Makanan Khas Padang Paling Lezat – Dijamin Bikin Kepingin

Makanan Khas Padang – Banyak yang sudah tahu tentang makanan khas Padang. Lebih-lebih bagi yang suka makan di rumah makan Padang. Ya, makanan Padang tersebar hampir ke seluruh Indonesia berkat rumah makan – rumah makan Padang yang ada dihampir tiap daerah. Dari Sabang sampai Merauke. Di Surabaya, Jogja, Makassar, Samarinda, Papua, dan kota-kota lainnya, rumah makan padang ini ada.

Dan makanan Padang yang paling terkenal atau banyak orang yang tahu adalah rendang. Kalau sudah disebut rendang, hampir semua orang pasti pernah mencicipinya.

Selain rendang, masih banyak makanan khas Padang yang dari rasanya sama-sama lezat dan nikmat. Dan berikut ini kami sajikan makanan khas Padang yang bisa dicicip ketika kamu berkunjung ke Padang.

Rendang

Makanan Khas Padang - Rendang
arwini.com

Makanan khas Padang yang satu ini sudah banyak yang tahu. Kelezatan dari hidangan ini sudah terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Rendang bakhan pernah masuk sebagai makanan paling lezat di dunia versi CNN.

Rendang dibuat dari bahan dasar daging sapi. Dimasak bersama santan dan bumbu rempah-rempah, dimasak sampai matang yang biasanya ditandai dengan santan yang sudah meresap. Jangan ditanyakan lagi soal rasanya. Kalau sudah diakui sebagai makanan paling enak sedunia, pasti rasanya lezat, mantap, nikmat dan sedap.

Karupuak Sanjai

Makanan Khas Padang - Karupuak Sanjai
jual-keripik-sanjai-balado.blogspot.co.id

Saat kamu berkunjung atau jalan-jalan ke Padang Bukittingi, jajanan khas ini harus dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan khas Padang ini dibuat dari bahan dasar singkong, dan memang karupuak sinjai ini mirip keripik singkong. Bahan dasar singkong tadi diolah sedemikian rupa sampai menjadi karupuak sanjai dengan memiliki tiga rasa yang berbeda.

Rasa tawar, yang ini tanpa bumbu dan berwarna putih. Rasa asin, warnanya kuning. Dan yang pedas, warnanya tentunya merah. Dari ketiga rasa yang ada, sudah bisa ditebak mana yang paling banyak disukai, yaitu rasa pedas. Karena memang Indonesia ini dikenal sebagai penyuka makanan pedas.

Karupuak sanjai yang pedas biasa disebut sebagai keripik balado. Pasti kamu pernah makan keripik singkong balado, kan? Walaupun bukan karupuak sanjai. Memang lebih enak makan keripik singkong yang rasanya pedas.

Sate Padang

Makanan Khas Padang - Sate Padang
pegipegi.com

Kalau disebut sate, bayangan pertama dari sebagian orang adalah sate Madura. Padahal Indonesia punya banyak jenis sate-sate dari daerah lainnya, salah satunya makanan khas Padang ini, yaitu sate Padang.

Dari bahan dan proses pembuatannya, tidak banyak yang berbeda dari sate Padang dan sate daerah lainnya. Sate Padang dibuat dari daging sapi yang dipotong dadu kecil-kecil, kemudian ditusukkan ke batang bambu, baru dibakar.

Dan yang membedakan sate Padang dari sate lainnya adalah penggunaan kuah yang mirip kuah kare pada sate Padang. Kuah sate Padang warnanya kuning dan teksturnya kental. Kuah ini dibuat dari berbagai bahan, yang antara lainnya tepung beras, kunyit, kaldu jeroan, jahe, bubuk kari, garam, ketumbar, lengkuas, jinten, bawang putih dan bahan rempah lainnya.

Meski disebut tadi sate Padang terbuat dari daging sapi, dan memang kebanyakan begitu. Banyak pembuat sate Padang lain yang berbahan daging ayam atau daging kambing.

Walaupun banyak penjual sate Padang yang ada disekitar kita, tentu berbeda sensasinya ketika kita makan sate Padang di daerah asalnya daripada di daerah lainnya. Kalau makan di daerah aslinya tentu akan terasa lebih nikmat dan lebih sedap. Karena itu, ayo ke Padang, dan mencicip sate Padang disuasana kota Padang.

Ikan Balado

Makanan Khas Padang - Ikan Balado
ohresep.blogspot.com

Sudah bisa ditebak makanan macam apa ini. Ikan balado ya merupakan ikan yang dimasak dengan bumbu balado. Bumbu baladonya sendiri antara lain terdiri antara lain dari gula, garam, jeruk nipis, cabai, tomat, bawang merah dan air.

Seperti yang sudah diketahui, balado ini rasanya pedas, dan ada yang pedas manis. Dan rasa ikan balado ini juga pedas manis, sangat cocok dengan lidah dan selera kebanyakan orang Indonesia.

Menurut bebrapa sumber, selain di Indonesia, makanan khas Padang ini juga disukai di Negara lainnya, yaitu Malaysia dan Singapura.

Dendeng Balado

Makanan Khas Padang - Dendeng Balado
resepmasakan86.blogspot.com

Salah satu cara agar makanan bisa awet dan tahan lama adalah dengan cara dikeringkan. Dan dendeng ini adalah daging sapi yang diiris tipis-tipis dan kemudian dikeringkan.

Penemu dendeng ini adalah masayarakat Minangkabau. Mereka memproses daging sapi dengan dikeringkan, dengan tujuan supaya bisa tahan lama dan mudah untuk dibawa-bawa.

Dan makanan paling populer yang dibuat dengan bahan dasar dendeng adalah dendeng balado, atau ada juga yang menyebutnya dengan nama dendeng batokok. dendeng balado dibuat dengan menggoreng dendeng, kemudian ditambah cabai dan bumbu-bumbu lainnya yang biasa disebut balado.

Teh Talua

Makanan Khas Padang - Teh Talua
tempatriview.com

Minuman ini sangat cocok disajikan sebagai penutup atau sebagai pendamping dari makanan-makanan Padang, karena kalau makan dan tidak minum tentu akan terasa kurang.

Mungkin kamu berpikir, disetiap daerah di Indonesia juga ada teh. Eeiitss, tunggu dulu, meski teh ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, tentu teh talua khas Padang ini punya ciri dan rasa yang khas dan berbeda dari lainnya.

Teh talua ini dibuat tidak hanaya dari daun teh saja, seperti teh-teh kebanyakan, namun ditambahkan juga telur ayam atau telur bebek, yaitu bagian kuning telurnya saja. Selain kuning telur, ditambahkan juga air perasan jeruk nipis dan gula.

Kalau ditanya rasanya , lebih baik kamu mencobanya sendiri, karena menurut sebagian orang rasanya lezat dan nikmat, tapi sebagian yang lainnya tidak suka, mungkin karena adanya tambahan kuning telurnya itu.

Baca Yang Ini Juga, Pasti Bikin Ngiler

Makanan Khas Indonesia Paling Enak

Gulai Itiak

Mungkin kamu sudah mengira-ngira seperti apa makanan khas Padang ini. Makanan ini berbahan dasar itik atau bebek. Berbeda dengan gulai pada umunya yang biasanya bahan dasarnya adalah daging kambing atau daging sapi.

Gulai itiak khas Padang dimasak dengan beberapa bumbu, antara lain laos, jeruk, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, jahe, kunyit dan cabai.

Gulai itiak ini punya cita rasa yang pedas, dengan kuah yang berwarna kehijau-hijauan, karena penggunaan cabai hijau yang bertujuan supaya rasanya nendang. Ayo coba lezatnya gulai itiak langsung di Tanah Minang!

Kalio Dagiang

Kalio dagiang ini sebenarnya adalah gulai daging sapi, yang punya rasa tidak kalah lezatnya dibanding rendang.

Makanan khas Padang ini dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah dan tambahan cabai. Supaya didapat tekstur yang lembut dan empuk, dia dimasak dalam waktu yang relatif cukup lama.

Jadi, ketika kamu memakannya, kamu akan dengan mudah untuk menggigit dagingnya, karena dagingnya tidak alot. Dan rasa dari kalio ini juga sangat nikmat dan sedap, karena bumbu rempahnya sudah meresap ke dalam dagingnya.

Soto Padang

Di Indonesia ada banyak sekali varian dari soto, dari Jakarta ada soto betawi, ada soto Lamongan dari Jawa Timur dan masih banyak makanan khas daerah berupa soto yang tersebar dan berasal dari seluruh Indonesia.

Dan salah satu soto yang punya banyak penggemar adalah soto Padang. Makanan khas Padang ini dibuat dengan bahan daging sapi yang diiris-iris. Bagian sapi yang dipakai biasanya adalah daging khas dalam yang punya tekstur lembut.

Soto padang punya kuah kaldu sapi, yang diisi irisan daging sapi tadi yang sebelumnya sudah digoreng kering. Ditambahkan juga bihun dan perkedel kentang. Soto padang ini paling nikmt kalau dimakan dalam keadaan masih panas.

Cancang

Cancang terbuat dari daging kambing yang dicincang-cincang dan dimasak dengan santan dan cabai merah yang sudah digiling, ditambah bumbu lainnya.

Makanan khas Padang yang ini punya rasa yang dominan pedas, karena banyaknya penggunaan cabai merah dalam pembuatannya.

Gulai Tauco

Makanan khas Padang yang ini mungkin kamu jarang dengar namanya disebutkan, atau bahkan kamu nggak pernah dengar dan tidak tahu tentang kuliner khas Padang ini. Padahal gulai tauco juga merupakan makanan khas Padang.

Salah satu varian gulai dengan kuah yang berwarna hijau kecokelatan ini sangat pas dan cocok dimakan dengan nasi hangat.

Gulai tauco terbuat dari tahu, udang, buncis dan bahan-bahan lainnya, yang kesemuanya dimasak bersama tauco dan tambahan kuah santan. Selain rasa tauco yang dominan dalam kuliner Padang ini, ada juga rasa-rasa lezat dan nikmat yang keluar dari penggunaan rempah-rempah.

Gulai Banak

Makanan Khas Padang - Gulai Banak
food.idntimes.com

Ada lagi varian gulai dari Padang. Kali ini berbahan dasar otak sapi. Gulai banak ini merupakan makanan yang memiliki kuah santan dengan rasa yang pedas, dan isinya bahan dasar tadi, yaitu otak sapi yang dipotong-potong kecil.

Ada beberapa resep gulai banak yang menambahkan irisan daun mangkok ke dalamnya, sehingga cita rasanya menjadi semakin nikmat dan khas.

Dendeng Batokok

Makanan Khas Padang - Dendeng Batokok
mitratour.co.id

Satu lagi sajian dendeng yang berasal dari Padang. Selain dendeng balado, Padang juga punya dendeng batokok. Dan dendeng batokok ini juga sama lezatnya dan sama tekenalnya dengan dendeng balado.

Meski sama-sama dendeng, proses pembuatan dendeng balado dan dendeng batokok punya sedikit perbedaan. Proses pembuatan dendeng batokok adalah dengan cara dipukul-pukul dagingnya, yaitu seteleh daging diiris tipis, kemudian dipukul-pukul dengan tujuan supaya dagingnya menjadi lembut

Gulai Paku

Makanan Khas Padang - Gulai Paku
merahputih.com

Jangan salah sangka dulu, makanan khas Padang ini tidak dibuat dari paku bahan bangunan itu. Jadi, gulai paku ini sering juga disebut dengan gulai pakis, karena terbuat dari bahan utama daun pakis.

Bahan utama gulai pakis, berupa daun pakis ini dimasak dengan saus kelapa, yang diberi bumbu cabe, lengkuas dan jahe.

Mungkin bahan utama gulai pakis ini masih asing sebagai bahan makanan di beberapa wilayah Indonesia, tapi rasa dari gulai pakis ini sangatlah nikmat dan sedap. Kamu harus mencobanya sendiri untuk bisa merasakan betapa nikmatnya makanan unik khas Padang ini.

Gulai pakis di masyarakat biasanya ada saat hari raya, yang disajikan bersama dengan ketupat.

Gulai Tunjang

Makanan Khas Padang - Gulai Tunjuang
lensa-kuliner.blogspot.com

Makanan khas Padang berupa gulai kali ini bahan dasarnya dari tunjang, yaitu bagian sapi yang hampir mirip dengan kikil. Tunjang adalah bagian dengkul ke bawah dari sapi ataupun kerbau. Gulai tunjang ada dua varian, yaitu yang pertama berkuah santan kuning dan yang kedua adalah kuah santan merah pedas. Gulai tunjang ini bertekstur empuk, lembut dan pastinya kenyal. Dan bercita rasa yang sedap dan nikmat, karena menggunakan bumbu rempah khas Padang.

*******

Itulah tadi makanan khas Padang yang sangat wajib untuk dicicip saat kamu jalan-jalan ke Padang. Jangan sampai saat kamu berkunjung ke Padang tanpa mencoba kuliner Padang, karena jalan-jalanmu nggak akan lengkap tanpa merasakan kenikmatan makanan khas Padang. Jadi, jangan lupa ya. Ayo, ke Padang dan cicip semua makanan khasnya!

Tinggalkan komentar