Makanan Khas Jakarta Yang Terkenal Kelezatan Rasanya [ Wajib Dicoba ]

Makanan khas Jakarta – Jakarta adalah ibu kota negara tercinta Indonesia. Di kota ini pusat pemerintahan dijalankan. Selain itu tempat ini menjadi tujuan para pencari kerja dari daerah untuk mengadu nasibnya di Jakarta.

Salah satu daya tarik lain Jakarta adalah wisatanya. Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, komplit, mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata edukasi dan jennies-jenis wisata lainnya ada di kota megapolitan ini.

Dan yang tidak kalah menariknya adalah wisata kulinernya. Makanan khas Jakarta punya ragam dan jenis yang banyak, lebih-lebih dari suku Betawi yang meruoakan suku asli yang mendiami wilayah ini, yang tentunya punya citarasa yang unik dan khas. Berikut ini beberapa makanan khas Jakarta atau makanan khas Betawi yang bisa dicoba jika kapan-kapan kamu berkunjung ke kota ini.

Kerak Telor

Makanan Khas Jakarta - Kerak Telor
teraskreasi.com

Tidak asing kan dengan makanan satu ini? Kuliner satu ini sudah menjadi semacam ikon dari makanan khas Jakarta. Coba tanya orang-orang disekitarmu, apa makanan khas Jakarta. Mungkin sebagian besarnya akan menjawab kerak telor. Karena memang makanan satu ini sudah popular ke seantero penjuru Indonesia sebagai makanan khas Betawi.

Dulunya makanan ini hanya beredar di Jakarta dan sekitarnya saja. Namun, dijaman yang sudah sangat maju ini, penjual kerak telor ada di mana-mana. Tidak hanya di daerah di sekatar Jakarta saja. bahkan daerah yang jauh pun juga ada yang menjajakan kudapan lezat satu ini, seperti di Bali misalnya.

Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari campuran beberapa bahan, dengan bahan dasar berupa beras ketan putih, kemudian ada ebi atau udang kering, telur ayam atau telur bebek, bawang goreng. Dan juga diberi bumbu halus yang terdiri dari kelapa sangria, gula, garam, jahe, kencur, merica, dan cabai merah.

Proses pemasakan kerak telor punya keunikan tersendiri. Ia akan dimasak di dalam wajan kecil tanpa minyak, dan dimaask di atas arang. Saat prosesnya sudah setengah matang, kerak telor akan dibalik bersama dengan wajannya, jadi wajannya menghadap ke bawah.

Dari segi rasa, makanan satu ini akan memberikan pengalaman yang baru bagi lidahmu. Rasanya yang gurih ditambah tekstur beras ketannya yang legit, akan membuatmu keenakan dan ketagihan untuk terus memakannya.

Kue Rangi

Makanan Khas Jakarta - Kue Rangi
kabarinews.com

Kue rangi atau biasa disebut juga dengan sagu rangi masuk ke dalam makanan khas Betawi. Makanan ini dibuat dari tepung kanji, yang oleh masyarakat Betawi sering disebut sebagai tepung sagu. Dan ada juga tambahan bahan lainnya, yaitu kelapa parut panggang. Makanan satu ini dimasak dengan dipanggamng di atas api dengan menggunakan cetakan khsusus.

Keberadaan kue satu ini masih bisa ditemui di Jakarta dan daerah sekitarnya, atau bahkan sudah menyebar ke bebrapa kota lainnya. Kue rangi ini disajikan dengan ditambahkan guyuran gula merah cair yang sudah ditambah tepung kanji sehingga menjadi agk kental.

Ketika kamu memakan makanan khas Jakarta satu ini, lidahmu akan mendapatkan perpaduan dua rasa, yaitu rasa gurih dari kuenya dan manis dari gula merahnya. Sebuah perpaduan yang akan membuatmu ketagihan dan ingin terus memakannya. Mantap!

Dodol Betawi

Makanan Khas Jakarta - Dodol Betawi
sewabusanabetawi.blogspot.com

Selain dodol garut, Indonesia juga punya dodol Betawi. Walaupun sama-sama dodol, tentunya dodol dari masing-masing daerah punya kekhususan tersendiri.

Jika dilihat dari tampilan, mungkin kamu tidak akan tertarik dengan makanan satu ini, karena warnanya yang hitam kecoklatan. Namun dari segi rasa dodol Betawi ini punya citarasa yang luar biasa mantap. Selain itu makanan khas Jakarta satu ini juga punya bebrapa varian rasa, yaitu ketan hitam dan ketan putih serta durian.

Dikalangan masyarakat Betawi, kehadiran dodol ini hanya pada saat-saat tertentu saja. Yaitu pada hari-hari besar keagamaan seperti Ramadhan, Idul Fithri maupun Idul Adha, serta ada juga di pesta-pesta Betawi.

Namun jika kamu berkunjung ke Jakarta, kamu tetap bisa mencicipi dan memborong makanan satu ini. Karena dia sudah umum dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta atau Betawi.

Kue Ape

Makanan Khas Jakarta - Kue Ape
indonesiakaya.com

Ada cerita unik tentang penamaan kue ini. Ceritanya bermula ketika orang yang melakukan percobaan membuat kue ini telah selesai membuat kue ini. Kemudian datang orang kedua, dan dia bertanya “ini kue ape, bang?”. Dan dijawab oleh pembuatnya “Ya, kue ape, pake nanye segale!”. Entahlah, nggak tahu apakah cerita ini benar atau tidak.

Kue khas Jakarta satu ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu, serta diberi pewarna hijau dari air daun suji.

Nasi Uduk

Makanan Khas Jakarta - Nasi Uduk
vebma.com

Nasi uduk merupakan makanan khas Jakarta yang biasanya dipakai sebagai santapan untuk sarapan. Nasi uduk ini berbeda dari nasi biasanya dalam proses memasaknya.

Proses memasak nasi uduk dimulai dengan memasak beras menjadi setengah matang (diaron) dengan mengguanakan air santan, daun jeruk, daun salam, laos dan serai. Kemudian baru dikukus hingga matang.

Nasi yang dimasak dengan cara seperti itu akan menciptakan nasi matang yang punya citarasa gurih dan aroma yang lebih harum. Wujud tampilan dari nasi uduk juga berbeda dari nasi umumnya. Dari segi warna, tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak menyatu atau lengket satu sama lainnya.

Penyajian nasi uduk biasanya ditambahkan lauk seperti sambal goreng, orek tempe, orek tahu, ayam goreng, daun kemangi dan lauk pauk lainnya. Setelah diberi lauk, pada bagaian atasnya akan diberi taburan bawang goreng.

Biji Ketapang

Makanan Khas Jakarta - Biji Ketapang
bijibaru.id

Makanan ini merupakan nama sebuah kue, jadi bukan berupa biji-bijian. Kue ini biasanya terbuat dari tepung terigu dan ditambahkan kelapa muda.

Saat kamu memakan kue khas Jakarta satu ini kamu akan mendapatkan kue yang renyah, tapi itu semua tergantung juga sih sama pembuatnya, seberapa jago dia dalam membuatnya.

Geplak Betawi

Makanan Khas Jakarta - Geplak Betawi
indonesiakaya.com

Makanan satu ini mirip tape, dari segi tekstur dan tampilannya. Geplak Betawi ini punya tekstur yang lembut dan tampilannya seperti diselimuti bedak. Sedangkan dari rasanya berbeda, tape punya rasa asam, sedangkan geplak manis.

Penamaan kue ini konon berasal dari proses pembuatannya. Makanan khas Betawi ini dibuat dengan diaduk dengan tangan dan dengan setengah dipukul. Nah, karena ada pukulan inilah yang membuatnya dinamai geplak.

Kue yang satu ini sekarang-sekarang jarang ditemui. Kemunculannya biasanya hanya dipesta-pesta pernikahan adat Betawi. Di mana kue satu ini dibawa sebagai hantaran.

Roti Gambang

Makanan Khas Jakarta - Roti Gambang
sajiansedap.grid.id

Gambang adalah nama untuk alat musik khas Betawi. Kenapa roti ini dinamakan gambang? Karena bentuknya yang disebut-sebut mirip dengan alat musik gambang.

Dulunya roti gambang dibuat menggunakan ragi sebagai pengembangnya. Sedangkan sekarang telah mengalami modifikasi dan penyesuaian jaman, sehingga menggunakan baking powder. Dulunya juga roti ini menggunakan gula pasir, tapi sekarang juga menggunakan gual merah. Dulunya menggunakan bumbu lapis legit, dan sekarang menggunakan bubuk kayu manis.

Hasil modifikasi karena perkembanagn jaman ini membuat roti gambang sekarang memiliki tekstur yang empuk dan lembut, namun tidak selembut roti. Dengan rasa yang manis dan bercampur aroma kayu manis yang khas.

Semur Jengkol

Makanan Khas Jakarta - Semur Jengkol
money.id

Inilah makanan yang sangat dicintai oleh sebagaian orang dan sebagian lainnya tidak menyukainya, apalagi alasannya kalau bukan karena baunya. Semur jengkol merupakan salah satu  makanan yang sampai saat ini masih eksis di Betawi, dan sebagian besar rumah tangga asli Betawi menyukai hidangan satu ini.

Makanan-makanan ini juga nggak kalah enaknya, dijamin bikin ngiler!

Makanan Khas Daerah Indonesia Terlezat

Asinan Betawi

Makanan Khas Jakarta - Asinan Betawi
makananseru.blogspot.com

Setelah di postingan yang lalu ada asinan Bogor, di post kali ini ada asinan Betawi. Perbedaan yang paling kentara di antara keduanya adalah ari segi isinya. Jika asinan Bogor sering ditemui dominan isi buah (walaupun ada asinan sayur), asinan Betawi lebih banyak ditemui dengan isi sayur-sayuran.

Sayuran yang biasanya dipakai seperti kembang kol, selada, sawi, tauge, dan ada biasanya ada tambahan tahu putih dan kacang goreng, serta ada tambahan kerupuk mie kuning. Kuah asinan Betawi ini terbuat dari bumbu kacang yang diberi cuka dan cabe, sehingga terasa lebih segar.

Kue Sagon

Makanan Khas Betawi - Kue Sagon

Kue satu ini seperti menjadi kewajiaban bagi masyarakat Betawi saat lebaran. Ya, kue satu ini menjadi sebuah kue spesial yang seperti harus ada saat lebaran.

Secara tampilan atau wujud bentuknya, mungkin kamu nggak akan mengira kalau makanan khas Jakarta ini memiliki rasa yang lezat dan mantap. Yang akan membuat mulutmu ketagiahan untuk memakannya lagi dan lagi.

Dengan bahan dasar tepung beras ketan dan dicampur parutan kelapa, akan didapat rasa yang manis dengan aroma harum.

Namun, keberadaan kue sagon sebagai makanan khas Jakarta masih ada yang mengganjal. Karena ada banyak daerah yang mengklaim bahwa kue satu ini berasal dari daerahnya. Tapi, nggak usah mikirin itu semua, kita makan saja kue yang enak, lezat, mantap dan nikmat ini.

Akar Kelapa

Makanan Khas Betawi - Akar Kelapa

Satu lagi makanan khas Betawi yang punya nama unik, selain biji ketapang. Seperti biji ketapang yang sebenarnya adalah nama kue, akar kelapa ini juga merupakan nama kue. Jadi bukan akar kelapa dalam arti sebenarnya yang dimakan, tapi kue yang diberi nama akar kelapa.

Tapi, penamaan kue ini dengan nama akar kelapa ada kaitannya juga, sebab dia punya bentuk yang mirip-mirip dengan akar kelapa. Camilan khas Betawi ini yang berbahan dasar tepung ketan dan tepung beras ini punya rasa yang manis bercampur gurih.

Bir Pletok

Makanan Khas Betawi - Bir Pletok
retnoagustin598336131.wordpress.com

Jangan salah sangka dulu dengan namanya. Walaupun ada kata ‘bir’nya, minuman satu ini tidaklah memabukkan seperti bir pada umumnya, karena bisa dipastikan bir pletok ini bebas alkohol.

Bir pletok ini terbuat dari campuran sejumlah rempah, seperti jahe, serai dan daun pandan wangi. Dan jika kita lihat, warna dari minuman khas Betawi satu ini punya warna merah, karena saat proses pembuatannya ditambahkan kayu secang.

Oleh masyarakat Betawi, minuman satu ini dimanfaatkan sebagai penghangat di malam hari. Selain itu bir ini juga bermanfaat untuk menyegarkan karena kandungan di dalamnya tadi, serta jika dikonsumsi rutin bisa untuk memperlancar peredaran darah.

Es Selendang Mayang

Makanan Khas Jakarta - Es Selendang Mayang
dapur.website

Inilah minuman khas Jakarta yang lain. Sajian satu ini dibuat berbahan dasar tepung beras. Dan karena berbahan dasar tepung beras inilah, oleh beberapa orang selain dimanfaatkan untuk menyegarkan tenggorokan, juga dimanfaatkan untuk mengganjal perut yang kelaparan.

Gabus Pucung

Makanan Khas Jakarta - Gabus Pucung
vebma.com

Makanan satu ini sudah menjadi ikon dari Betawi atau Jakarta. Nama makanan ini diambil dari dua bahan utama pembuatnya,yaitu ikan gabus dan buah pucung.

Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu apa dan bagaiman ikan gabus itu. Sedangkan buah pucung banyak yang belum tahu. Buah pucung merupakan nama lain dari kluwek. Udah tahukan apa itu kluwek? Kluwek ini digunakan juga dalam memasak rawon khas Jawa Timur.

Sajian makanan khas Jakarta satu in berupa ikan gabus goreng yang disiram kuah yang berwarna kehitam-hitaman karena ada kandungan buah pucungnya. Hidangan satu ini punya rasa yang gurih, agak asam, segar dan terdapat rasa rtempah-rempah yang kuat.

*******

Itulah makanan khas Jakarta yang punya rasa mantap, nikmat, lezat, sedap dan enak yang wajib kita cicipi. Masih banyak makanan khas Betawi yang belum sempat ditulis di post kali ini. Kalau ada ide makanan apa yang bisa ditambah, komen ya. Sekian dan terima kasih. Salam.

Tinggalkan komentar