Makanan Khas Jawa Timur | Enak, Nikmat, Mantap dan Lezat

Setelah dipost yang lalu membahas tentang makanan khas Jawa Tengah, di postingan kali ini, masih membahas tentang makanan khas daerah. Tapi kali ini bergeser ke timur dari Jawa Tengah, apalagi kalau bukan Jawa Timur, yang tentunya punya makanan khas Jawa Timur.

Banyak makanan lezat, nikmat dan mantap yang bisa kita temukan saat berkunjung ke Jawa Timur. Oke, langsung saja kita nikmati saja sajian makanan khas Jawa Timur.

Makanan Khas Jawa Timur – Bakso Malang

Makanan Khas Jawa Timur - Bakso Malang
nibbel.id

Pertama, kita berkunjung dulu ke Malang, kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur. Di kota dingin ini ada makanan yang bisa menghangatkan tubuhmu. Yaitu bakso. Sesuai nama daerahnya, bakso ini dinamai dengan nama Bakso Malang.

Ada beberapa perbedaan dari bakso Malang dengan bakso pada umumnya. Di bakso Malang kamu akan menemukan bakso dalam jenis yang banyak. Ada bakso urat, bakso telur, bakso biasa, bakso goreng dan lainnya. Jika mau kamu juga bisa menambah pangsit, bisa pangsit kering maupun basah, ati, ampela, tahu, lontong, mie atau bisa juga menabah siomay ke dalam baksonya. Mantap!

Lontong Kupang

Makanan Khas Jawa Timur - Lontong Kupang
travelingyuk.com

Walaupun di dalam namanya ada penyebutan Kupang, makanan satu ini bukan berasal dari Kupang, NTT, melainkan berasal dari Jawa Timur.

Terus kenapa dinamai dengan lontong kupang? Jadi gini ceritanya, bahan utama dari pembuatan makanan khas Jawa Timur satu ini adalah kupang. Nah kupang ini merupakan hewan laut yang bentuknya seperti kerang dan ukurannya kecil, hanya sebesar biji kedelai atau beras.

Dalam memasak kupang, proses pertama adalaha mengupas kupangnya terlebih dahulu. Setelah itu baru dimasak bersama bumbu-bumbu. Dalam penyajiannya, makanan yang rasanya nikmat ini biasa menggunakan lontong (ya iyalah, kan namanya lontong kupang), kemudian ditambahkan kuah yang terbuat dari petis. Supaya lebih nikmat, bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis.

Nasi Krawu

Makanan Khas Jawa Timur - Nasi Krawu
id.openrice.com

Sekarang kita menuju ke kota yang terkenal dengan semen-nya ini, yaitu Gresik. Wilayah yang juga terkenal dengan adanya hewan rusa bawean ini punya sebuah sajian kuliner yang nikmat. Yaitu nasi krawu.

Makanan satu ini wajib ada dalam list-mu, jika kamu sedang berkunjung ke Gresik. Karena apa? Rasanya itu, enak, mantap, nikmat dan lezat.

Makanan khas Jawa Timur satu ini terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain daging sapi dan jeroannya, serundeng dan sambel terasi. Dan ciri khas nasi ini dalam penyajiannya adalah dengan masih menggunakan alas daun pisang.

Sambel Wader

Makanan Khas Jawa Timur - Sambel Wader
travelingyuk.com

Ini adalah salah satu jenis sambel dari banyak jenis sambel yang ada di Indonesia. Sambel satu ini berasal dari Mojokerto, sebuah kota yang letaknya hanya 50 km dari Surabaya.

Seperti namanya, makanan satu ini bahan utamanya apalagi kalau bukan cabe dan wader. Kamu tahu apa itu wader? Wader adalah sejenis ikan yang biasa hidup di sungai. Dan ukurannya kecil-kecil.

Meski ukuran dari ikannya kecil-kecil, namun soal rasanya jangan ditanya lagi. Pasti mantap dan lezat. Proses pembuatan makanan khas Jawa Timur satu ini cukup sederhana. Kita hanya tinggal menggoreng ikan wader sampai mateng. Kemudian baru ditambah sambel, dan siap untuk disajikan.

Pecel Lele – Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur - Pecel Lele
menjual;kerupuk.com

Nah, makanan ini tentu banyak dari kita yang sudah tahu. Karena banyak sekali penjual dari makanan ini yang tersebar diberbagai kota. Kuliner satu ini berasal dari Lamongan.

Dan sesuai namanya, menu utamanya adalah ikan lele. Saat disajikan lele ini dalm kondisi matang karena adanya penggoregan. Akan lebih nikmat kalau kita memakannya bersama nasi hangat, terus ditambah sambel dan lalapannya.

Soto Lamongan – Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur - Soto Lamongan
tokomesin.com

Satu lagi makanan  khas Jawa Timur yang berasal dari Lamongan. Soto satu ini memiliki bebrapa perbedaan dengan soto-soto jenis lain. Seperti soto betawi, soto kudus, soto padang dan lain sebagainya. Di soto lamongan kita akan menemukan apa yang disebut dengan koya. Koya adalah semacam serbuk yang rasanya gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih.

Sego Tempong

Makanan Khas Jawa Timur - Sego Tempong
travelingyuk.com

Makanan satu ini asalnya dari Banyuwangi, daerah yang terkenal dengan kawah Ijen-nya.

Asal usul dari penamaan sego tempong adalah dari penggabungan dua suku kata. Sego yang artinya nasi. Dan tempong yang berarti tampar, mungkin karena rasa pedasnya yang membuat siapa yang memakannya seperti ditampar.

Kuliner satu ini terdiri dari nasi dan bebrapa sayuran pelengkap. Bebrapa sayuran yang akan kamu temui antara lain bayam, kemangi dan kenikir. Dan jangan lupakan sambelnya, yang pedasnya nempong (nampar).

Kamu juga bisa menambahkan lauk, bisa dipilih antara ayam goreng, tahu, tempe maupun bakwan jagung.

Bebek Sinjay

Makanan Khas Jawa Timur - Bebek Sinjay
travelingdulu.com

Sekarang kita cicipi kuliner dari Madura, tepatnya daerah Bangkalan. Dilihat dari namanya sudah bisa ditebak seperti apa makanan ini. Tentu saja olahan bebek.

Bebek sinjay ini memiliki kenikmatan tersendiri saat kita mencicipinya. Tidak akan kita temukan bau amis darinya, dan juga dagingnya terasa empuk. Paling nikmat, makanan khas Jawa Timur satu ijni dinikmati bersama nasi hangat dan kremesan, plus ditambah sambel pencitnya, yaitu sambel yang terbuat dari manga muda. Mantap!

Baca Ini Bikin Tambah Ngiler

Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Sate Madura – Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur - Sate Madura
indonesiakaya.com

Satu lagi makanan Madura yang masuk ke dalam daftar makanan khas Jawa Timur. Dan makanan satu ini sudah sangat umum ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Bahkan, kalau kita lihat di televisi atau di media-media lainnya, orang yang menjual sate umumnya akan digambarkan sebagai orang Madura.

Selain sate ayam, termnyata sate Madura juga punya sate kambing. Kalau untuk sate kambing, di gerobak penjualnya biasanya akan ditemui kaki kambing yang digantung.

Proses pemanggangan sate Madura biasanya masih menggunakan arang dari batok kelapa. Sate satu ini disajikan dengan guyuran bumbu kacang sebagai sausnya. Bumbu kacang yang dipakai merupakan bumbu kacang yang halus. Jadi kacangnya ditumbuk sampai halus dengan menambahkan petis dan bawang putih.

Gethuk Pisang

Jika bisanya getuk terbuat dari singkong. Makanan satu ini berbeda, sesuai dengan namanya, ia terbuat dengan bahan dasar pisang. Dan pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang raja nangka.

Jajanan satu ini merupakan jajanan khas Kediri. Dia memiliki rasa yang manis dan ada rasa asam-asamnya yang khas. Teksturnya agak keras namun lembut, sehingga sangat nikmat jika digunakan sebagai teman minum kopi ataupun teh.

Nasi Tumpang

Satu lagi makanan khas Kediri. Nasi tumpang atau sego tumpang ini diberi nama seperti itu karena menggunakan sambal tumpang.

Sambal tumpang ini terbuat dari tempe yang sudah tua hingga basi (orang Jawa menyebutnya tempe bosok). Tmpe itu dimasak dengan dicampur daging ayam, namun ada juga yang memakai krupuk kulit sapi (rambak).

Tahu Tek

Tanpa dijelaskan lagi, tentu saudfah tahu bahan dasar dari makanan satu ini. Tahu tek ini merupakan tahu yang digoreng setengah matang, kemudian diberi tambahan bahan-bahan lain, seperti kentang goreng, timun, tauge dan lontong.

Setelah itu, kemudian akan disiram dengan bumbu. Bumbunya ini terbuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan petis, keduanya dihaluskan bersama.

Lodho Ayam

Tulungagung, itulah asal dari makanan khas Jawa Timur satu ini. Bahan dasarnya adalah ayam, ayam ini dimasak dengan bumbu dari resep turun temurun. Jadi soal rasa, sudah terjamin kelezatannya.

Makanan satu ini pujnya dua varian. Yaitu kuah encer dan kuah kental. Kalau soal rasa, keduanya sama-sama punya rasa yang matap, nikmat lezat dan enak. Apalagi jika kita memakannya bersama dengan nasi hangat, atau bisa juga sebagai pendamping tiwul. Mantap!

Gado-Gado

Inilah makanan sehat dari Jawa Timur. Bahan-bahan yang dipakai cukup sederhana, antara lain sayuran, telur, tahu, tempe, kentang dan ada juga yang menambahkannya dengan ketupat. Kemudian di atas bahan-bahan tadi dituang dengan bumbu kacang, sehingga rasanya menjadi semakin mantap dan lezat.

Makanan Khas Jawa Timur – Rawon

Makanan Khas Jawa Timur - Rawon
foody.id

Siapa yang tidak kenal dengan lezatnya rawon ini. Keterkenalan rawon, bisa dibilang hampir mirip dengan terkenalnya pempek sebagai makanan khas Palembang.

Di daerah Jawa Timur, yang terkenal dengan rawonnya adalah daerah Pasuruan. Makanan yang memiliki ciri khas kuahnya yang hitam ini tambah nikmat jika dinikmati bersama nasi, dengan tambahan kerupuk dan bawang goreng.

Makanan khas Jawa Timur ini biasanya terdiri dari tauge, daging sapi, telur dan juga sayuran. Di atas disebutkan bahwa ciri khas dari makanan satu ini adalah kuahnya yang berwarna hitam, nah warna hitam ini didapatkan dari penggunaan kluwek dalam proses pembuatannya.

Makanan Khas Jawa Timur – Rujak Cingur

Makanan Khas Jawa Timur - Rujak Cingur
menjualkerupuk.com

Makanan ini sudah ditulis di postingan tentang makanan khas daerah. Dan memang ini merupakan primadona dari makanan khas Jawa Timur.

Jika biasanya kita makan rujak isinya buah yang dikasih sambel. Rujak satu ini beda, buah diganti dengan cingur. Cingur adalh penyebutan untuk mulut sapi. Namun selain cingur ada juga bahan lainnya yang ditambahkan, yaitu sayur-sayuran.

Dan salah satu rahasia kelezatan kudapan satu ini adalah dibumbu kuahnya. Bumbunya terbuat dari petis, gula merah, cabe dan kacang tanah goreng yang diulek (halsukan) dengan penambahan sedikit air.

Brem

Jajanan satu ini biasa ditemui sebagai oleh-oleh bagi yang sudah berkunjug ke Jawa Timur, khususnya Madiun. Makanan satu ini terbuat dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Sari ketan yang dimasak tadi sudah melalui proses fermentasi terlebih dahulu, selama kurang lebih satu malam.

Rujak Soto

Sebenarnya ini rujak atau soto? Jawabannya adalah kedua-duanya. Memang masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya punya kebiasaan untuk menggabungkan dua makanan menjadi satu. Contohnya saja pecel rawon, perpaduan pecel dengan rawon.

Dan rujak soto ini merupakan salah satu dari hasil penggabungan itu. Rujak soto adlah penggabungan dari rujak dan soto. Tapi tunggu dulu, jangan langsung dibayangkan campuran rujak dan soto begitu saja. Rujak dan soto yang digunakan di sini adalah rujak sayur yang dicampur dengan soto babat. Sehingga terciptalah makanan khas Jawa Timur satu ini yang punya rasa yang khas dan unik. Mantap!

Ledre

Bentuknya mirip kue semprong, panjang dan bolong ditengahnya, mirip pipa. Jajanan satu ini berasal dari Bojonegoro. Dan biasanya jajanan satu ini dibawa oleh orang yang berkunjung ke Bojonegoro sebagai oleh-oleh.

Kudapan satu ini komposisinya terdiri dari campuran tepung beras dan pisang raja, santan, minyak kacang, gula pasir dan telur. Dimasak dalam bentuk lembaran tipis, baru kemudian setelah matang atau berwarna kecoklatan digulung menjadi semacam pipa.

Tekstur dari jajanan satu ini renyah. Dan sangat cocok jika dipakai unutk menemani minum kopi atau sebagai kawan minum teh.

Pecel

Makanana satu ini sudah terkenal kelezatannya. Banyak orang yang suka pada makanan khas Jawa Timur satu ini. Di wilayah Jawa Timur sendiri ada beberapa jenis pecel dari daerah yang berbeda, dengan ciri khas yang berbeda pula antar daerah. Contohnya ada pecel khas Kediri, pecel khas Jember dan ada juga pecel khas Malang, dan bebrapa pecel khas daerah lain.

Pecel ini biasanya terdiri dari bermacam sayur-sayuran yang kemudian diguyur dengan kuah yang terbuat dari bumbu kacang. Dan biasanya ada penambahan lauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, bakwan maupun kerupuk.

Lontong Balap – Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur - Lontong Balap
travelingyuk.com

Meski namanya ada balap-balapnya, kamu nggak usah terburu-buru makan makanan satu ini. Santai aja, dinikmati setiap kunyahan yang membawamu merakan kelezatan salah satu makanan khas Jawa Timur satu ini.

Lontong balap ini biasanya terdiri dari banyak bahan-bahan, ada lontong (pasti, sesuai namanya), tahu goreng, kecap, lenthok, bawang gorang, tauge, dan jangan lupakan juga sambal. Kemudian diguyur dengan kuah yang rasanya mantap, nikmat lezat dan enak.

Dulunya penjual makanan satu ini berjualan dengan cara memikulnya, namun sekarang sebagian besar sudah menetap dan menempati kios-kios. Walaupun tidak menutup kemungkinan masih ada yang menjualnya dengan memilkul, namun presentasenya sangat kecil.

*******

Itulah tadi jalan-jalan kulineran kita untuk post kali ini. Mantap, nikmat, lezat dan enak-kan makanan khas Jawa Timur? Udah nggak usah kelamaan mikir, setelah mencoba makanan khas Jawa Tengah, sekarang waktunya pergi ke Jawa Timur. Selain wisata kuliner, bisa juga nikmati wisata-wisata lain yang ada di Jawa Timur. Sekian dari kami. Salam.

Tinggalkan komentar