Makanan Khas Malang Yang Super Lezat

Makanan khas Malang – Yang akan kita bahas di sini adalah tentang kuliner Malang, lebih tepatnya Malang Raya, karena banyak yang belum tahu, terkadang kita salah menyebut bagian-bagian Malang Raya hanya dengan menyebutnya Kota Malang. Padahal bisa jadi salah. Malang Raya ini terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu.

Selain punya banyak sajian tujuan wisata, Malang juga punya berbagai jenis kuliner yang memiliki ke-khas-an tersendiri. Tidak hanya sajian kuliner tradisional, di kota yang punya hawa sejuk ini juga terdapat berbagai macam makanan khas modern.

Oke, langsung saja kita bahas mengenai makanan khas Malang, berikut daftarnya.

Bakso Malang

Makanan Khas Malang - Bakso Malang
merahputih.com

Tentu sebagian dari kita sudah tahu dan hapal apa itu bakso. Sangat kecil kemungkinannya bagi para pembaca yang tidak tahu makanan satu ini.

Nah, Malang punya bakso dengan yang menggunakan nama wilayahnya, yaitu bakso Malang. Dan salah satu makanan khas Malang ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru Indonesia.

Satu prosi bakso Malang terisi oleh berbagai bahan. Antara lain, bakso itu sendiri, mie, bihun, tahu, pangsit, tauge dan ada yang menambah juga siomay. Dan untuk menambah kemantapan rasanya, biasanya para pembeli akan memakannya bersama sambal cabai.

Dan jika kamu sedang atau ada rencana pergi ke Malang, salah satu tempat makan bakso Malang yang direkomendasikan oleh banyak orang adalah Bakso Malang Presiden. Bakso Malang presiden ini sudah dikenal banyak orang sejak tahun 1977, dan saking terkenalnya, bahkan di Malang sendiri punya beberapa cabangnya.

Selian bakso Malang original, di Bakso Malang Presiden juga terdapat varian bakso lainnya, seperti bakso goreng udang, bakso besar, bakso kecil, bakso goreng, bakso goreng panjang, siomay goreng, siomay basah, jeroan paru dan lain sebagainya.

Bakso Bakwan

Makanan Khas Malang - Bakso Bakwan
lifestyle.okezone.com

Bakso seakan sudah menjadi salah satu ikon makanan khas Malang. Dan satu variasi dari bakso Malang adalah bakso bakwan ini. Bakso satu ini punya isian yang jumlahnya lebih banyak dari bakso Malang original.

Dalam penyajian satu mangkok bakso bakwan, ada beragam jenis isian yang masuk, diantaranya bakso goreng, bakso halus, tahu rebus, pangsit, bakso urat dan tidak lupa bakwan rebus.

Dan salah satu yang membedakan bakso ini dari yang lainnya, adalah tidak adanya mie di dalam baksonya, baik itu mie kuning maupun mi putih (bihun). Bakso bakwan ini punya citarasa yang lebih gurih dan lebih segar karena menggunakan kuah dari kaldu sapi asli.

Bakso Bakar

Makanan Khas Malang - Bakso Bakar
kumparan.com

Masih dari kelaurga perbaksoan. Berbeda dari kebanyakan bakso yang disajikan bersama kuah, bakso satu ini disajikan tanpa kuah setetes pun.

Makanan khas Malang satu ini secara kelahirannya paling muda dari dua bakso di atas tadi, tergolong masih baru. Yaitu baru dikenal dan dimunculkan di tahun 1997, yang pertama kali membuat adalah Warung Bakso Pak Man yang nama lainnya Superman.

Dari segi baksonya hampir sama dengan bakso lainnya, dari daging sapi giling yang dibentuk bulat-bulat. Namun, bakso ini disajikan dengan pemasakan dibakar. Maksudnya baksonya dibakar dulu baru disajikan. Sebelum dibakar, bakso tadi disiram atau diolesi dulu dengan kecap, saus dan bumbu khusus, yang membuat rasa dari bakso bakar ini sangat nikmat dan agak pedas, dengan aroma yang harum.

Jika kamu sedang di Malang dan ingin mencicip bakso bakar langsung dari pembuat pertamanya, kamu bisa datang ke Warung Pak Man yang terletak di Jalan Diponegoro No. 19 A Kota Malang.

Sate Kelinci

Makanan Khas Malang - Sate Kelinci
malang.merdeka.com

Pernah mencoba sate kelinci? Atau pernah coba makan daging kelinci? Kalau belum, saat berkunjung ke Malang, kamu bisa mencoba salah satu makanan khas Malang ini.

Sate kelinci ini selalu menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Malang, khususnya kota Batu. Dan diperjalanan Malang – Batu kamu akan menemukan banyak penjual sate kelinci di sepanjang jalan yang kamu lalui.

Sate kelinci ini tidak memiliki perbedaan dalam segi tampilan dengan sate-sate yang lain. Dan dari segi bumbu pun, sate kelinci ini biasanya hanya diberi bumbu kacang sama seperti kebanyakan sate jenis lainnya. Tapi, yang membedakan dan membuatnya istimewa adalah penggunaan daging yang tidak lazim digunakan sebagai sate, yaitu daging kelinci.

Biasanya sate kelinci akan dihidangkan bersama nasi ataupun lontong. Mantap!

Orem-orem

Makanan Khas Malang - Orem-orem
malang.merdeka.com

Salah satu produk yang dibuat secara masif di Malang adalah tempe. Dan tidak lengkap tentunya jika berkunjung ke Malang, tanpa mencicip olahan tempe khas Malang ini. Dan salah satu olahan tempe ini adalah orem-orem.

Dulunya, makanan khas Malang satu ini hanya disajikan ketika waktu-waktu atau momen khusus, seperti syukuran atau pernikahan. Namun, dipertengahan tahun 80-an, warung-warung tradisional sudah mulai menjualnya kepada masyarakat.

Seperti yang disebutkan di atas, orem-orem dibuat dengan bahan dasarnya tempe yang digoreng, diberi tambahan ayam dan dimasak menggunakan kuah santan yang kental. Penyajian orem-orem ini ditambah dengan ketupat, tauge, tempe, dan diguyur kuah santan kaldu ayam yang gurih.

Tempe Mendol

Makanan Khas Malang - Tempe Mendol
resepunggulbunda.com

Makanan khas Malang yang satu ini juga merupakan olahan dari tempe. Biasanya mendol akan dimakan sebagai pelengkap makan pecel atau rawon, dan makanan lainnya. Tapi ada juga yang memakannya begitu saja, tanpa dibarengi makanan lain.

Mendol tebuat dari tempe yang sebelumnya dilumatkan dahulu, dan ditambah bumbu-bumbu, antara lain bawang putih, bawang merah, kunyit dan lain-lain. Kemudian diaduk dan dibentuk mirip combro.

Cwie Mie

Makanan Khas Malang - Cwie Mie
gldelapan.com

Jika dilihat, sekilas mirip mie ayam biasa. Namun, perbedaan cwie mie dari mie ayam biasa adalah pada pemberian daging ayamnya. Jika biasanya ayamnya berbentuk potongan kecil-kecil, di cwie mie ayamnya dihancurkan dulu, mirip seperti abon.

Sekarang ini, penyebutan cwie mie sudah mulai berubah menjadi pangsit mie, karena biasanya dalam penyajiannya selalu ditemani pangsit. Bahkan ada yang menyajikan dengan menggunakan mangkok dari pangsit.

Ukuran mie dari makanan khas Malang satu ini memiliki kecendurangan lebih kecil dari mie-mie kebanyakan. Di dalam satu prosi cwie mie biasanya ditemukan ayam yang sudah dicacah, taburan bawang goreng dan kuah, serta tidak lupa tentunya pangsit.

Dari segi tampilan memang terlihat sangat sederhana, namun dari segi rasanya akan membuat siapa saja yang nyicip akan ketagihan.

Sop Sumsum

Makanan Khas Malang - Sop Sumsum
malangchannel.com

Seperti diketahui sop merupakan makanan berkuiah, yang biasanya dikreasikan dengan berbagai macam bahan dan bumbu. Sehingga terciptalah sebuah sop yang unik dan enak, yang berbeda dari sop-sop lain.

Dan salah satu jenis sop adalah sop sumsum. Ini merupakan sop khas Malang yang terkenal. Dan penjual sop sumsum yang terkenal kelezatan sopnya adalah Sop Sumsum Pak Kayin, yang bisa ditemui di Jalan Cengger Ayam 1 nomer 10. Di sini kamu tidak hanya akan mendapat sop berisi sayur dan kuah kaldu, tapi juga sumsum dari tulang sapi yang siap diseruput.

Alasan kenapa sop sumsum Pak Kayin terkenal dan ramai pengunjung adalah karena beliau yang menjadi pelopor sop sumsum di Malang, selain karena rasanya yang juga mantap tentunya.

Di Sop Sumsum Pak Kayin kamu akan mendapatkan sajian hidangan sop sumsum dengan harga yang murah, tergantung varian sop sumsumnya. Dengan uang 20 ribuan kamu bisa dapat sop sumsum, dengan 25 ribuan bisa dapat sop sumsum istimewa, dan dengan 15 ribuan bisa dapat sop sumsum tulang kecil. Mantap!

Dijamin Tambah Ngiler!
Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Soto Lombok

Makanan Khas Malang - Soto Lombok
akulily.com

Jangan berpikir dulu kalau makana khas Malang satu ini rasanya pedas karena dinamanya ada lomboknya. Nama soto lombok ini karena warung yang jual terletak di jalan Lombok. Warung soto lombok sendiri sudah buka sejak tahun 1955.

Soto satu ini berbeda dari soto-soto lainnya. Dalam satu porsi soto, akan ditemukan banyak isiannya, di antara nya ada kentang, telur rebus, tauge, irisan kol, daging ayam kampun dan isian lainnya. Dan kamu juga akan menemukan kuah kentalnya akan diberi taburan koya. Dan biasanya juga akan ditambahkan berbagai jenis kerupuk yang memiliki ukuran besar-besar.

Tahwa

Makanan Khas Malang - Tahwa
malang.merdeka.com

Malang terkenal memiliki hawa yang dingin. Dan salah satu hal yang bisa membantu menghangatkan tubuh adalah tahwa ini. Tahwa memiliki wujud seperti makanan ringan yang berkuah.

Di tempat lain tahwa juga serinjg disebut dengan kembang tahu. Karena memang bahannya dari tahu, tapi beda dengan tahu yang bisa kita temui. Tahu disini memiliki tekstur yang lembut, yang akan dengan mudah lumer di mulut saat memakannya.

Dalam satu mangkok porsi makanan khas Malang ini, juga diberi kuah yang terbuat dari campuran gula merah dan jahe. Kandungan jahe inilah yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Angsle

Makanan Khas Malang - Angsle
vebma.com

Lagi-lagi makanan ini merupakan hidangan yang bisa membuat tubuhmu merasa hangat di suhu Malang yang dingin. Angsle ini berupa wedang hangat. Dalam sebagian masyarakat Jawa, penyebutan wedang adalah untuk minuman apapun yang di dalam proses perebusan airnya ditambahkan jahe, serai dan gula jawa (gula merah).

Secara sekilas, minuman khas Malang satu ini mirip sekoteng. Yaitu dilihat dari rasa jahenya yang mantap. Dari isian yang ada kacang tanah sangrai dan kacang hijau rebus juga membuatnya semakin mirip sekoteng

Tapi tentunya ada perbedaan dari kedua minuman hangat ini, yaitu dalam penyajiannya. Angsle akan disajikan bersama dengan petulo atau putu mayang, tape singkong dan ketan putih kukus.

Nasi Goreng Mawut

Makanan Khas Malang - Nasi Goreng Mawut
kooliner.com

Nama mawut yang berarti berantakan, dipakai karena dari tampilannya terlihat berantakan. Ini karena di dalam nasi gorengnya juga terdapat mie goreng.

Dari segi rasa, nasi goreng satu ini punya citarasa yang mantap dan lezat. Perpaduan dari nasi goreng dan mie goreng akan membuatmu mendapatkan pengalaman lain dalam memakan nasi goreng.

Es Durian Dempo

Makanan Khas Malang - Es Durian Dempo
tempatwisata.com

Bagi kamu para pecinta durian, ini merupakan hal yang akan membuatmu bahagia. Di Malang kamu bisa menemukan es durian yang sudah terkenal kelezatannya. Yaitu es durian dempo. Nama dempo sendiri diambil dari nama tempat di mana ia dijual.

Selain tentunya ada es yang diserut dan durian, di dalam penyajian es durian dempo ini ditambahkan juga susu kental manis, sehingga rasa yang dihasilkan akan semakin nikmat dan mantap.

*******

Saat berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencicip makanan khas Malang yang disebut di atas. Karena makanan-makanan itu yang membuat liburan dan kunjunganmu ke Malang akan terasa lebih spesial

Tinggalkan komentar