Makanan Khas Makassar Yang Pasti Bikin Ngiler

Makanan Khas Makassar – Indonesia kaya akan suku dan budaya. Oleh sebab itu, membuat Indonesia tentu saja kaya juga akan berbagai ragam masakan dan makanan dari seluruh Indonesia. Ada masakan Jawa, masakan Padang, masakan Bali, dan seterusnya. Salah satu daerah yang punya ragam masakan yang lezat adalah Makassar.

Banyak sekali makanan khas Makassar yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Dan berikut kami ulas mengenai makanan khas Makassar.

Coto Makassar, Makanan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar - Coto Makassar
chemistrahmah.com

Banyak yang sudah tahu tenteng makanan khas Makassar yang pertama ini. Memang, hidangan satu ini sudah menyebar ke berbagai penjuru wilayah Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Saat berkunjung ke Makassar, tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mencoba coto Makassar ini.

Coto Makassar dibuat dari jeroan sapi, yang diproses dengan merebusnya dalam waktu yang relatif lama. Jeroan yang telah direbus kemudian diiris-iris dan diberi bumbu khusus. Makanan khas Makassar satu ini disajikan mengggunakan mangkuk, dan diberi tambahan ketupat ( dan burasa – sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang).

Putu Cangkiri, Cemilan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar - Putu Cangkir
wartasultra.id

Kue satu ini merupakan warisan kuliner masyarakat Makassar. Dulunya, banyak penggemar dari kue putu cangkiri ini. Tapi sekarang, semakin sedikit orang yang suka, karena tergerus pergerakan jaman.

Putu cangkiri merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar ketan. Ada dua variasi rasa (yang sebenarnya cuma satu, yaitu manis)yang bisa ditemui yaitu manis gula putih dan manis gula merah. Dan kenapa dinamai cangkiri, konon karena bentuknya akan seperti cangkir ketika dibalik.

Selain ketan, cemilan khas Makassar yang lahir dari kreatifitas suku Bugis ini dibuat dengan tambahan tepung beras dan gula.

Baje Canggoreng

Makanan Khas Makassar - Baje Canggoreng
membuat.info

Dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak apa bahan makanan khas Makassar ini. Yaitu kacang. Baje canggoreng diolah dari percampuran kacang tanah dan gula merah. Sehingga rasa dari baje canggoreng ini manis gurih. Kamu bisa menemukan jajanan khas Makassar ini dengan mudah di sepanjang jalan poros Sulawesi Selatan.

Sop Saudara, Kuliner Khas Makassar

Awal mulanya, makanan ini aslinya berasal dari Pangkep, yang berjarak kurang lebih 60 km dari Makassar. Namun, karena jarak pangkep dan Makassar yang tidak terlalu jauh itulah, maka banyak yang menganggap sop saudara berasal dari Makassar.

Sop saudara dibuat dari bahan-bahan yang antara lain adalah daging sapi, bihun, kentang yang dibentuk bola-bola berukuran kecil, dan paru sapi goreng. Saat dihidangkan biasanya disajikan dengan nasi putih. Dan untuk tambahan lauknya bisanaya diberikan ikan bakar dan telur rebus. Dan ada juga sambal kacang dan irisan timun sebagai pelengkap.

Konro

Makanan Khas Makassar - Konro
qraved.com

Makanan khas Makassar yang sudah terkenal ini terbuat dari iga sapi atau bisa juga daging sapi. Bahan utama tadi direbus dengan bersama bahan dan bumbu lainnya, seperti air asam jawa, kayu manis dan bumbu-bumbu. Bumbunya sendiri terdiri dari kacang merah, merica, pala dan lainnya.

Dan jika kita lihat, konro ini punya warna yang gelap, seperti rawon Jawa Timur. Warna ini didapat dari penggunaan kluwek dalam salah satu bumbunya.

Kue Dange, Kue Khas Makassar

Nampak sekilas, jajanan khas Makassar ini mirip pukis atau sagu rangi Jakarta.

Kue dange ini punya cita rasa yang gurih, manis ditambah legit. Kekayaan rasa itu didapat dari pencampuran bahan-bahan yang salh duanya adalah gula merah dan kelapa parut.

Lengkapnya, kue dange dibuat dari tepung ketan hitam, kelapa parut, gula merah dan tambahan sedikit garam. Adonan bahan tadi kemudian dikukus, dengan tujuan supaya hasil jadi kuenya bisa bertahan lama. Setelah dikukus, bahan tadi kemudian dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat, untuk selanjutnya dibakar sampai matang.

Sokko / Sangkolo, Makanan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar - Sokko/Songkolo
pacarkecilku.com

Makanan khas Makassar ini punya dua penyebutan. Sokko berasal dari bahasa Bugis. Dan Songkolo dari bahasa Makassar.

Makanan satu ini terbuata dari bahan dasar beras ketan putih yang dimasak dengan dikukus, tapi kadang bebrapa pembuatnya juga memakai beras ketan hitam. Songkolo disajikan di atas piring dengan tambahan kelapa parut.

Dan biasanya juga diberi tambahan lauk berupa telur itik asin dan ikan asin kering.

Burongcong

Burongcong merupakan makanan khas Makassar berbentuk roti atau kue, yang bentuknya hampir mirip dengan kue dange tadi. Kalau di sebagian daerah Jawa, mungkin sama dengan kue rangin.

Makanan khas Makassar satu ini terbuat dari adonan yang terdiri dari terigu, kelapa parut, santan, gula pasir dan garam.

Mie Titi, Masakan Khas Makassar

Hidangan satu ini sangat terkenal di Makassar. Dan salah satu tempat penjual mie titi paling terkenal adalah yang berada di Jalan Irian, Jalan Boulevard dan Jalan Museng.

Sejarahnya, mie titi dikenalkan oleh seorang keturunan Tionghoa, yang bernama Ang Kho Tjao sekitar tahun 1960. Dan nama titi ini diambil dari nama salah satu anaknya, Titi.

Mie titi biasanya dinikmati saat malam hari oleh warga Makassar. Dan bagi sebagian orang, rasa mie titi yang enak serta gurih membuatnya ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.

Mie titi ini bentuknya mie kering. Dan disajikan dengan menyiramnya dengan kuah kental, dan ditambah berbagai macam bahan pelengkap, seperti bakso, hati cumu-cumi, sayur-sayuran, bakso dan jamur, yang akan membuat cita rasa mie titi semakin nikmat dan mantap.

Yakin Nggak Mau Baca Yang Ini?

Makanan Khas Daerah Paling Lezat se-Indonesia

Doko-doko Cangkuling, Kuliner Khas Makassar

Kue khas Makassar ini terbuat dari adonan tepung ketan, tepung beras, gula tepung, santan, sagu, dan tambahan sedikit garam. Dan untuk isiannya, atau bagian tengahnya terbuat dari campuran kelapa parut dan gula merah.

Makanan khas Makassar ini biasanya dibungkus dengan daun pisang, dan dibentuk mengerucut. Dan salah satu tempat dimana kue ini tidak pernah tertinggal adalah dalam acara pesta pernikahan di daerah Sulawesi.

Barangko, Jajanan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar - Barongko
hananoyuri.com

Makanan satu ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Kalau kamu sudah familiar dengan makanan khas Jawa tengah, bentuk dari Barangko in mirip-mirip dengan jajanan khas daerah Jawa, seperti nagasari, dll. Makanan khas Makassar ini terbuat dari bahan utama berupa pisang, yang ditambah bahan lain, seperti telur, susu bubuk, gula dan garam, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Dan kemudian dimasak dengan cara dikukus sampai matang.

Pisang Epe

Makanan Khas Makassar - Pisang Epe
indonesiakaya.com

Satu lagi makanan khas Makassar yang terbuat dari bahan utama pisang. Setelah tadi barangko, sekarang adalah pisang epe.

Pisang yang digunakan dalam pembuatan pisang epe ini adalah pisang jenis kapok, dengan tingkat kematangan yang setangah matang.

Proses pembuatan jajanan khas Makassar ini sangat mudah. Pisang yang telah dikupas langsung dibakar di atas bara, dan dibolak-balik terus sampai tercium bau harum dan tekstur pisangnya lembek. Kemudian pisang diambil dan dipipihkan, setelah itu dibakar kembali sampai matang.

Sekarang ini pisang epe ini disajikan dengan berbagai macam varian topping, seperti cokelat, strowberry, keju, durian dan lain sebagainya. Padahal dulunya pisang epe hanya diberi topping dari gula merah yang dicairkan.

*******

Saat kamu berkunjung ke Makassar, makanan khas Makassar di atas wajib masuk dalam daftar makanan yang dicoba atau dicicip. Karena, makanan-makanan itu akan membuat kunjungan atau liburanmu di Makassar semakin terasa berkesan. Ayo ke Makassar!

Tinggalkan komentar