Makanan Khas Solo Paling Lezat [Bikin Ngiler]

Makanan Khas Solo – Apa yang terlintas dipikaranmu ketika disebut nama Solo? Mungkin jawabanmu Sungai Bengawan Solo yang terabadikan dalam suatu tembang keroncong karangan Gesang, atau tempat asal Presiden Ke-7 Indonesia, atau batik (walaupun kota batik adalah Pekalongan, bukan Jogja – bukan Solo — seperti lagu Slank). Mungkin banyak lagi yang akan terlintas dipikiranmu ketika disebut nama kota yang merupakan pecahan Kesultanan Mataram -selain Jogja- ini.

Memang kota satu ini punya daya magisnya sendiri. Selain dipenuhi dengan wisata alam yang menakjubkan. Serta wisata budaya yang luar biasa indahnya.

Sama seperti daerah tujuan wisata lainnya, Solo juga punya makanan khas yang wajib dicoba oleh siapapun yang mengunjungi kota ini.

Berikut ini kami ulas makanan khas Solo, ada juga jajanan khas Solo dan oleh-oleh khas Solo. Oke, langsung saja simak ulasan kami berikut ini.

Nasi Liwet – Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Nasi Liwet
tandapagar.com

Jika dilihat sekilas, makanan khas Solo satu ini tampak sama dengan nasi-nasi pada umumnya. Tapi ada satu yang membuatnya berbeda dan istimewa, yaitu proses pemasakannya yang menggunakan santan, sehingga didapatkan rasa nasi yang gurih lezat.

Selat Solo – Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Selat Solo
resepmasakankulinerenak.blogspot.co.id

Kuliner khas Solo satu ini merupakan hidangan yang dipengaruhi makanan Eropa. Ada beberapa pendapat yang menyebutkan ‘selat solo’ diambil dari kata salad.

Walau begitu, makanan khas Solo ini berbeda sangat jauh jika dibandingkan dengan salad. Karena adanya kandungan bahan daging sapi di dalamnya. Jadi lebih tepat disebut sebagai bistik, tapi disajikan dengan kuah manis yang encer khas Jawa.

Dalam satu porsi selat Solo kamu akan mendapatkan daging sapi dan telur rebus, serta akan ada berbagai macam sayuran, seperti wortel, brokoli, selada, tomat, mentimun, kentang, buncis, dan kentang. Dan di atasnya akan diberi taburan keripik kentang, serta penambahan mayones khas Solo bernama moster yang akan ditaruh disampingnya.

Daging sapi yang digunakan di selat solo ini terlebih dahulu direbus dalam kuah encer, yang dibuat dari bahan-bahan kecap manis, kecap inggris, bawang putih, cuka dan air, dan diberi bumbu merica dan pala.

Es Gempol Pleret

Makanan Khas Solo - Es Gempol Plered
blogbundaananda.blogspot.com

Inilah jajanan khas Solo yang sangat cocok digunakan sebagai teman istirahat siang, sebagai pelepas dahaga. Es yang terdiri dari gempol/pleret, santan serta gula cair.

Gempol adalah adonan dari tepung beras yang dibentuk dan diwarnai, kemudian dikukus.

Es Dawet Telasih

Makanan Khas Solo - Es Dawet Telasih
travelingyuk.com

Es dawet ini bisa dikatakan sebagai jajanan legendaris. Dan kamu bisa menemukan minuman yang menyegarkan ini di Pasar Gede Hardjonagoro.

Dalam semangkuk es dawet telasih, kamu akan mendapatkan tape ketan hitam, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dan santan, yang ditambahkan juga es batu.

Mungkin kamu bertanya apa bedanya dawet ini dengan dawet hitam khas salah satu daerah di Jawa Tengah yang lain, yaitu dawet ireng khas Purworejo. Untuk menjawab itu, kamu wajib mencoba keduanya secara langsung. Dan kamu akan menemukan perbedaan diantara keduanya.

Es krim Tentrem

Makanan Khas Solo - Es Krim Tentrem
dcatqueen.com

Satu lagi jajanan legendaris dari Solo. Toko es ini sudah berdiri sejak tahun 1952, dan masih eksis sampai sekarang. Jika ingin menikmati berbagai macam es krim rumahan dengan citarasa warisan leluhur yang masih terjaga, kamu bisa mengunjungi langsung tokonya yang beralamt di Jalan Urip Sumoharjo.

Lenjongan – Jajanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Lenjongan
maeshare.blogspot.com

Makanan khas Solo ini masih sangat tradisional. Lenjongan ini sebenarnya merupakan campuran dari berbagai macam jajanan pasar, seperti klepon, gethuk, tiwul, sawut, ketan hitam, ketan putih dan cenil, yang kemudian ditabur dengan parutan kelapa. Biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang,

Mie Gajah Mas

Makanan Khas Solo - Mie Gajah Mas
koranyogya.com

Kamu bisa menemukan makanan khas Solo ini di jalan Suryopranoto no. 1, di depan Pasar Gede. Salah satu hal yang membuat kudapan mie ini berbeda dari yang lain, dan membuatnya istimewa adalah pilihan mienya yang menggunakan mie berwarna-warni. Yang didapatkan dari penggunaan pewarna alami sayuran.

Bestik

Makanan Khas Solo - Bestik
dcatqueen.com

Makanan khas Solo satu ini hampir mirip dengan Selat Solo. Yang berbeda adalah dari isiannya. Bestik punya isian yang lebih beragam, yang biasanya terdiri dari daging atau potongan lidah sapi, tomat, acar timun, daun selada, wortel, kentang, dan tidak lupa moster (mayonnaise asli Solo).

Susu Shi Jack

Makanan Khas Solo - Susu Shi Jack
wisataindonesia.xyz

Jika kamu berada di Solo pada malam hari, minuman satu ini cocok sebagai teman nongkrongmu. Shi jak ini sebenarnya merupakan nama warung atau mereknya. Dan ada banyak sekali cabang dari susu shi jak di wilayah Solo.

Susu shi jak ini berupa susu sapi murni diberi berbagai varian rasa.

Roti Kecik Ganep – Oleh-oleh Khas Solo

Makanan Khas Solo - Roti Kecik

Makanan khas Solo ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Solo. Roti ini terbuat dari beras ketan yang sudah disangrai, dan dijadikan tepung.

Da sebuah cerita yang menarik dari roti yang berukuran kecil ini, bahwa roti kecik ini merupkan salah satu makanan kesukaan dari Raja Surakarta waktu itu, yaitu Sinuhun Pakubuwono X.

Abon Mesran Solo – Oleh-oleh Khas Solo

Makanan Khas Solo - Abon Mesran
travelingyuk.com

Ini adalah oleh-oleh khas Solo yang menjadi buruan para pelancong, bahkan ada yang menyebut kalau ke Solo tanpa mampir ke pusat oleh-oleh Pak Mesran, akan terasa kurang afhol.

Ya, abon Mesran merupakan salah satu dari berbagai oleh-oleh yang disediakan di pusat oleh-oleh Pak Mesran, yang terletak di Kalilarangan. Dan abon mesran ini merupakan produk andalannya dan menjadi primadona bagi para pembeli.

Abon mesran ada dua jenis, daging sapi dan daging ayam. Dan dari rasa juga ada manis dan pedas.

Rambak Petis

Makanan Khas Solo - Rambak Petis
travellink-indonesia.com

Dua buah makanan yang disantap bersamaan. Rambak adalah kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau, yang digoreng sampai kering. Dan petis adalah semacam bumbu yang terbuat dari sisa air rebusan ikan atau udang, yang terus dimasak sampai mengental. Saat kamu mencoba makanan khas Solo ini kamu akan mendapatkan sensasi rasa pedas dan gurih di dalam mulutmu. Mantap!

Srabi Notosuman

Makanan Khas Solo - Serabi Notosuman
sajiankulinerkhas.blogspot.com

Hampir sama dengan Surabi khas Jawa Barat, srabi Notosuman juga terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung beras, gula, garam, santan dan daun pandan. Dan dimasak di atas wajan kecil dari tanah liat. Nama Notosuman dipakai karena penjualnya bisa kamu temui di Jalan Moh. Yamin, Notosuman

Sosis Solo – Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Sosis Solo
oomph.co.id

Bentuk dari kudapan satu ini mungkin mengingatkanmu kepada lunpia khas Semarang. Memang dari segi bentuk kedua jajanan lezat ini mirip, tapi dari segi bahan keduanya berbeda 180 derajat. Makanan khas Solo ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang digiling, kemudian dibungkus dengan dadar telur. Jajanan khas Solo satu ini dimodifikasi dari sosis pada jaman Belanda dulu, yang kemudian disesuaikan dengan selera dan citarasa lokal.

Sosis Solo ini punya dua macam varian, yaitu kering dan basah. Untuk yang kering, sosisnya digoreng. Sedangkan yang basah dikukus.

Soto Gading

Makanan Khas Solo - Soto Gading
kuliner.panduanwisata.id

Soto gading ini mempunyai kuah bening yang segar. Dan di dalam satu porsi, bisa kamu temukan bihun, suwiran daging ayam, daun bawang, tomat, dan nasi. Dan diguyur dengan kuah bening berbahan kaldu ayam, dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Gudeg Ceker

Makanan Khas Solo - Gudeg Ceker
gotravelly.com

Makanan khas Solo ini hampir sama dengan gudeg Jogja, hanya penambahan ceker ayam saja yang menjadi pembeda di antara gudeg Jogja dan gudeg ceker.

Sate Buntel

Makanan Khas Solo - Sate Buntel

Berbagai macam daerah di Indonesia ini punya sate khasnya masing-masing. Jika Bali punya sate lilit, maka solo punya sate buntel.

Sate buntel dibuat dari daging kambing yang dicincang, kemudian dimasukan atau dibungkus (bahasa jawa : buntel) dengan lemak kambung, baru kemudian dibakar. Bumbu utama dari makanan khas Solo ini adalah merica dan kecap.

Sate Kere

Makanan Khas Solo - Sate Kere
bobo.id

Satu lagi makanan khas Solo yang berupa sate-satean. Namun jangan mengira kalau sate ini terbuat dari bahan tempe gembus. Tempe gembus adalah tempe yang dibuat dari ampas tahu. Namun, bukan hanya tempe gembus saja bahannya, tapi ada juga jeroan sapi seperti paru dan usus.

Dan sama seperti sate-sate lainnya. sate kere ini juga diberi pelengkap berupa bumbu kacang. Namun ada juga yang menyiramnya dengan bumbu bacem.

Nah, dalam satu tusuk sate kere akan kamu dapatkan campuran antara tempe gembus dan jeroan sapi. Yang akan membuatmu merasakan pengalaman berbeda dalam memakan sate.

Mata Maling – Jajanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Mata Maling

Jajanan khas Solo ini terbuat dari kulit melinjo. Yaitu dengan menggoreng kulit melinjo, yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu rempah, cabai dan gula. Sehingga rasanya akan menjadi gurih, pedas dan manis.

Dijamin Ngiler!

Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Lezat!

Balung Kethek – Jajanan Khas Solo

Makanan Khas Solo - Balung Kethek
blog.omiyago.com

Secara nama, mungkin kamu tidak akan tertarik untuk memakannya. Karena arti dari balung kethek adalah tulang monyet. Tapi, jangan salh sangka dulu, makanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan monyet.

Balung kethek ini dibuat dari singkong. Atau supaya lebih mudah membayangkannya, balung kethek ini mirip dengan keripik singkong balado, namun dengan ukuran yang lebih tebal.

Carang Gesing

Makanan Khas Solo - Carang Gesing
feedram.club

Makanan khas Solo ini punya citarasa yang lezat dan khas. Carang gesing dibuat dari perpaduan pisang yang dicampur gula dan santan, dan dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus. Jika dilihat sekilas, jajanan tradisional Solo ini punya bentuk yang mirip dengan nagasari.

Klengkam

Makanan Khas Solo - Klengkam
snap361.com

Makanan satu ini sangat cocok jika digunakan sebagai teman makan nasi atau makanan lainnya. klengkam ini terbuat dari kentang yang digoreng dengan diberi bumbu rempah. Klengkam juga sering disebut dengan kering kentang.

Kue Mandarin

Makanan Khas Solo - Kue Mandarin

Kue satu ini sring dijadikan sebagai oleh-oelh dari Solo. Kue satu ini memiliki tekstur yang lembut dan wangi, mirip roti lapis. Salah satu tempat paling direkomendasikan untuk mendapatkan kue mandarin adalah di Toko Roti Orion, yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo nomor 80.

Brem Solo

Makanan Khas Solo - Brem Solo

Kalau di Jawa Timur ada brem Madiun, Solo juga punya brem. Dan bahan dari keduanya juga hampir mirip, terbuat dari air ragi tape. Rasa dari brem Solo adalah masam, dingin dan akan lumer di mulut.

Serbat Jahe

Makanan Khas Solo - Serbat Jahe

Serbat jahe ini bahan utamanya tentu saja jahe, dan ada bahan tambahan lainnya, seperti gula pasir, gula kelapa, cengkeh, pala, merica, kencur, sereh, dan rempah-rempah lainnya.

Serbat jahe bisa ditemui dalam dua bentuk, ada yang berbentuk bubuk dan ada juga yang berbentuk mirip koin. Dan cara membuatnya menjadi minuman adalah cukup dengan menyeduhnya dengan air hangat atau panas.

Setelah meminum ini, badanmu akan menjadi terasa lebih hangat. Selain itu, serbat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pegal-pegal, masuk angina dan perut kembung.

Timlo

Makanan Khas Solo - Timlo
indonesiakaya.com

Makanan satu ini terdiri dari kembang tahu dan telur, atau bisa juga kembang tahu dan daging, entah itu daging ayam maupun daging sapi. Dan yang lebih lengkapanya biasanya berisi mie bihun, suwiran ayam, sosis solo, telur (yang dimasak kecap), wortel, dan kadang ada juga yang menambahnya dengan hati ayam dan telur dadar, yang akan diguyur dengan kuah bening yang mirip kuah sop

*******

Itulah makanan khas Solo yang wajib dicicip, dan bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Solo. Masih banyak sebenarnya makanan dan jajanan khas Solo yang belum sempat kami ulas di tulisan kali ini, semoga kami bisa menuliskanny secepatnya. Salam.

Tinggalkan komentar