ini merupakan bagian dari sel yang berupa cairan dan memiliki bentuk menyerupai gel. Saat proses pembentukan dari sitoplasma ini, organel ini akan mengalami dua proses, yaitu fase gel (cair) dan fase padat(sol). Cairan ini dapat ditemukan biasanya pada Nukleus, yang sering disebut dengan nama Nukleoplasma.

Sifat dari sitoplasma ini adalah koloid komplek, yang memiliki arti tidak cair dan tidak padat. Sehingga, bentuk dari sitoplasma ini bisa berubah-ubah tergantung konsentrasi air di dalamnya. Jika konsentrasi airnya rendah, biasanya akan berubah bentuk menjadi lembek. Dan jika konsentrasi airnya tinggi, maka bentuknya akan berubah menjadi encer atau biasa disebut sol.

Beberapa fungsi dari sitoplasma adalah sebagai berikut :

  • Sebagai pembantu dari pergerakan suatu unsur ataupun zat dari satu bagian sel ke bagian sel yang lain
  • Sebagai penjaga supaya proses metabolisme terus bekerja dengan baik
  • Sebagai tempat penyimpan dari berbagai jenis zat kimia. Seperti gula, protein, lemak, ion dan enzim. Zat-zat ini digunakan dalam proses metabolisme tubuh
  • Sebagai perantara transfer bahan-bahan yang berasala dari luar sel ke inti sel atau organel
  • Sebagai penjaga bentuk dari sel dan mempertahankan organel-organel tetap di tempatnya masing-masing, hal ini dikerjakan oleh sitoskeleton yang terdapat di dalam sitoplasma
  • Sebagai pengisi dari ruang sel yang tidak ditempati oleh organel maupun vesikula.
  • Sebagai pelarut dari seluruh protein dan senyawa yang ada di dalam sel
  • Sebagai penjamin dari terus berlangsungnya pertukaran zat-zat di dalam sel
  • Sebagai tempat di mana semua pekerjaan yang di lakukan oleh sel berlangsung
  • Sebagai tempat di mana kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat-zat lewat proses reaksi kimia berlangsung. Proses ini seperti peroses pembentukan energi, protein, nukleotida, asam amino, glikolisis anaerob dan sintesis asam lemak.

Reticulum Endoplasma

Struktur sel hewan - reticulum endoplasma
ajweinmann.wordpress.com

Letak dari bagian sel yang bernama reticulum endoplasma ini ada di inti sel. Salah satu bagian dari penyusun sel ini tersusun dari semacam benang-benang.

Reticulum endoplasma atau biasa disingkat RE ini terdapat bagian-bagian tertentu, sehingga bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu RE kasar dan RE halus. RE kasar adalah bagian RE yang  terdapat ribosomnya. Ribosom adalah tempat di mana proses produksi protein terjadi di dalam sel. Sedangkan RE halus adalah bagian reticulum endoplasma yang tidak terdapat ribosomnya.

Fungsi dari reticulum endoplasma adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sarana tranportasi molekul-molekul dan bagian-bagian sel, dari satu bagian sel ke bagian sel yang lain. Terjadi di RE kasar dan juga RE halus.
  • Sebagai yang bertugas menetralkan racun, ini terjadi di RE yang terdapat di dalam sel-sel hati.
  • Sebagai bagian yang mensintesis lemak dan kolesterol, ini juga terjadi di organ hati, oleh RE kasar dan juga RE halus.
  • Sebagai bagian yang memodifikasi protein yang diproduksi dan dikeluarkan oleh ribosom untuk kemudian protein itu akan disalurkan menuju kompleks golgi dan selanjutnya akan dikeluarkan dari sel. Proses ini dilakukan oleh RE kasar.
  • Sebagai tempat penyimpanan kalsium, bila sel mengalami kontraksi maka kalsium ini akan dikeluarkan untuk menuju ke sitosol oleh RE.

Sel Hewan – Mitokondria

Struktur sel hewan - mitokondria
merenyaho.com

Bagian ini merupakan bagian terbesar dari seluruh organel sel. Mitokondria ini memiliki bentuk elips dan merupakan mesin dari sel. Salah satu bagian sel ini terdiridari dua lapisan membran, yakni membran bagian dalam dan membran luar. Lapisan membran dalam memiliki bentuk yang disebut cristae atau kritas, yang artinya berbentuk lipatan-lipatan atau ada yang mengatakan berlekuk-lekuk.

Mitokondria ini sering dijuluki sebagai The Power House, karena perannya yang bisa mempoduksi energi. Hal ini karena di dalam mitokondria, oksigen dan glukosa akan berkerja sama untuk membentuk energi (dalam bentuk ATP), di mana energi ini dibutuhkan dalam proses metabolisme dan aktifitas seluler di dalam organel.

  • Sebagai tempat dihasilkannya (diproduksi) energi, dalam bentuk ATP.
  • Sebagai tempat respirasi sel.

Mikrofilamen

Struktur sel hewan - mikrofilamen
balubu.com

Mikrofilamen adalah salah satu bagian dari sel hewan yang memiliki bentuk seperti mikrotubulus yang bahan dasarnya tersusun dari protein aktin dan myosin. Perbedaan antara mikrofilamen dan mikrotubulus hanya pada diameternya saja, di mana ukuran diameter mikrofilamen lebih kecil dari mikrotubulus. Selain itu mikrofilamen juga lebih lembut.

Lisosom

Struktur sel hewan - lisosom
maudisini.com

Lisosom adalag organel yang memiliki bentuk seperti kantung, bagian sel satu ini letaknya terikat di membran. Isi dari lisosom adalah enzim hidrolik, enzim ini diperlukan dalam proses pemecahan bagian-bagian sel yang sudah tidak diperlukan lagi untuk kemudian digunakan kembali (proses ini disebut dengan pencernaan intraseluler).

Adapun fungsi dari lisosom adalah sebagai berikut :

  • Autofagi
    yaitu suatu proses yang difungsikan untuk pembuangan dan pendegradasian bagian sel sendiri, contohnya adalah organel yang sudah tidak berfungsi lagi.
  • Fagositoris
    ini adalah proses memasukkan partikel-partikel yang memiliki ukuran besar, dan juga mikroorganisme seperti virus dan bakteri ke dalam sel.
  • Endositosis
    suatu proses pemasukan makromolekul dari luar sel ke bagian dalam sel.

Peroksisom (Badan Mikro)

Struktur sel hewan - peroksisom
maudisini.com

Peroksisom adalah bagian sel hewan yang berbentuk seperti kantung kecil yang di dalamnya terdapat beberapa enzim, beberapa diantaranya yaitu enzim katalase, enzim oksidatif dan ada juga asam amino dan asam urat.

Salah satu enzim yang terdapat dalam peroksisom dengan menggunakan molekul oksigen dan menghapus atom hidrogen, akan menghasilkan H2O2 atau hidrogen peroksida, yang memiliki sifat racun.

Kemudian enzim katalase akan menggunakan H2O2 untuk mengoksidasi subtrat-subtrat lain, seperti formaldehida, alkohol, asam format dan fenol. Hasil dari proses ini adalah hilangnya hidrogen peroksida yang beracun tadi. Proses ini sangatlah penting terjadi di dalam hati dan ginjal, karena peroksisom akan mendetoksifikasi bermacam-macam zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Ribosom

Ribosom adalah organel yang bentuknya padat dan berukuran sangat kecil, diameter dari ribosom ini adalah sekitar 20 nm (nano-meter). Komposisi dari ribosom ini 65% nya merupakan rRNA atau RNA ribosom, sedangkan 35% nya adalah protein ribosom (RNP atau Ribonukleoprotein).

Fungsi dari ribosom ini adalah sebagai tempat sintesis atau pembentukan protein.

Mikrotubulus

Struktur sel hewan - mikrotubulus
duniabiologianda.blogspot.com

Organel sel hewan yang satu ini bisa ditemukan di dalam sitoplasma. Bentuk dari miktrotubulus adalah silinder panjang yang memiliki rongga. Ukuran dari mikrotubulus adalah kurang lebih 12 nm untuk diameter dalam dan 25 nm untuk diameter luar. Dan panjangnya berkisar 0,2 – 25 nm.

Mikrotubulus ini terdiri atas molekul-molekul yang berbentuk bulat dari protein globular yang disebut dengan tubulin.

Fungsi dari mikrotubulus adalah untuk menjafa bentuk sel dan tempat pergerakn organel sel. Organel sel hewan satu ini dapat memanjang dan memendek, saat terjadi proses pembelahan sel, mikrotubula akan membentuk benang-benang spindle sehingga kromosom memiliki kemungkinan untuk bisa bergerak. Mekanisme kerja dari mikrotubula ini diatur oelh sentrosom.

Badan Golgi Sel Hewan

Struktur sel hewan - badan golgi
murid.info

Nama lain dari badan golgi adalah apparatus golgi, organel sel satu ini memiliki kaitan dengan fungsi ekskresi sel. Bentuk dari badan golgi ini adalah seperti kantong pipih yang berukuran kecil hingga besar, dan badan golgi ini terikat oleh membran.

Setiap sel hewan biasanya ditemui mempunyai 10 – 20 badan golgi.

Fungsi dari badan golgi beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tempat pembentuk membran plasma
  • Sebagai tempat pemroses protein
  • Sebagai tempat pembentuk lisosom
  • Pembentuk kantung untuk sekresi

 

Nukleus Sel Hewan

Struktur sel hewan - nukleus dan bagian-bagianya

Bagian ini adalah bagaian yang mengendalikan dan mengatur aktivitas dari sel. Yang diatur dan dikendalikan mulai dari metabolisme hingga sampai ke pembelahan sel. Nukelus ini mengandung materi genetik yaitu kromosom dan DNA (asam deoksiribonukleat).

Nukleus ini memiliki bebrapa bagian, yaitu :

  • Nukleolus
  • Nukleoplasma
  • Kromosom
  • Membran Inti

Nukleolus

Bagian ini terletak ddi dalam inti sel, nucleolus memiliki peran dalam proses pembentukan protein dengan menggunakan asam ribonukleat (RNA).

Nukleoplasma

Bagaian dari nucleus ini berbentuk cairan padat, letaknya ada di dalam inti sel. Organel ini mengandung serat kromatin yang padat, yang fungsinya adalah untuk membentuk kromosom dan gen, dua hal ini adalah pengangkut informasi genetik.

Membran Inti

Bagian ini merupakan struktur utama yang membungkus keseluruhan organel dan menjadi pemisah antara sitoplasma dan daerah inti.

*******

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai sel hewan. Semoga memberikan manfaat bagi semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.  Sekian. Salam.

Tinggalkan komentar