Makanan Khas Daerah-Daerah Dari Seluruh Indonesia

Halo semuanya, selamat datang di babacaca. Indonesia ini terdiri dari banyak sekali pulau, budaya, dan adat. Salah satu hasil dari keberagaman itu adalah banyak sekali jenis makanan khas daerah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke semuanya punya makanan khas daerah masing-masing yang berbeda-beda.

Keberagaman tradisi di Indonesia, khususnya dalam hal makanan khas daerah ini membuat Indonesia memiliki kekayaan kuliner. Masing-masing derah punya ciri khas dalam makanan meraka. Dan tentu saja punya cita rasa yang khas dan berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Membahas mengenai cita rasa ini, kita dikenal dengan negeri yang kaya rasa. Kita punya berbagai macam bumbu dan rempah yang jumlahnya sangat berlimpah di seantero Nusantara. Dan keberlimpahan rempah itulah yang dulu membuat bangsa barat masuk ke Nusantara.

Oke, mari langsung saja kita bahas tentang makanan khas daerah yang tentu saja sangat sedap dan nikmat. Ayo makan!

Makanan Khas Sumatera

Pulau yang dulunya disebut dengan “Swarna Dwipa” ini punya berbagai makanan khas sumatera yang tentunya sangat sedap. Untuk kali ini kami tuliskan bebrapa saja, yaitu dari makanan khas Sumatera Barat dan makanan khas Aceh.

Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan khas derah sate padang

Sumatera Barat terdiri dari 19 kota-kabupaten. Salah satunya adalah Padang. Tentu semua sudah tahu tentang makanan khas padang, yang paling terkenal, karena banyak yang menjualnya hampir di seluruh penjuru Indonesia, apalagi kalau bukan nasi Padang. Dimana penyebaran nasi padang hingga dikenal di seluruh Indonesia berkat jasa rumah makan masakan padang.

Namun untuk kali ini kami akan menuliskan makanan khas Padang yang lain, yaitu sate Padang. Belum banyak yang tahu jika Padang juga punya sate yang khas. Kebanyakan orang tahu kalau disebut sate, yang terlintas pertama dipikiran meraka karena yang sering dilihat adalah sate Madura. Padahal banyak sekali sate-sate khas dari daerah-daerah di Indonesia. Salah satunya sate Padang.

Sate Padang ini berbahan dasar daging sapi, selain itu dibeberapa tempat yang biasa jual juga ada tambahan lain. Seperti lidah sapi, dan juga jeroan, yang terdiri dari jantung, usus dan paru sapi.

Sate Padang ini disajikan dengan diguyur kuah, yang dibuat dari bahan kuah kaldu yang kaya akan bumbu, antara lain jahe, serai, cabe merah, kuntyit, bawang merah-putih dan laninnya. Kladu sapi tadi dimasak dengan ditambah tepung beras, sehingga menjadi lebih kental.

Jika kita membeli sate Padang ini dipenjual-penjual pinggir jalan, kita akan dapat sate padang plus ketupat, yang akan tertutupi kuah kental yang biasanya diberikan dalam jumlah sangat banyak. Dimana kuahnya itu akan menutupi hampir seluruh permukaan ketupat dan satenya. Sedaaaappp.

Dengan bumbu kuah yang mengandung cabe dan bumbu lainnya, maka saat memulai makan kita akan mendapatkan citarasa yang pedas dan gurih. Dan jika kita mencoba mencium baunya, maka yang dominan adalah bau dari kunyit dan serainya, yang tentu saja menambah kesedapan saat memakan satenya yang empuk.

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Derah - Manisan Pala

Salah satu makanan khas daerah yang letaknya berada di ujung pulau Sumatera yang sudah dikenal banyak orang adalah Mie Aceh. Namun ditulisan ini kami tidak akan membahas itu, dipembahasan kali ini kami akan membahas tentang manisan pala.

Manisan pala, sesuai namanya ini merupakan makanan yang diolah dari buah pala yang dibuat manisan. Diluar kebiasaan pada umumnya, dimana buah pala dijadikan sebagai bumbu makanan. Di Aceh, muncul olahan dari buah yang pada jaman dulu dijadikan buruan orang-orang barat karena banyaknya manfaat yang terkandung padanya. Salah satu olahan yang terkenal  adalah manisan buah pala ini.

Seperti pembuatan manisan lain pada umumnya, pembuatan manisan pala ini juga tidak berbeda jauh dalam prosesnya. Yang jadi pertanyaan kenapa pala diolah menjadi manisan? Jawabannya adalah karena Aceh merupakan daerah yang memiliki produksi buah pala yang banyak, khususnya adalah dari Kabupaten Aceh Selatan.

Sehingga tidak mengherankan, jika kapan-kapan kita bisa berwisata ke Aceh Selatan, kita akan menemukan banyak industri rumah tangga yang memproduksi bermacam-macam olahan buah pala.

Makanan Khas Kalimantan

Bubur Pedas Sambas

Makanan Khas Daerah - Bubur Pedas Sambas

Yang kami tuliskan kali ini adalah makanan khas daerah Kalimantan dari daerah Kabupaten Sambas, yaitu bubur pedas Sambas.

Makanan ini cukup unik, karen antara nama dan aslinya sedikit berbeda, bahkan bisa dikatakan berbeda jauh. Seperti yang sudah ditulis, bahwa namanya adalah bubur pedas Sambas. Di situ ada kata pedasnya, namun saat kita mencoba mencicipinya, tidak akan kita temukan rasa pedas itu di dalam makanan khas Kalimantan satu ini.

Hal itu dikarenakan di dalam bumbu makanan ini, tidak ditemukan adanya bahan cabe. Jadi bagi kalian yang anti atau tidak suka dengan pedas, bisa coba kok.

Selain itu, jika biasanya bubur dibuat dari bahan beras. Bubur pedas Sambas ini bahannya dari campuran sayur-sayuran. Jadi kalau dilihat sekilas mirip dengan soto.

Juhu Singkah

Makanan Khas Daerah - Juhu Singkah

Makanan khas satu ini merupakan makanan khas dari suku Dayak, yang tinggal di Kalimantan Tengah. Bisa dijumpai di kota Palangkaraya.

Sajian makanan satu ini terbuat dari umbut rotan. Bila ingin mendapat rasa yang lebih sedap dan enak, bisa ditambahkan ikan betok, ikan baung dan juga terong asam. Makanan khas daerah ini memiliki citarasa gurih, asam dan sedikit kepahit-pahitan, namun juga ada campuran rasa manis dari ikan.

Umbut rotan ini bisa didapatkan dengan mudah oleh warga dengan mencari di hutan-hutan sekitar tempat mereka tinggal.

Makanan Khas Jawa

Rujak Cingur

Makanan Khas Daerah - Rujak Cingur

Untuk mewakili makanan khas daerah Jawa, di sini kami tuliskan tentang rujak cingur. Salah satu makanan khas Jawa Timur, yang juga merupakan makanan khas Surabaya.

Rujak cingur memiliki ciri khas yang unik. Yaitu adanya cingur di dalamnya. Cingur yaitu penyebutan mulut sapi dalam bahasa daerah sana.

Rujak cingur ini terdiri dari sayuran-sayuran yang diguyur dengan bumbu khas. Bumbunya ini terbuat dari pisang biji yang masih muda yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan nama pisang klutuk, air matang, gula (putih maupun merah), kacang tanah goreng, bawang goreng, garam, cabe, dan petis udang.

Jangan ditanya gimana rasanya. Pastinya sedaaaaplah!

Gudeg

Makanan Khas Daerah - Gudeg

Siapa yang tidak tahu nama makanan satu ini, atau kalaupun nggak tahu pastinya sudah pernah dengarlah. Gudeg ini berasal dari provinsi yang berada di pulau Jawa bagian selatan, yaitu D.I. Yogyakarta.

Makanan khas daerah Jawa, tepatnya Yogyakarta satu ini terbuat dari nangka yang masih muda, nangka ini dimasak menggunakan santan. Penyajian gudeg ini biasanya untuk makan besar, jadi dimakan dengan nasi, terus ditambah dengan kuah areh, yaitu kuah yang terbuat dari santan kental.

Terus ada juga tambahan-tambahan lainnya, seperti tahu, tempe, telur, ayam kampun dan sambel goreng krecek. Mantap! Sedap! Nikmat!

Makanan Khas Sulawesi

Bubur Manado

Makanan Khas Daerah - Bubur Manado

Makanan khas Sulawesi yang satu ini berasal dari daerah Manado, namanya bubur Manado atau bisa juga disebut dengan bubur Tinutuan. Sesuai namanya, bubur satu ini berasal dari Manado Sumatera Utara.

Bubur khas Manado ini terbuat dari campuran berbagai macam sayur-sayuran, dan di dalamnya tidak mengandung daging. Di daerah asalnya bubur ini dijadikan sebagai menu sarapan, yang bisa ditambah berbagai macam pelengkap

Binte Biluhuta

Makanan Khas Daerah - Binte Biluhuta

Makanan khas derah satu ini berasal dari provinsi Gorontalo, FYI Gorontalo ini dulunya merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Utara, dan sekarang sudah menjadi provinsi sendiri.

Oke kembali ke topik lagi. Makanan satu ini bernama binte biluhuta, yang juga biasa disebut dengan nama milu siram. Penyebutan dengan nama milu siram karena makanan khas gorontalo satu ini terbuat dari milu, yang dalam bahasa setempat berarti jagung.

Makanan enak satu ini terbuat dari jagung, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis, udang, belimbing sayur dan kelapa setengah tua. Hmmm sedap ya!

Makanan Khas Bali

Ayam Betutu

Makanan Khas Daerah - Ayam Betutu

Siapa yang tidak kenal makanan khas daerah Bali satu ini. Ayam betutu, sebuah sajian olahan daging ayam yang sudah terkenal seantero negeri, bahkan mancanegara. (Selain ayam betutu, ada juga yang namanya bebek betutu)

Makanan khas bali satu ini dimasak dari satu ekor ayam utuh, yang diisi bumbu, untuk kemudian di panggang di dalam api sekam.

Rasanya? Jossss, mantap, sedapppp!

Sate Lilit

Makanan Khas Daerah - Sate Lilit

Sate satu ini berbeda dari sate-sate pada umumnya, jika sate pada umumnya dagingnya langsung ditisuk, berbeda dengan sate lilit ini. Sesuai namanya, dagingnya dililitkan ke batang sate.

Namun sebelum dililitkan, dagingnya dicincang sampai menjadi halus terlebih dahulu. Setelah itu diracik dengan menambahkan bumbu-bumbu khas Bali, baru kemudian dililitkan ke batang satenya. Biasanya batangnya terbuat dari batang serai atau bisa juga tangkai bambu.

Saat kamu makan sate satu ini , kamu akan mendapatkan pengalaman yang baru dalam hal makan sate. Dagingnya akan terasa lebih empuk. Rasanya gurih, dan jika kamu memakan sate lilit ini dengan batang dari batang serai, kamu akan mendapatkan wangi khas daun serai yang sedap disetiap gigitan satenya.

Makanan Khas Nusa Tenggara

Ayam Taliwang

Makanan Khas Daerah - Ayam Taliwang

Satu lagi olahan ayam dari makanan khas derah, kali ini namanya ayam taliwang. Makanan satu ini berasal dari kota Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sama seperti saudara-saudaranya olahan ayam dari berbagai daerah yang lain, ayam taliwang ini juga akan kaya bumbu-bumbu. Karena memang sudah menjadi ciri khas bahwa makanan khas daerah Indonesia akan memiliki beragam citarasa dari bumbu-bumbunya.

Ayam taliwang diolah dengan bumbu yang terdiri dari garam, gula jawa(merah), cabai merah(yang kering), kencur, terasi goreng, bawang merah dan putih, dan tomat merah.

Dalam penyajiannya, ayam taliawang ini biasanya bersama dengan makanan khas Lombok lain, contohnya adalah plecing kangkung.

Makanan Khas Papua

Masyarakat Papua memiliki makanan pokok berupa sagu, dan kali in kami akan membahas beberapa diantara olahan dari sagu itu.

Papeda

Makanan Khas Daerah - Papeda

Papeda ini merupakan olahan sagu yang dijadikan makanan pokok masyarakat Papua, dan juga Maluku. Pembuatan papeda adalah dengan mencampur sagu dengan air sampai mengental, baru kemudian dibuat bulatan-bulatan kecil, untuk mempermudah memakannya.

Dalam penyajiannya, papeda biasa bersanding dengan kuah kuning, yang dibuat dari ikan tongkol, bisa juga ikan mubara yang diberi bumbu kunyit dan jeruk nipis.

Bagea

Makanan Khas Daerah - Bagea

Bagea adalah sebutan untuk kue sagu. Jika kita pegang kue satu ini akan terasa keras, dan akan terasa keras juga saat digigit. Namun begitu, kue bagea ini akan mejadi lunak ketika sudah masuk ke mulut dan bercampur dengan air liur, dan bisa lunak juga dengan mencelupkannya ke dalam air.

*******

Demikian tadi pembahasan kita kali ini tentang makanan khas daerah dari seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat. Dan semoga kita bisa mencicipi semua makanan yang ditulis di atas, langsung dari daerah asalnya. Aamiin. Sekian. Terima kasih sudah berkunjung. Salam.

Tinggalkan komentar