Makanan Khas Jawa Barat Yang Wajib Kamu Coba | Lezat – Mantap – Nikmat – Enak !!!

Makanan Khas Jawa Barat – Ayo berkunjung ke Jawa Barat! Daerah ini punya beberapa spot wisata yang layak untuk dikunjungi, selain itu daerah ini juga punya makanan khas yang tentunya mantap, nikmat, lezat dan enak-enak. Apa saja makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba? Berikut daftarnya.

Makanan Khas Jawa Barat – Soto Kuning

Makanan Khas Jawa Barat - Soto Kuning
food.detik.com

Kita awali kulineran kali ini dengan soto kuning. Kenapa dinamakan soto kuning? Ya karena warna kuahnya kuning. Warna kuning ini didapat dari penggunaan kunyit pada bumbu kuahnya.

Makanan khas Jawa Barat pertama ini asalnya dari Bogor. Dan dalam penyajiannya, dilengkapi dengan macam-macam daging, seperti ayam, sapi atu juga bisa ditambah babat.

Semua daging-daging itu akan terasa lembut dilidah. Dan dengan tambahan dari kuah kuningnya, akan membuat rasanya semakin nikmat dan mantap. Sebagai orang Indonesia yang kecanduan nasi, akan kurang nikmat jika kita makan soto kuning ini tanpa adanya nasi. Dan jangan lupa juga tambahkan sambal, dan kita akan mendapat rasa makanan yang WOW.

Makanan Khas Jawa Barat – Dorokdok

Makanan Khas Jawa Barat - Dorokdok
travelingyuk.com

Jika ditanya dari mana penamaan ini berasal, jawabannya adalah dari suara yang dibunyikan ketika memakannya. Dorok dok, itulah bunyi dari makanan satu ini ketika dimakan, suara yang muncul karena kerenyahannya yang beradu dengan barisan gigi-gigi kita.

Makanan khas Jawa Barat satu ini berasal dari Garut. Dia dibuat dengan bahan dasar kulit sapi, dengan bentuk memanjang. Namun bisa juga dengan kulit yang lain. Namun tentunya akan berpengaruh dari segi rasa. Contohnya, jika yang digunakan adalah kulit sapi, rasa yang dihasilkan adalah renyah dan gurih. Sedangkan jika dibuat dari kulit kerbau maka yang didapat adalah dorokdok denganrasa manis dan gurih.

Karedok

Makanan Khas Jawa Barat - Karedok
masakansunda.wordpress.com

Kuliner satu ini hampir punya kemiripan dengan makanan khas Jawa Tengah, yaitu gado-gado dan pecel. Perbedaan yang ada cuma dari sayuran yang dipakai, jika di gado-gado atau pecel sayurannnya direbus terlebih dahulu. Sedangkan karedok sayurannya mentah.

Jenis sayur-sayuran yang dipakai dala pembuatan karedok antara lain adalah kacang panjang, tauge, terong, kol, daun kemangi dan masih banyak yang lainnya. Sayur-sayuran tadi dipotong kecil-kecil kemudian ditambah guyuran bumbu kacang. Walapun sayuran yang dipakai mentah, dengan tambahan bumbu kacang, rasanya akan nikmat, akan muncul rasa pedas dari bumbu kacangnya, sehingga terjadilah perpaduan yang pas dan nikmat dari keduanya. Dan terciptalah karedok yang nikmat, mantap, lezat dan enak.

Tahu Gejrot – Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Gejrot

Makanan satu ini terlihat sederhana. Namun jangan salah sangka dulu, walaupun kelihatannya sederhana, rasa yang dimiliki makanan khas Jawa Barat ini sungguh nikmat dan lezat.

Kudapan satu ini dibuat dari tahu yang digoreng, dimana tahu yang digunakan merupakan tahu yang memiliki tekstur yang lebih berisi. Setelah itu, tahu goreng tadi diguyur dengan kuah asam pedas, yang komposisi di dalamnya terkandung cabe rawit. Sehingga rasa yang akan didapat ketika memakan makanan satu ini adalah perpaduan dari manis, gurih dan pedas. Pokoknya mantap!

Lontong Kari

Makanan Khas Jawa Barat - Lontong Kari
resepdanmasakan.com

Jika kita dengar kata lontong, yang terlintas dipikiran kita adalah lontong dengan saus bumbu kacang. Namun untuk makanan khas Jawa Barat satu ini yang digunakan bumbu kacang, melainkan kuah kari.

Meski hampir mirip dengan lontong kebanyakan, lontong satu ini memiliki citarasa yang khas. Dengan adanya kuah bumbu kari, membuat rasanya gurih dan lebih enak untuk dimakan, karena adanya aroma dagingnya. Untuk kari yang digunakan, bisa dengan kari yang dibuat dengan daging ayam ataupun kari daging sapi.

Dalam penyajiannya, lontong kari biasa ditambah telur rebus dan diberi taburan kedelai goreng dan bawang goreng. Namun, tidak akan terasa lengkap jika kita makan lontong kari tanpa adanaya kerupuk, dengan adanya kerupuk lontong kari akan menjadi semakin nikmat dan lezat.

Asinan Bogor

Makanan Khas Jawa Barat - Asinan Bogor
indonesiakaya.com

Sesuai namanya, makanan khas Jawa Barat ini asalnya dari Bogor juga, sama seperti soto kuning tadi. Walaupun sama-sama asinan, asinan Bogor ini beda ya dengan asinan Betawi. Asinan bogor ini punya satu ciri khas, yaitu kuahnya yang berwarna merah, yang didapat dari warna cabai merah yang digunakan sebagai salh satu bahan kuahnya. Soal rasanya, jangan tanya lagi, pasti pedas.

Makanana khas Bogor ini punya tiga jenis, yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan yang ketiga adalah campuran dari keduanya, yaitu asinan buah dan sayuran. Sayuran yang biasanya dan sering digunakan adalah tauge dan kol yang dipotong menjadi kecil-kecil. Dan untuk buah yang sering digunakan antara lain jambu, salak, nanas, bengkuan dan buah-buah tropis lain.

Baca Yang Ini Dijamin Ngiler!

Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Lepet Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat - Lepet Kuningan
indonesiakaya.com

Lepet pada umumnya sudah biasa kita temui saat perayaan hari besar Islam seperti Idul Fithri ataupun Idul Adha. Namun, jika biasanya lepet yang disajikan itu memiliki warna kekuning-kuningan, berbeda dengan lepet satu ini, ia memiliki warna yang kecoklat-coklatan.

Bahan dasar lepet Kuningan ini sama dengan lepet kebanyakan, yaitu ketan putih, yang akan dicampur dengan parutan kelapa dan diisi dengan kacang, untuk kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa.

Surabi

Makanan Khas Jawa Barat - Surabi
infobdg.com

Makanan satu ini sudah menyebar di seantero Jawa Barat. Dia dibuat dengan bahan dasar tepung beras, dan jika dimasak dengan cara yang tradisional akan mengahasilkan rasa yang lebih nikmat.

Surabi ini memiliki bentuk seperti piring kecil, namun menggunduk ditengahnya. Dan dia memiliki tekstur yang empuk dan rasa utamanya adalah legit.

Sekarang-sekarang ini surabi hadir denagn beragam inovasi toping, padahal dulunya surabi tidak ada topingnya. Toping atau isian yang ada sekarang ada antara lain kornet, ayam, telur, keju dan masih banyak yang lainnya. Yang tentu saja menambah varian rasa dari surabi, dan membuatnya menjadi disukai oleh generasi sekarang.

Makaroni Panggang

Makanan Khas Jawa Barat - Makaroni Panggang
pergikuliner.com

Makaroni memang sudah merata penyebarannya di Indonesia. Namun berbeda dengan makaroni yang merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Bogor ini. Perbedaan yang mendasar adalah karena makaroni Bogor dimasak dengan cara dipanggang.

Makaroni panggang ini ukurannya lebih panjang daripada makaroni pada umumnya. Selain itu, untuk menambah rasa, makaroni Bogor ditambahkan taburan keju dibagian atasnya.

Dodol Garut – Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Dodol Garut
lifestyle.okezone.com

Siapa yang nggak tahu dodol Garut, nama makanan  yang satu ini sudah terkenal dan tersebar luas bahkan mungkin di seluruh Indonesia. Terus darimana dodol ini berasal? Nggak usah ditanya juga udah pada tahu jawabannyakan?

Makanan satu ini punya kembaran yaitu jenang Kudus dari Jawa Tengah. Walaupun sekilas terlihat mirip. Namun, dodol punya tekstur lebih kering daripada jenang. Dan dalam pengemasannya juga beda, jika jenang bentuknya seperti tabung memanjang, sedangkan dodol berbentuk kotak,

Makanan khas dari Garut ini dibuat dengan berbahan tepung ketan, gula merah dan parutan kelapa. Bahan-bahan tadi akan menjadi dodol rasa original. Dan dijaman yang semakin maju ini, bermunculanlah variasi-variasi rasa dari dodol Garut. Ada strawberry, coklat, nanas, wijen, durian dan masih banyak yang lainnya.

Chocodot

Makanan Khas Jawa Barat - Chocodot
indonesiakaya.com

Nah ini merupakan salah satu variasi dari dodol Garut itu sendiri. Chcodot merupakan perpaduan dari coklat dan dodol.

Penemuan makanan unik ini tidaklah disengaja. Kiki Gumelar sang penemu menceritakan, bahwa chocodot ini tercipta ketika dodol jatuh ke dalam adonan coklat, dan setelah dicoba rasanya enak dan unik. Maka sejak itu terciptalah chocodot.

Selain rasa coklat yang biasanya manis. Ada juga rasa coklat pahit dan coklat susu.

Nasi Jamblang Daun Jati

Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Jamblang Daun Jati
garnesia.com

Makanan khas Jawa Barat ini berasal dari Cirebon. Sebuah variasi dari nasi, dimana dia dibungkus dengan daun jati.

Ada sebuah kisah yang menceritakan asal muasal nasi jamblang ini. Dulu ketika jaman penjajahan, saat proyek pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan. Para pekerja dari Cirebon ikut dilibatkan dalam kerja rodi itu. Sehingga seluruh warga desa Jamblang membuatkan konsumsi bagi para pekerja itu, yaitu berupa nasi yang dibungkus daun jati.

Sekarang lauk dari nasi jamblang daun jati sudah berjumlah sekitar 40 jenis, padahal dulunya lauknya hanya tahu, tempe dan sambal saja.

Doclang

Makanan Khas Jawa Barat - Doclang
id.wikipedia.org

Doclang terbuat dari ketupat, telur, tahu dan kentang, dan kemudian diguyur dengan bumbu kacang, dan tidak lupa tambahan kerupuk. Makanan satu ini berasal dari Bogor.

Tauge Goreng

Makanan Khas Jawa Barat - Tauge Goreng
oyinayashi.blogspot.com

Jika kamu mengira bahwa ini makanan yang terbuat dai tauge yang digoreng, maka kamu salah. Walupun namanya tauge goreng, sebenarnya taugenya direbus, tidak digoreng. Penggunaan nama goreng mungkin karena perebusannya menggunakan penggorengan atau wajan.

Selain itu, tidak hanya tauge saja dalam satu porsi tauge goreng. Namun ada juga mie rebus dan ketupat, yang kemudian akan disiram dengan kuah oncom. Yang akan membuat rasa dari makanan satu ini tambah nikmat.

Kuah oncom yang digunakan disini dibuat dengan oncom yang ditambah tauco dan ditambah juga dengan bumbu rempah yang lainnya.

Tahu Kuningan

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Kuningan
indonesiakaya.com

Sama seperti tahu kebanyakan. Hanya saja tahu satu ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur tahunya lebih padat. Akan lebih nikmat jika tahu kuningan ini disantap bersama cabai atau bisa juga sambal.

Tapai Ketan

Makanan Khas Jawa Barat - Tapai Ketan
resepdanmasakan.com

Satu lagi makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Kuningan. Tapai ketan ini dibuat dengan cara mem-fermentasikan beras ketan, baik itu ketan hitam maupun ketan putih.

Dalam proses pembuatannya, biasanya ditambahi dengan pemberian pewarna alami dari daun katuk, supaya memberi warna hijau yang menarik dan alami. Dalam penyajiannya biasanya dengan dibungkus dengan daun pisang, ada juga yang menggunakan daun jambu, namun umumnya yang digunakan adalah daun pisang.

Cireng

Makanan Khas Jawa Barat - Cireng
dimasaritejo.com

Aci goreng. Bahan dasarnya apalagi kalau bukan aci atau nama lainnya tepung kanji. Tepung kanji yang dijadikan adonan ditambahi terigu dan beberapa bumbu-bumbu, seperti merica, bawang putih, garam, daun bawang dan lain-lain. Kemudian setelah jadi adonan baru digoreng.

Adonan tadi akan dibentuk berbentuk bulat, atau bisa juga bentuk yang lain sesuai keinginan sang pembuat, tapi umumnya yang dijual adalah bentuk bulat pipih. Dalam penyajian cireng ini biasa ditambah dengan bumbu kacang ataupun saus.

Rasa dari cireng ini originalnya adalah gurih dan tidak memiliki isi, namun seiring perkembangan jaman munculah iniovasi-inovasi baru dalam hal rasa cireng dan juga isiannya.

Sekarang ini banyak ditemui cireng rasa, seperti sosis, abon, keju, daging sapi, teriyaki dan bahan-bahan lainnya, yang membuat cireng semakin eksis. Selain rasa yang berinovasi, dalam segi bentuk juga ada perkembangan, jika dulunya adalah bulat pipih, sekarang muncul bentuk-bentuk cireng seperti hati, kotak, segitiga dan bentuk-bentuk lainnya.

Batagor – Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat - Batagor
rancahpost.co.id

Sudah banyak ditemui disekitar kita makanan yang satu ini. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Rasa original dari makanan khas Jawa Barat satu ini adalah gurih, namun sekrang berkat perkembangan jaman, lahirlah rasa batagor yang baru.

Dalam penyajiannya, batagor ini diberi tambahan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

Mie Kocok

Makanan Khas Jawa Barat - Mie Kocok
ksmtour.com

Mungkin belum banyak yang tahu tentang mi yang satu ini. Dari segi ke-terkenalan-nya, mie kocok ini sangat jauh jika dibandingkan dengan mie Aceh yang terkenal seantero negeri itu. Namun soal rasa bisa diadu dengan mie-mie lainnya, karena mie ini dicampur dengan telur, yang membuatnya punya citarasa tersendiri.

Dalam satu porsi mie kocok ada mie, telur, sawi dan tambahan-tambahan lain. Engan semakin berkembangnya jaman, sekrang ini mie kocok juga ada yang menambahnya dengan daging atau bakso, sehingga menjadi mirip dengan mie ayam dan bakso. Namun, masih tetap ada perbedaannya, yaitu dari segi kuah dan penambahan telurnya

Nasi Lengko

Makanan Khas Jawa Barat - Nasi Lengko
indonesiakaya.com

Disebut juga sego lengko. Nasi ini sebenarnya bukan hanya terdapat di Jawa Barat, aslinya dia berasal dari wilayah pntai utara perbatasan Jabar dan Jateng, yaitu daerah sekitar Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan lainnya.

Makanan satu ini bahan dasarnya seratus persen non-hewani. Bahannya antara lain adalah, nasi, temped an tahu goreng, timun, tauge, daun kucai, taburan bawang goreng kemudian disiram dengan saus bumbu kacang, dan bisa juga ditambah kecap manis encer.

Makanan Khas Jawa Barat – Tahu Sumedang

Makanan Khas Jawa Barat - Tahu Sumedang
pegipegi.com

Salah satu cemilan yang terkenal dari Jawa Barat. Sebenarnya tidak ada yang membedakan tahu sumedang ini dengan tahu yang lainnya, mungkin hanya dari bentuknya saja yang sedikit berbeda.

Tahu sumedang ini berbentuk kotak-kotak kecil dengan isi yang kosong (kopong). Salah satu yang membuat tahu satu ini istimewa adalah rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut di mulut. Akan menjadi semakin nikmat lagi kalau dimakan bersama saus yang pedas. Mantap!

*******

Itulah tadi makanan khas Jawa Barat yang wajib dicoba jika kapan-kapan kita berkunjung ke sana. Eh, kalau ada yang mau nambahin, kasih tahulah di komen. Oke, sekian dan terima kasih. Salam.

Tinggalkan komentar