Makanan Khas Jogja Yang Wajib Dicoba [ Enak, Sedap, Nikmat, Mantap ]

Makanan Khas Jogja – Jogja terkenal dengan budayanya. Selain itu terkenal juga sebagai kota pelajar, karena saking banyaknya universitas-universitas besar yang ada di sana. Sehingga menarik banyak pelajar dari seluruh penjuru Indonesia untuk menimba ilmu di kota ini.

Banyaknya pendatang yang hadir di kota Jogja, sedikit banyak memberikan pengaruh ke berbagai hal. Salah satunya adalah dari segi kuliner. Perpaduan-perpaduan budaya mampu menghasilkan makanan-makanan yang unik dan khas dari Jogja.

Oke, langsung saja kita intip makanan-makanan khas Jogja yang pastinya mantap, nikmat, lezat, sedap dan enak.

Gudeg

Makanan Khas Jogja - Gudeg
cookpad.com

Siapa yang nggak tahu makanan satu ini. Makanana khas Jogja yang pertama ini sudah terkenal seantero negeri. Dan dia sudah menjadi semacam ikon bagi Jogja itu sendiri. Seperti pempek yang jadi ikon Palembang.

Kudapan satu ini terbuat dari “gori”, itu adalah penyebutan masyarakat Jawa dengan nangka muda. Dalam pembuatan makanan legend satu ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena proses pengubahan warna nangka muda yang awalnya putih hingga menjadi coklat. Namun, dengan lamanya proses pemasakan ini, rasa dari gudeg akan menjadi lebih meresap dan mantap.

Gudeg ini dimakan bersama nasi, dengan ditambah areh yaitu santan kental, bisa juga diberi tambahan lauk seperti telur, daging ayam, tahu dan sambal goreng krecek.

Gudeg punya beberapa variasi jenis, diantaranya adalah kering, basah dan Solo. Gudeg kering merupakan gudeg yang arehnya kental, bahkan bisa lebih kental daripada santan masakan Padang. Dan gudeg basah arehnya encer. Sedangkan gudeg solo warna arehnya putih.

Sekarang sudah ada gudeg yang dikemas dalam kaleng, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh yang bisa bertahan lama.

Bakpia Pathok

Makanan Khas Jogja - Bakpia Pathok

Satu lagi makanan khas Jogja yang terkenal seantero negeri. Mayoritas orang yang berkunjung ke Jogja akan membawa jajanan khas Jogja satu ini sebagai oleh-oleh.

Kudapan ini terbuat dari gula dan kacang hijau yang dicampur, dan kemudian dibalut dengan kulit dari tepung, lalu dipanggang. Bakpia pathuk dulunya hanya berisi kacang hijau, sekarang ini isiannya sudah berkembang, ada durian, keju, coklat dan rasa-rasa modern lain. Sehingga oleh-oleh khas Jogja ini semakin digemari oleh wisatawan.

Nasi Goreng Beringharjo

Makanan Khas Jogja - Nasi Goreng Beringharjo
wisatakulinerjogjaindonesia.blogspot.com

Nasi goreng sudah dikenal umum di Indonesia. Ada banyak sekali varian dari makanan ini. Namun, Jogja punya nasi goreng Beringharjo yang menjadi salah satu makanan khas Jogja.

Dalam satu porsi penyajian nasi goreng ini berisi irisan kol, acar, tomat, telur dadar, seledri, cabe dan tambahan-tambahan lain.

Soto Kadipiro

Makanan Khas Jogja - Soto Kadipiro
pakettourjogja.com

Hampir semau daerah di Indonesia punya soto khas-nya masing-masing. Seperti Kudus dengan Soto Kudusnya dan Lamongan dengan Soto Lamongannya, begitu juga Jogja. Daerah ini punya soto khas yang diberi nama soto kadipiro.

Soto ini sangat disukai oleh rakyat Jogja, karena rasanya yang mantap, yang berasal dari bumbu yang diwariskan turun-temurun dari pembuat pertamanya kepada anak turunnya. Sehingga rasanya tetap terjaga standar kualitasnya.

Sate Buntel

Makanan Khas Jogja - Sate Buntel
kulinernasional.com

Makanan khas Jogja satu ini tercipta disekitar tahun 1948 oleh Lim Hwe Youe, dimana saat itu dia mencoba membuat inovasi sate yang berbeda dari yang lain. Jika sate pada umumnya ditusuk dengan bambu, Lim Hwe membuat sate satu ini dengan mencacah dagingnya terlebih dahulu baru kemudian dibungkus dengan lemak kambing.

Perlu diketahui, daging yang dipakai di sate satu ini adalah bagian daging yang keras, dan biasanya tidak dimanfaatkan. Dengan adanya pencacahan sampai halus membuat daging yang keras tadi menjadi lembut dan enak untuk bisa disantap.

Sate buntel disajikan dengan terlebih dahulu dibakar menggunakan bumbu rempah. Biasanya sate ketika akan dimakan atau disajiakn dilepaskan dulu dari tusuknya, berbeda dengan sate buntel ini, dia disajikan begitu saja bersama tusuknya, dan bisa langsung dimakan tanpa mencopotnya dari tusuknya. Kalau dibayangkan seperti saat makan paha ayam.

Sate buntel ini ada kembarannya, yaitu sate lilit Bali.

Sate Petir

Makanan Khas Jogja - Sate Petir
gudeg.net

Setelah sate kere, makanan khas Jogja lainnya yang masih dari keluarga sate adalah sate petir. Dinamakan demikian karena rasa pedasnya yang menyambar-nyambar seperti petir.

Tingkat kepedasan dari sate ini bisa diatur sesuai keinginan. Bisa memilih antara dua sampai 25 cabe yang digunakan. Sate ini menggunakan daging kambing sebagai bahannya.

Tempat yang terkenal untuk menikmati sate petir adalah di sate petir Pak Nano, yang hanya buka 4 jam saja, yaitu dari jam 12 siang sampai jam 4 sore. Letaknya adalah di timur dari jembatan kali Bedok.

Mangut Lele

Makanan Khas Jogja - Mangut Lele
goodindonesianfood.com

Makanan satu ini hampir sama dengan mangut yang berasal dari Jawa Tengah, lebih tepatnya mangut beong dari Magelang.

Sama-sama mangut, hanya beda dijenis ikannya saja. Makanan khas Jogja satu ini menggunakan ikan lele sebagai bahan uatamanya. Nah, sekarang apa mangut itu? Mangut adalah bumbunya. Bumbu mangut ini terdiri dari bawang merah dan putih, jahe, lengkuas, kunyit dan cabai, bahan tadi diulek sampai halus.

Lele yang dimasak menjadi mangut tidak melalui proses penggorengan. Melainkan dengan dipanggang dengan menggunakan bilah-bilah bambu.

Nasi Goreng Kalkun

Makanan Khas Jogja - Nasi Goreng Kalkun
pegimakan.id

Satu lagi nasi goreng khas Jogja. Jika sudah mencicipi nasi goreng Beringharjo dan ingin mencoba nasi goreng lain, ini bisa jadi salah satu opsinya.

Seperti namanya, nasi goreng satu ini diberi tambahan daging kalkun sebagai pelengkap. Mantap!

Mie Lethek

Makanan Khas Jogja - Mie Lethek
kooliner.com

Olahan mie satu ini berasal dari Bantul. Jika dilihat hanya dari tampilannya saja, mie lethek tidak kelihatan menarik dan kelihatannya tidak enak, namun jika sudah mencoba dan mencicipinya, maka pandangan awal tadi akan sirna, karena sebenarnya rasanya juara.

Mie lethek ini bisa diolah menjadi bermacam-macam, bisa jadi mi rebus atau bisa juga dibuat menjadi mie goreng.

Penamaan mie ini berasal dari warnanya yang lethek, yaitu penyebutan kotor dalam bahasa masyarakat sekitar. Kenapa warnanya bisa kotor? Jawabannya adalah karena mie lethek ini diproduksi tanpa mengguanakan campuran bahan kimia ataupun pewarna makanan.

Dalam penyajian biasanya akan ditambahkan sayur-sayuran, daging suwir, dan telur ayan\m kampong atau telur bebek.

Kipo

Makanan Khas Jogja - Kipo
tamasyaindie.wordpress.com

Berasal dari salah satu sudut kota Jogja, yaitu Kotagede. Bahan dasar pembuatnya adalah beras ketan dan gula.

Proses pembuatannya sangatlah sederhana. Gula jawa akan dicampur dengan parutan kelapa, kemudian dicampur. Baru setelah itu dibungkus dengan adaonan tepung beras ketan. Sebelumnya tepung beras ketan biasanya akan diwarnai hijau dengan mengguanakan pewarna alami daun pandan.

Sate Kuda

Makanan Khas Jogja - Sate Kuda
vebma.com

Dari namanya sudah tahukan makanan macam apa ini? Ya , sate yang mengguanakan daging kuda. Ini merupakan sebuah sate spesial yang masuk ke dalam daftar makanan khas Jogja.

Makanan-makanan ini juga dijamin bikin ngiler

Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Sup Merah

Makanan Khas Jogja - Sop Merah
bookprimera.com

Warna merah dari makanan satu ini berasal dari pasta cabai yang dimasukkan ke dalamnya, warna dari pasta cabai ini selain membuat warnanya menjadi merah juga membuat rasanya gurih.

Dalam penyajiannya, sup merah diberi bahan tambahan yang cukup banyak, sperti ceker ayam, daging suwir, daun bawang, daun seledri, irisan kubis, wortel, telur rebus dan bahan tambahan lainnya.

Sate Kere

Makanan Khas Jogja - Sate Kere
id.wikipedia.org

Penjual yang terkenal dari sate kere ini berada di Pasar Beringharjo. Sate kere ini selain ada di Jogja juga ada di Solo. Namun keduanya punya perbedaan yang cukup besar. Sate kere di Solo dibuat dari bahan tempe gembos dan kuahnya santan. Sedangkan sate kere Jogja dibuat dari gajih (lemak) sapi.

Sate kere Jogja diproses dengan memberikan bumbu pada gajih sapi dan kemudian dipanggang seperti sate kebanyakan. Biasanya disajikan bersama dengan sambal dan kecap manis.

Nasi Kucing

Makanan Khas Jogja - Nasi Kucing
kotejogja.com

Makanan satu ini mungkin kamu semua sudah tahu, lebih-lebih untuk kamu yang sering nongkrong di angkringan. Ya, makanan satu ini merupakan salah satu primadona yang ada di angkringan. Dan juga sebagai opsi makanan murah yang bisa dipilih ketika dompet tipis.

Nasi kucing bukanlah nasi untu kucing. Namun lebih karena porsinya yang sedikit, seperti mau memberi makan kucing. Dalam satu bungkus nasi kucing biasanya hanya terdapat lauk ikan dan tempe. Namun, selian itu ada juga yang memberi tambahan lauk lain, seperti ayam, telur, mentimun dan lain-lain. Nasi ini biasa dibungkus menggunakan daun pisang.

Ada satu variasi dari nasi kucing, yaitu nasi macan (sego macan). Sego macan ini punya prosi yang lebih banyak dari nasi kucing, sekitar tiga kali lebih banyak dari porsi nasi kucing. Dari segi lauk dan pembungkus kedua kakak adik ini sama, perbedaan dari keduanya hanya dari segi ukurannya saja.

Sego Abang Lombok Ijo

Makanan Khas Jogja - Sego Abang Lombok Ijo
streamberita.blogspot.com

Bahasa Indonesianya adalah Nasi Merah Cabai Hijau. Sesuai nama, hidangan khas Jogja ini berupa nasi merah yang diberi tambahan sayur lodeh cabai hijau. Selain itu juga ditambah lauk lainnya, seperti tahu, tempe, ayam goreng, pepes, botok, gudeg daun papaya, empal goreng, ayam kampong goreng dan lain sebagainya. Selain itu dalam penyajiannya biasanya juga ditambahkan sambal bawang, yang membuatnya jadi tambah nikmat untuk disantap.

Gatot

Makanan Khas Jogja - Gatot
amrantrans.com

Jajanan satu ini merupakan sebuah jajanan khas Jogja yang biasa ditemui di pasar-pasar tradisional. Bahan utamanya adalah ketela. Dan oleh masyarakat Jogja yang bosan untuk makan nasi, biasanya memilih kudapan satu ini sebagai gantinya.

Proses untuk jadi gatot yang siap dimakan waktunya cukup lama. Karena dari bahan ketela sampai menjadi gatot perlu bebrapa kali proses, seperti penjemuran, perendaman, fermentasi dan lain-lain.

Makanan khas jogja satu ini memiliki rasa yang khas, yaitu manis dan legit. Dan untuk menambah kenikmatan saat memakannya, biasanya ditambahi dengan parutan kelapa.

Dalam penyajiannya biasa ditambah sayuran atau yang lainnya, karena gatot ini sering dipakai untuk mengganti nasi.

Bakmi Jawa

Makanan Khas Jogja - Bakmi Jawa
tuguwisata.com

Hidangan satu ini hampir sama dengan bakmi-bakmi pada umumnya. Hanya ada beberapa perbedaan kecil. Salah satunya adalah penggunaan mie yang lebih besar ukurannya daripada ukuran mie pada bakmi yang lain.

Penyajiannya biasanya dengan ditambah kembang kol dan juga daging ayam yang dipotong besar-besar. Dan sering juga diberi tambahan bawang goreng, sehingga aromanya tambah sedap.

Entok Slenget

Makanan Khas Jogja - Entok Slenget
slemanonline.com

Entok adalah nama lain dari itik. Dan makanan yang satu ini sudah terkenal di Jogja. Salah satu dari beberapa penjual entok yang paling direkomendasi adalah entok slenget, yang letaknya ada di Pasar Agropolitan Pules.

Penjualnya bernama Kang Tanir, beliau dikenal ahli dalam memasak entok yang dagingnya terkenal alot.

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Makanan Khas Jogja - Oseng-oseng Mercon
ksmtour.com

Mercon yang dimaksud di sini adalah dari rasa pedasnya. Oseng-oseng ini sebenarnya merupakan oseng-oseng yang berbahan dasar daging sapi, kikil dan gajih. Namun karena rasa pedasnya yang meledak-ledak seperti mercon, nama mercon itulah yang tekenal.

Dan salah satu tempat yang menjual oseng-oseng mercon yang paling terkenal diJogja yaitu oseng-oseng mercon bu Narti.

Selain dibuat dari daging sapi dan lainnnya, makanan khas Jogja satu ini bisa juga dibuat dari daging ayam, ati ampela, dan lain-lain.

Sate Klatak

Makanan Khas Jogja - Sate Klatak
singgahjogja.wordpress.com

Satu lagi makanan khas Jogja yang merupakan sate. Sate ini berbahan dasar daging kambing muda. Potongan daging kambing muda akan dibumbui dengan garam untuk kemudian dibakar di atas arang. Dan akan disajikan dengan penambahan kuah gulai.

Ada stu hal yang memebedakan sate satu ini dari sate-sate lainnya, yaitu dari tusuk satenya. Jika biasanya sate  ditusuk dengan bambu, sate klatak ini ditusuk mengguanakan jeruji roda sepeda.

Penamaan sate klatak ini konon berasal dari bunyi daging kambing yang bersentuhan dengan arang, yang bunyinya terdengar “klatak-klatak-klatak”.

Belalang Goreng

Makanan Khas Jogja - Belalang Goreng
bakpiamutiarajogja.com

Makanan ini asli dari Gunungkidul. Banyak yang merasa geli ketika mengetahui makanan satu ini. Padahal belalang punya kandungan gizi yang sangat baik.

Tekstur dari belalng goreng ini gurih dan renyah, sehingga bebrapa orang akan merasa ketagihan setelah mencobanya. Dalam memasak belalang goreng, diberikan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, cabai dan ketumbar.

Tiwul

Makanan Khas Jogja - Tiwul
gayahidup.republika.co.id

Tiwul ini berasal dari gaplek. Gaplek adalah singkong yang dijemur hingga kering. Untuk menjadi tiwul, gaplek akan ditumbuk hingga halus dan kemudian akan dikukus hingga matang.

Dulunya makanan ini diidentikan sebagai makanan untuk kalangan bawah dan sebagai bentuk potret kemiskinan. Namun, sekarang dia sudah naik kelas. Tidak hanya masyarakat bawah saja yang memakannya, tapi juga dari kalangan ataspun ikut-ikutan memakannya.

Sekarang ini sudah ada tiwul instan, yang membuat setiap orang mudah untuk makan tiwul kapanpun dia ingin.

*******

Sebenarnya masih ada beberapa makanan khas Jogja yang belum tertulis di sini. Semoga bisa segera dituliskan. Kalau kamu ada masukan tentang makanan khas Jogja yang belum ketulis, komen ya. Sekian. Terima kasih. Salam.

Tinggalkan komentar