Makanan Khas Surabaya Yang Wajib dan Kudu Dicicip

Makanan khas Surabaya – Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Kota satu ini selalu sibuk setiap waktunya, apalagi banyak industri yang memilih Surabaya sebagai tempat produksinya.

Dengan banyaknya pabrik yang ada di Surabaya, membuatnya diserbu para pencari kerja dari berbagai daerah. Sehingga membuat kota yang memiliki maskot berupa buaya dan ikan hiu ini semakin banyak yang menempati.

Tapi, walau bagaimanapun, kota ini mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena keindahannya. Bicara mengenai wisata, jangan lupakan juga tentang kulinernya. Dan kota satu ini punya beragam jenis makanan khas yang harus dicicip ketika mengunjunginya.

Apa saja makanan khas Surabaya itu? Berikut kami tuliskan khusus untukmu.

Rujak Cingur, Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Rujak Cingur
infomakan.com

Makanana satu ini sudah dituliskan di postingan yang lalu tentang makanan khas daerah. Rujak cingur ini terbuat dari cingur, yaitu mulut (hidung) sapi, yang punya tekstur kenyal.

Nah, saat kamu berkunjung ke Surabaya, akan banyak sekali tempat yang menjual makanan satu ini, karena dia sudah menjadi semacam ikon kuliner Surabaya.

Selain ada cingur, di dalam jajanan satu ini juga ada touge,tahu dan lontongnya, selain juga rujak tentunya. Dan disiram dengan bumbu kacang. Sedaaaapppp.

Lontong Balap

Makanan Khas Surabaya - Lontong Balap
surabayakuliner.co.id

Jangan ngaku sudah berkunjung ke Surabaya jika belum pernah makan makanan khas Surabaya satu ini. Kudapan satu ini sudah menjadi makanan wajib bagi siapapun yang berkunjug ke ibukota Provinsi Jawa timur ini.

Ada cerita unik di balik penamaan kuliner satu ini. Dulunya penjual lontong balap berjualan dengan memikul barang dagangannya. Karena beban yang berat, maka penjual lontong itu berjalan dengan cepat, entah apa alasannya, mungkin supaya cepat sampai atau apapun itu.

Karena mereka berjalan seperti sedang balapan, maka kemudian makanan satu ini dinamai lontong balap.

Lontong Kupang

Makanan Khas Surabaya - Lontong Kupang
surabayaadventure.com

Makanan yang komposisi utamanya apalagi kalau bukan lontong dan kupang. Sudah banyak yang tahu apa itu lontong, tapi banyak yang belum tahu apa itu kupang.

Kupang adalah hewan laut yang bentuknya mirip kerang, dengan ukuran yang lebih kecil. Penyajian kudapan khas Surabaya ini berupa lontong yang kemudian di atasnya diberi kupang yang sudah dimasak dengan direbus dan diberi bumbu-bumbu, salah satunya adalah petis.

Pecel Semanggi

Makanan Khas Surabaya - Pecel Semanggi
warungpemadamkelaparan.wordpress.com

Kudapan satu ini cocok untukmu yang mau mengurangi daging-dagingan, atau bahkan untukmu yang vegetarian. Karena sebagian besar bahkan seluruh bahannya adalah sayur-sayuran.

Yang unik dari pecel satu ini adalah penggunaan daun semanggi sebagai salah satu sayurannya, yang membuatnya menjadi punya satu ciri khas tersendiri. Sama seperti pecel pada umumnya, pecel semanggi juga menggunakan bumbu kacang sebagai kuahnya.

Spesial Belut Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Spesial Belut Surabaya
rachmira.blogspot.com

Tahu belut, kan? Itu lho hewan yang punya kulit yang licin, dan biasa dipakai sebagai perlombaan saat tujuh belasan, lomba masukin belut ke botol. Namun, siapa sangka, meski wujudnya seperti itu, hewan satu  ini punya nilai gizi yang tinggi. Diantaranya adalaha zat besi, protein, fosfor, vitamin A dan vitamin B.

Dan di Surabaya, belut diolah menjadi makanan yang punya citarasa yang enak dan lezat. Yaitu yang diberi nama spesia belut Surabaya. Makanan khas Surabaya satu ini disajikan dengan belut yang sudah diolah bersama sambal pedas yang diulek menggunakan cobek, dan digunakan untuk menemani menyantap nasi hangat. Nikmat.

Warung Kepiting Cak Gundul

Makanan Khas Surabaya - Kepiting Cak Gundul
travelingyuk.com

Mungkin kamu sudah sering makan olahan kepiting di tempat lainnya. Namun, kuliner khas Surabaya satu ini berbeda dengan olahan kepiting di tempat lainnya.

Di Surabaya, warung kepiting Cak Gundul sudah menjadi tempat yang dikenal oleh para pecinta kuliner. Di warung ini ada olahan keptiting yang terkenal, yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis.

Warung kepiting Cak Gundul ini sudah mulai berjualan olahan kepiting (seafood) sejak dari tahun 1992. Jadi secara rasa, kamu tidak akan menyesal mencoba makan kepiting di tempat ini.

Oh ya, selain kepiting, warung kepiting Cak Gundul juga menyediakan menu yang lain, seperti cumi, udang, kerang dan masih banyak makanan seafood lain yang punya rasa spesial.

Coba Yang Ini Juga, Dijain Tambah Ngiler

Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Bebek Goreng Sinjay

Makanan Khas Surabaya - Bebek Goreng Sinjay
catatanrasa.com

Bebek goreng sinjay sebenarnya berasal dari Madura, namun di Surabaya sudah banyak yang jualan dan membuatnya terkenal. Sehingga membuat beberapa orang mengira olahan bebek satu ini termasuk makanan khas Surabaya.

Walau begitu, tidak ada salahnya kita mencoba makanan satu ini. Bebek goreng sinjay punya citarasa yang asam, pedas, gurih dan segar. Rasa itu tadi muncul salah satunya karena adanya sambal mangga muda sebagai salah satu bumbunya.

Bebek Mercon, Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Bebek Mercon
ksmtour.com

Olahan bebek yang punya rasa pedas yang meledak-ledak seperti mercon. Makanan khas Surabaya satu ini wajib dicoba oleh kamu penggila dan pecinta makanan pedas.

Dalam satu porsi bebek mercon, selain bebek tentunya, terdapat juga nasi, tahu goreng, lalapan dan jangan sampai ketinggalan sambal bumbunya.

Tahu Tek, Jajanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Tahu Tek
hngrynow.com

Apakah kamu tau apa itu tahu tek yang berasal dari Surabaya. Ceritanya, dulunya tahu ini di jajakan oleh penjualnya dengan berkeliling menggunakan gerobak. Kenapa dinamakan tahu tek? Jawabannya adalah  karena gunting yang dipakai untuk memotong bahan-bahannya,  seperti tahu lontong, kentang dan telur ini berbunyi “tek..tek..tek.. “. Jadi banyak orang yang memberi nama dengan sebutan tahu tek.

Penyajian dari makanan khas Surabaya satu ini sangat simpel. Hanya terdiri dari bahan seperti lontong, tahu goreng, irisan timun. Bahan itu kemudian dipotong kecil-kecil dengan  mengguanakan gunting khusus, dan juga garpu untuk mengontrolnya. Kemudian tahu tek disajikan kedalam piring lalu disiram dengan bumbu petis.

Saus petis ini terbuat dari bahan petis, kacang goreng, air cabai dan bawang putih. Bahan-bahan tadi lalu diulek mengguankan  cobek. Nah, biasanya tahu tek ini di bedakan menjadi dua, yaitu tahu telur atau lontong tahu.

Isi lontong tahu sama seperti yang ditulis diatas, untuk tahu telor umumnya ditambahkan telur goreng di atasnya.

Makanan satu ini punya rasa yang enak, unik dan khas. Rasa dari saus yang terbuat dari petis ini memberikan rasa dan aroma yang khas. Rasa kacang dan sausnya juga amat terasa, yang bisa memberikan sensasi tersendiri di lidah kita.

Selain rasa yang nikmat, lezat dan sedap, tahu tek ini juga benar-benar mengenyangkan, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir akan kelaparan.

Tahu Campur Kalasan

Makanan Khas Surabaya - Tahu Campur Kalasan
foody.id

Meskipun menjadi kota terbesar kedua di Indonesia, namun dalam urusan makanan Kota Surabaya menjadi kota yang dijadikan referensi pertama dalam hal makanan. Entah itu bagi wisatawan dalam negeri ataupun luar.

Sebab di kota Surabaya kamu akan menemukan banyak pilihan alternatif makanan, entah itu yang unik, legendaris maupun masakan yang langka, salah satunya yaitu Tahu Campur Kalasan milik H Abd Mahfud yang beralamat di Jl Kalasan no 22 Surabaya.

Padahal tahu campur ialah menu masakan kota Lamongan, namun tahu campur Kalasan mempunyai riwayat yang cukup lama di kota Surabaya, sehingga menjadi salah satu ikon masakan kota Surabaya. Salah satu alasan kenapa tahu campur Kalasan berbeda dengan tahu campur yang lain, adalah karena adanya bahan terasi dan petis, sehingga tak memakai bumbu penyedap modern, sehingga dapat dipastikan tahu campur Kalasan merupakan makanan yang sehat, bersih dan tak terlalu mengandung banyak kalori.

Tahu Campur

Makanan Khas Surabaya - Tahu Campur
hngrynow.com

Tahu campur yaitu makanan khas Surabaya yang sudah menjadi legenda di kalangan masyarakat Surabaya. Cerita awal terciptanya tahu campur adalah dulu ada seorang petani, suatu waktu dia merasa lapar, namun didalam rumahnya dia tidak menemukan satu makanan sama sekali yang tersisa, yang ada hanya bahan soto, yang merupakan sisa kemarin, seperti tauge,kubis,petis, sepotong tahu dan sisa kuah soto di panci.

Kemudian sang petani itu berfikir bagaimana caranya memanfaatkan bahan yang ada supaya menjadi makanan yang enak, lezat dan nikmat. Sehingga terciptalah yang namanya Tahu Campur.

Seperi cerita di atas, komposisi tahu campur ini terdiri dari bahan-bahan seperti soto yang kemudian ditambah tahu. Akan tetapi setelah mengalami perkembanagn, sekarang di dalam satu porsi tahu campur, kamu akan mendapat tahu goreng, tauge, selada, daging sapi, dan perkedel singkong. Dengan adanya bahan-bahan tadi, dijamin mulutmu akan ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.

Rawon setan, Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Rawon Setan
gotravelly.com

Biasanya kalau ada nama setan di dalam nama kuliner adalah untuk menyebut bahwa itu adalah makana pedas. Tapi berbeda dengan rawon setan ini. Cerita kenapa dinamai rawon setan adalah karena dulunya rawon ini dijual mulai jam sepuluh malam sampai dini hari. Jam dimana menurut sebagian orang setan-setan akan muncul.

Seperti sudah diketahui, rawon adalah olahan daging sapi yang mempunyai kuah berwarna hitam, yang dikarenakan pengguanaan bumbu kluwek. Tapi, ada sedikit perbedaan dari rawon setan dengan rawon pada umumnya, yaitu rawon setan memiliki ukuran potongan yang sedikit lebih besar, namun sama-sama empuk tekstur dagingnya.

Dalam penyajian makanan khas Surabaya satu ini sering juga ditambahkan jeroan atau kikil.

Rawon Kalkulator

Makanan Khas Surabaya - Rawon Kalkulator
gotravelly.com

Satu lagi tempat makan rawon di Surabaya. Yang ini membawa-bawa nama alat hitung, kalkulator namanya. Kenapa dinamakan rawon kalkulator?

Ini karena sang penjual akan menghitung jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan atau pembeli dengan cepat. Nah, dari situlah nama rawon kalkulator ini berasal.

Warung yang menyajikan rawon kalkulator terletak di daerah Taman Bungkul. Dalam satu porsi makanan khas Surabaya ini, kamu akan dapat dua daging sapi ukuran besar dan tidak lupa nasi putih hangat.

Selain itu juga akan diguyur dengan kuah bumbu rawon yang khas. Dan kemudian akan ditaburi kecambah, dan tidak lupa satu kerupuk udang.

Sego Sambel

Makanan Khas Surabaya - Sego Sambel
hngrynow.com

Warung yang menjual makanan khas Surabaya satu ini hanya buka di malam hari, yaitu mulai jam sepuluh malam. Jadi ini bisa menjadi salah satu tujuan kulineran bagi kamu yang suka kulineran malam.

Warung yang menjual sego sambel terletak di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12. Dan dalam satu piring sego sambel kamu akan mendapatkan nasi putih yang akan ditambah lauk dan sambel tentunya.

Nasi Goreng Jancuk, Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Nasi Goreng Jancuk
intiwhiz.com

Bagi sebagian kalangan, mungkin nama makanan satu ini kurang enak didengar. Namun, dari segi rasa, salah satu makanan khas Surabaya ini juara.

Penamaan ‘jancuk’ ini konon karena berasal dari rasa nasi gorengnya yang super pedas. Sehingga jika ada orang yang mencicipi, khususnya orang sekitar, maka biasanya dia akan mengumpat dengan kata ‘jancuk’, karena rasa pedasnya itu yang seperti membakar lidah.

Walau bagaimanapun itu, entah rasanya yang super pedas ataupun namanya yang nyelene, makanan satu ini tetap laris dan dijadikan favorit oleh beberapa orang. Jadi, kalau kamu sedang di Surabaya atau ada rencana ke Surabaya, kuliner satu ini wajib ada dalam daftar makanan yang harus kamu makan sebelum meninggalkan kota Pahlawan.

Sate Klopo Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Sate Klopo
hngrynow.com

Walaupun namanya sate klopo, sate yang satu ini tidak terbuat dari kelapa. Melainkan sama seperti sate-sate lainnya, yaitu dari daging sapi atau daging ayam, selain itu juga diberi tambahan campuran jeroan dan lemak sapi, sehingga rasanya menjadi semakin mantap dan gurih. Terus kenapa namanya sate klopo?

Jawabannya adalah karena dalam prosesnya, sebelum dibakar sate ini harus dilumuri dengan parutan kelapa. Dan hal inilah yang membuat orang-orang mengira dia terbuat dari kelapa.

Sate Lisidu Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Sate Lisidu
minumkopi.com

Selain sate klopo, ada juga sate khas Surabaya yang rasanya mantap, yaitu sate lisidu. Sate satu ini punya penampilan yang unik dan menarik, yaitu dia berbentuk pipih. Dan saat pembakaran ini dilakukan pengipasan dari atas dan dari bawah, sehingga akan membuat satenya bersih tanpa arang.

Sate Karak Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya - Sate Karak
travelingyuk.com

Makanan khas Surabaya berupa sate ini berbahan dasar usus. Penamaan karak atau kerak karena sate ini disajikan bersama karak, yaitu nasi ketan hitam, dan untuk menambah kelezatannya, ditambahkan pula parutan kelapa.

*******

Saat berkunjung ke Surabaya, sempatkanlah untuk memakan makanan khas Surabaya di atas. Karena kalau nggak kamu akan nyesel. Ayo ke Surabaya!

Tinggalkan komentar