Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik – Siapa yang tidak pernah mendengar tentang hidroponik dijaman modern ini. Sebenarnya, apa yang disebut hidroponik itu? Sederhananya, hidroponik adalah sebuah teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, yaitu hanya dengan media tanam air, dan teknik penanaman ini memberikan penekanan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman dengan efektif.

Dalam teknik budidaya tanaman ini, kebutuhan air yang digunakan, sangatlah sedikit, bahkan jauh lebih sedikit dari pada budidaya tanaman konvensional yang menggunakan media tanah. Dijaman sekarang yang sudah sangat modern ini, teknik hidroponik sangat digemari oleh masyarakat, salah satu alasannya adalah karena sistem ini mudah dikerjakan, selain itu juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

Menanam tanaman dengan teknik hidroponik ini sangat berbeda jika dibanding dengan menanam dimedia tanah. Apalagi, bila saat ini kita tinggal di area perkotaan, dimana akan sangat sulit bagi kita untuk bisa menemukan tanah yang bisa dijadikan lahan tanam.

Namun, sekarang ini, sebuah terobosan dalam tanam-menanam bisa mengatasi hal itu. Yaitu dengan cara membuat media tanam hidroponik sederhana dan murah. Dengan ini, kita bisa punya kebun sayur-sayuran di rumah yang bisa kita pastikan aman dan sehat, karena bisa kita buat untuk tanpa pestisida sama sekali.

Proses cara membuat media tanam hidroponik sederhana ini, sebagian besarnya memang ditujukan untuk menanam sayur-sayuran, karena pohonnya relatif kecil dan sekali panen, berbeda dengan tanaman buah yang pohonnya besar-besar. Dan jenis sayuran yang paling cocok untuk dibudidayakan dengan teknik hidroponik ini antara lain cabe, caisim, bayam, pakcoy dan lain sebagainya. Walaupun tidak menutup kemungkinan banyak tanaman sayuran lain juga bisa ditanam dengan hidroponik.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Membuat Hidroponik

Cara Membuat Hidroponik Sayuran Sederhana
Cara Membuat Hidroponik Sayuran Sederhana

Langkah paling awal dalam proses cara membuat media tanam hidroponik sederhana yaitu dengan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan nantinya. Banyak barang bekas yang ada dirumah kita, yang bisa kita manfaatkan untuk membuat media tanam hidroponik sederhana ini. Alat apa saja yang kita butuhkan? Berikut ini daftarnya.

  • Botol plastik, bisa pakai botol bekas air mineral. Untuk ukurannya terserah saja, sesuaikan saja dengan barang yang ada.
  • Gelas plastik (bekas)
  • Jerigen plastik (bekas, bisa pakai bekas minyak goreng)
  • Kain, untuk dijadikan sumbu
  • Nutrisi Hidroponik
  • Media tanam, bisa dipilih mau pakai sekam, pecahan bata merah, arang ,kerikil, rockwool, atau pasir. Silahkan dipilih yang mudah didapatkan, setiap medi tanam tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Itulah alat-alat yang bisa kita gunakan dalam proses cara membuat media tanam hidroponik sederhana. Dengan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar kita dan sudah tidak terpakai, biaya yang kita keluarkan sangatlah sedikit untuk bisa memulai menanam dengan sistem hidroponik. Dan bisa mendapatkan sayuran segar yang bebas dari pestisida.

Memilih Alat Dan Bahan Hidroponik Sederhana

Hidroponik Paralon
Hidroponik Paralon

Alat atau bahan yang sudah disebutkan di atas tadi, merupakan salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk memulai membuat sistem hidroponik pemula. Tapi, apabila menginginkan sistem hidoponik yang lebih cantik dan rapi secara tampilan, tahapan berikut ini bisa diikuti.

  • Bagi yang serius untuk memulai bertanam hidroponik, media paralaon bisa menjadi salah satu hal yang bisa dibilang wajib. Karena penggunaan paralon ini bisa membuat hidroponik kita nanti lebih irit tempat (dengan membentuknya bertingkat). Dalam memilih paralon, usahakan mengunakan paralaon yang ukurannya sama, entah itu mau menggunkan paralaon yang besar maupun yang kecil.
  • Tips selanjutnya adalah mengenai media tanamnya. Untuk awal, bisa digunakan media tanam rockwool. Rockwool ini terbuat dari batuan vulkanik yang sudah dipanaskan dengan suhu yang sangat panas. Dimana setelah melewati proses pemanasan itu, batuan vulkanik tadi akan membentuk serat-serat di batuan tadi. Media tanam rockwool ini sangat direkomendasikan untuk digunakan, karena steril dari berbagai hama dan penyakit tanaman lain.
  • Taruhlah media tanam hidroponi di tempat yang datar, terhindar dari hujan dan masih mendapat sinar matahari.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik

Hidroponik Botol Bekas Sederhana
Hidroponik Botol Bekas Sederhana

Ada beberapa step yang harus kita lakukan untuk mengerjakan proses cara membuat media tanam hidroponik, berikut ini adalah step-stepnya :

  • Langkah awal adalah dengan memotong botol plastik menjadi dua bagian.
  • Langkah kedua, lubangi bagian atas botol, berilah lubang di bagian leher botolnya. Lubang ini nantinya berfungsi sebagai aliran udara dan digunakan untuk pemasangan sumbu.
  • Lalu, pasang sumbu dilubang yang sudah kita buat tadi
  • Masukan bagian atas botol ke dalam bagian bawahnya, dengan posisi bagian atas terbalik, mulut botolnya menghadap ke bawah.
  • Langkah selanjutnya dalam proses cara membuat media hidroponik sederhana adalah dengan memasukkan media tanam yang sudah dipersiapkan di bagian botol yang atas. Media tanam ini berfungsi sebagai penguat bagi akar agar ketika tumbuh nanti tidak rebah/roboh.
  • Tanam biji sayuran yang akan ditanam di media tanam tadi.
  • Tahap terakhir adalah dengan mengisi botol bagian bawah dengan nutrisi hidroponik.

Sebagai antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, hidroponik sederhana yang telah kita buat tadi sebaiknya diletakkan di tempat yang kering dan terhindar dari hujan, tapi masih mendapat sinar matahari.

Manfaat Menanam Dengan Metode Hidroponik

Hidroponik Rumah
Hidroponik Bisa Untuk Mempercantik Rumah

Popses cara membuat hidroponik sederhana yang sudah kita lakukan ini sangatlah mudah untuk diikuti, dan juga sangat murah dari segi biaya pembuatannya. Selain itu, dengan menanam secara hidroponik ada banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan. Berikut beberapa diantaranya.

  • Kita bisa mengonsumsi sayuran sehat setiap hari, dan tentu saja segar, yang bisa kita dapatkan dari kebun hidroponik kita sendiri. Karena kita bisa memastikan bahwa sayuran hidroponik kita terbebas dari pestisida dan obat-obatan lainnya, yang tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh kita.
  • Kita bisa menikmati hasil dari kebun hidroponik kita kapan pun kita mau. Misal saat kita lapar di malam hari dan kemudian merebus mie instan, kita bisa memanfaatkan kebun hidroponik kita, jika kita menanam pakcoy, maka kita bisa memasukkan pakcoy segar ke dalam mie instan kita.
  • Hemat. Inilah hal yang bisa menjadi penyemangat untuk berhidroponik seanjutnya. Dengan menanam dengan hidroponik, kita bisa mendapatkan sayuran segar setiap hari yang kita tinggal memetiknya di kebun hidroponik kita.
  • Keindahan rumah. Saat kita menanam hidroponik di rumah, hal ini bisa juga untuk mempercantik rumah kita, dengan syarat, kita bisa mengaturnya sedemikian rupa supaya terliht cantik dan menarik.
  • Menanam dengan hidroponik ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan menanam secara konvensional dengan tanah. Dan dengan hasil yang bisa jadi lebih banyak.

Macam-Macam Sistem Hidroponik

Berikut ini video yang menjelaskan macam-macam sistem hidroponik.

******* 

Itulah tadi pembahasan kita tentang bagaimana cara membuat hidroponik sederhana, dan tentu saja murah. Step-step yang sudah kita sajikan di atas tadi, bisa dengan mudah untuk dicontoh dan dipraktekan di rumah.

Berkebun atau bercocok tanam dengan metode hidroponik ini selain menguntungkan, juga menyenangkan. Selain itu, budidaya tanaman dengan cara hidroponik ini juga bisa untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik dan menarik, saat tanaman hidroponik kita tadi bisa kita tata dengan rapi.

Sekian dari kami, semoga artikel cara membuat media tanam hidroponik ini bisa menambah wawasan dan informasi bagi kita semua, selamat mencoba dan praktek. Salam. Terima kasih

Tinggalkan komentar