Manfaat Temu Putih

Manfaat Temu Putih – Temu putih adalah salah satu jenis tumbuhan yang berjenis sama dengan jahe, kunyit, dan lain sebagainya, yang biasa disebut dengan nama tanaman rimpang.

Tanaman yang memiliki nama latin curcuma zedoaria ini termasuk ke dalam genus curcuma dan masuk dalam keluarga zingiberaceae. Perlu diketahui, tanaman yang kaya manfaat ini menurut beberapa ahli merupakan tanaman asli dari India dan Indonesia.

Sangat banyak manfaat dari tanaman yang diambil bagian akarnya ini. Selain biasanya digunakan sebagai empon-empon (bahan obat herbal/tradisional) oleh beberapa kalangan.

Salah satu jenis tanaman rimpang ini juga dipakai sebagai bahan baku di beberapa industri modern, seperti untuk bahan pembuat pewarna makanan, campuran obat-obatan, salah satu bahan pembuat parfum dan lain sebagainya.

Walau tanaman ini merupakan tanaman asli India dan Indonesia, sekarang ini manfaat temu putih sudah dirasakan oleh banyak negara di dunia, salah satunya sebagai bumbu dari berbagai jenis masakan mereka.

Dan manfaat temu putih yang banyak dirasakan adalah sebagai obat dari berbagai macam penyakit, dan itu yang akan kita bahas kali ini.

Ciri-Ciri Temu Putih

Manfaat Temu Putih - Tanaman
Tanaman Temu Putih

Berikut ini adalah ciri-ciri dari tanaman temu putih yang banyak khasiatnya ini:

  1. Memiliki akar rimpang
  2. Kulit bagian luarnya biasanya berwarna coklat tipis, kalau tidak, berwarna orange terang
  3. Tanaman satu ini memiliki bau yang hampir mirip dengan bau dari kunyit dan bau mangga
  4. Bunganya berwarna kuning
  5. Daun dari tanaman ini berbentuk bulat menyerupai telur, dan memiliki bintik-bintik dengan warna ungu, dan panjang daunnya bisa sampai 1 sampai 2 meter
  6. Buah dari tanaman temu putih berbentuk segitiga dan bulat telur
  7. Dan biji dari buahnya bentuknya oval atau seperti mata tombak

Kandungan Nutrisi

Khasiat Temu Putih
Kandungan Nutrisi Temu Putih | sumber gambar : syafigra.com

Sebagai salah satu bahan yang banyak manfaatnya, tentu saja temu putih ini mengandung banyak bahan aktif. Dan berikut ini adalah beberapa bahan aktif dari temu putih yang dipercaya mampu memberikan manfaat yang besar dalam hal kesehatan :

  • Mengandung senyawa kurkuminoid
  • Mengandung polisakarida
  • Mengandung minyak atsiri, di mana di dalamnya terdapat senyawa monoterpen dan sesquiterpen
  • Flavanoid
  • Curcumol
  • Curdione
  • Curzerene
  • Curcumenone
  • resin
  • dan masih banyak lagi kandungan manfaat temu putih ini

Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan

Manfaat temu putih untuk kesehatan
Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan | sumber : utp-ghana.com

Berikut ini adalah manfaat temu putih dalam hal kesehatan :

Mencegah Kanker

Penyakit kanker di Indonesia merupakan penyakit yang menduduki peringkat ke tiga dalam daftar penyakit yang paling banyak menelan korban. Selain itu, kanker ini juga masuk ke dalam salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia.

Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi sebab dari kanker ini, termasuk polusi, keturunan/genetik, kebiasaan hidup yang buruk, dan  sebagainya.

Berdasarkan penelitian dari Retno Muwarti dkk, mereka menemukan, bahwa kandungan ekstrak etanol yang terkandung di dalam temu putih ini dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker paru-paru.

Dan penelitian lain juga menemukan bahwa rimpang temu putih juga bisa membunuh sel OVCAR-3, di mana sel itu adalah sel kanker serviks pada manusia.

Selain itu, senyawa-senyawa lainnya yang terkandung di dalam temu putih, seperti zedoarin, curcumol dan curdiona, juga memiliki kemampuan / efek sitotoksik menghadapi sel-sel kanker.

Yang artinya, senyawa-senyawa tersebut mampu untuk menghambat pertumbuhan dan juga penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh, sehingga lama-kelamaam sel kanker tadi akan mati.

Mengobati Maag

Penyakit ini adalah penyakit yang kadang tidak dianggap oleh penderitanya, bahkan kadang disepelekan. Penyakit satu ini adalah akibat dari adanya infeksi bakteri dan juga kelebihan produksi HCL (asam lambung), yang mengakibatkan terlukanya dinding lambung.

Sehingga, ketika sakit maag ini kambuh, penderita akan merasakan rasa nyeri dan sakit yang sangat dan tidak tertahankan di bagian perut.

Dan salah satu khasiat temu putih adalah meredakan dan mengobati maag ini. Karena di dalam temu putih terdapat kandungan senyawa antibakteri, dan sudah lama dikenal dan digunakan untuk mengobati dan terbukti efektif.

Kandungan senyawa antibakteri tadi bekerja meredakan nyeri maag saat kambuh, dan juga membantu untuk melapisi kembali dinding lambung yang terluka supaya tidak terjadi infeksi lagi.

Mengobati Mioma

Bagi para wanita, beberapa pendapat menyebutkan bahwa mengonsumsi temu putih secara teratur dipercaya mampu untuk menghilangkan atau mengbati tumor jinak (mioma) yang ada dalam rahim wanita.

Senyawa fraksi polisakarida, yang merupakan salah satu jenis senyawa yang terkandung di dalam temu putih, sudah terbukti secara ilmiah mampu untuk mengecilkan ukuran tumor saat diinjeksikan pada hewan percobaan yang menderita sakit tumor. (Penelitian tahun 2000)

Melancarkan Peredaran Darah

Banyaknya kandungan senyawa-senyawa di dalam temu putih, salah satunya dipercaya sebagai senyawa yang mampu untuk membantu melancarkan peredaran darah

Mengobati Peradangan

Dari hasil sebuah studi mengenai manfaat temu putih, didapatkan hasil bahwa kandungan yang terdapat di dalam temu putih, yaitu kurkumin, secara efektif mampu untuk menghambat proses peradangan, baik itu peradangan biasa maupun yang sudah kronis/akut.

Penambah Nafsu Makan

Berdasar pada orang-orang yang sudah mencobanya, dan dari kandungan dalam temu putih itu sendiri, mengonsumsi rebusan temu putih dapat menambah nafsu makan seseoarang.

Mengobati Luka Memar

Saat kamu mengalami luka memar, temu putih ini bisa menjadi obat untuk mengatasinya. Caranya, cukup dengan menumbuk temu putih, kemudian dibalurkan pada daerah yang sedang memar.

Mengobati Masuk Angin / Sakit Perut

Manfaat temu putih untuk masuk angin
Manfaat Temu Putih Untuk Sakit Perut | sumber : pixabay.com

Jika suatu waktu Anda sakit perut maupun masuk angin, temu putih ini bisa dijadikan sebagai solusi kesembuhan Anda. Yaitu dengan cara meminum hangat-hangat air rebusan temu putih ini. Jika Anda kurang suka rasa pahit, bisa ditambah dengan madu.

Mengurangi Linu

Jika dicampur dengan minyak kelapa dan asam, parutan dari temu putih ini dapat digunakan untuk mengurangi linu. Dengan cara dibalurkan di sekitar rasa linu itu.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Kandungan minyak atsiri dari temu putih dapat dimanfaatkan sebagai obat saat menderita gangguan pencernaan. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengunyahnya langsung, setelah dikupas kulit luarnya dan dicuci bersih.

Mengobati Keseleo

Sama seperti saat merasakan linu, manfaat temu putih yang lain adalah sebagai obat disaat keseleo. Dan caranya pun sama, yaitu dengan membalurkan parutan temu putih di tempat yang keseleo tadi.

Mengobati Bisul

Tentu tidak enak rasanya saat menderita bisul, apalagi di daerah-daerah yang bisa mengganggu gerak kita. Dan temu putih ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif obat bisul. Caranya yaitu dengan menempelkan/membalurkan parutan atau tumbukan temu putih di daerah yang terkena bisul tadi. Dan harus dilakukan secera rutin.

Mengobati Diare

Kandungan senyawa temu putih ini memang sangat banyak jumlahnya. Dan untuk mengobati diare ini, temu putih punya kandungan senyawa curcuminoid. Senyawa ini punya sifat antibakteri ketika dikonsumsi. Sehingga bisa meredakan diare yang sedang dialami.

Mengurangi Bau Nafas

Temu putih untuk bau mulut
Temu Putih Untuk Bau Mulut | sumber : pixabay.com

Dengan mengunyah langsung temu putih, bau mulut yang tadinya kurang sedap perlahan akan berubah menjadi segar. Hal ini karena adanya kandungan minyak atsiri di dalam temu putih ini.

Menjaga Keremajaan Kulit

Di dalam temu putih banyak sekali senyawa aktif dan juga senyawa yang bertindak sebagai antioksidan. Dan dua jenis senyawa ini mampu untuk berperan sebagai zat anti-aging, yaitu zat yang menjaga keremajaan dan kesehatan kulit.

Dengan mengonsumsi temu putih ini (bisa dalam berntuk ekstrak), dapat membuat kulit terhindar dari beberapa masalah yang biasa ada pada kulit, seperti jerawat, keriput dan masalah kulit lainnya.

Hal inilah yang membuat industri kosmetik saat ini mengguanakan temu putih sebagai salah satu bahan bakunya.

Mengatasi Gangguan Seksual

Zat anti-oksidan yang terkandung di dalam temu putih dipercaya mampu untuk bisa mengatasi masalah gangguan seksual, baik bagi pria maupun wanita.

Dengan mengonsumsi air rebusan temu putih secara rutin, maka manfaat dari temu putih ini bisa dirasakan. Antara lain adalah menguatkan otot rahim wanita dan bisa juga mengatasi disfungsi ereksi bagi pria.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh (detoks)

Seperti yang sudah dituliskan dibeberapa poin di atas, ada beberapa senyawa dalam temu putih ini yang berkhasiat sebagai anti-oksidan. Dan ada juga senyawa bernama flavanoid, dimana kedua senyawa ini dapat membantu sebagai pendorong pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dan sekaligus sebagai penguat fungsi hati.

Cara Penggunaan Temu Putih

Cara mendapatkan manfaat temu putih
Cara Penggunaan Temu Putih | sumber : pixabay.com

Untuk bisa mendapatkan manfaat temu putih ini, caranya sangatlah mudah. Sama seperti saat kita memanfaatkan tanaman rimpang lainnya.

Air rebusan dari temu putih dapat diperoleh dengan merebus air sebanyak empat gelas air ditambah dengan menambah temu putih sekitar 100 gr, dan rebus hingga air tadi tersisa sekitar tiga gelas saja. Jika tidak suka dengan rasa pahit, bisa ditambahkan madu ke dalam air rebusan tadi.

Dan jika digunakan sebagai obat luar, caranya pun sangatlah mudah, yaitu hanya dengan cara ditumbuk atau diparut temu putih ini. Untuk kemudian dioleskan atau dibalurkan di tempat yang bermasalah tadi.

Efek Samping Manfaat Temu Putih Dan Kontraindikasi

Efek samping manfaat temu putih
Efek Samping Temu Putih | sumber : pixabay.com

Memang temu putih ini banyak selaki khasiat yang terkandung di dalamnya. Namun, bukan berarti tidak ada efek samping jika mengonsumsi salah satu jenis rempah-rempah ini. Dan berikut beberapa diantaranya :

  1. Mengurangi kemampuan sel darah putih
  2. Tidak baik (jangan) dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil (serta menyusui), karena bis amenyebabkan gangguan pada janin, bahkan bisa sampai mengakibatkan keguguran.
  3. Saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, temu putih akan menurunkan kadar gula di dalam darah dengan cepat. Dan hal ini bisa mengakibatkan terjadinya hypoglycemia, yaitu seuat kondisi di mana tubuh menengalami kekurangan kadar gula di dlaam darah.
  4. Pada orang yang kulitnya sensitif, penggunaan temu putih sebagai obat luar (baik itu dibalur atau dioles) dapat menyebabkan iritasi pada kulitnya.
  5. Pengunaan temu putih secara terus menerus dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan gangguan pada kefektifan berbagai macam obat yang dikonsumsi. Sehingga sangat diperlukan pengawasan medis saat mengonsumsinya.

*******

Itulah tadi, pembahasan mengenai manfaat temu putih. Walau salah satu jenis tanaman rimpang ini punya banyak sekali khasiat, kita harus tetap menggunakannya secara bijak, tidak berlebih-lebihan. Sehingga bisa memberikan efek positif seperti yang kita harapkan. Sekian. Terima kasih.

Tinggalkan komentar