Makanan Khas Bali Yang Paling Lezat dan Bikin Ngiler

Makanan khas Bali – Keindahan Bali sudah terkenal di seluruh dunia. Keindahan alam Bali berupa pantai, sawah, gunung, serta keindahan budaya Bali yang masih terjaga, membuat pulau dewata ini selalu menjadi tujuan utama para pelancong untuk menikmati hari-hari liburannya. Selain keindahan-keindahan itu, ada satu keindahan lain dari Bali yang tidak akan pernah dilewatkan oleh para traveller. Tak lain dan tak bukan adalah dari makanannya.

Berikut ini kami tuliskan daftar makanan khas Bali yang wajib dicicip ketika kamu berkunjung ke Bali. Oke, langsung saja, berikut daftarnya.

Blayag Raja – Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali yang berasal dari wilayah Buleleng ini berbahan ketupat, yang kemudian diguyur dengan kuah yang sudah dibumbui khusus. Makanan satu ini punya citarasa yang tidak terlalu manis dan gurih, sehingga siapapun yang pernah memakannya, akan selalu teringat makanan satu ini, karena susah untuk melupakan kelezatannya.

Namun sekarang ini, makanan khas Bali satu ini sudah jarang yang menjual, kalah bersaing dengan makanan kekinian. Meski begitu, masayarakat sekitar Buleleng masih ada, dan beberapa mulai berjualan kuliner khas Bali satu ini.

Nasi Tepeng Khas Bali

Pulau Bali cukup terkenal dengan wisata pantai. Namun, tentu tidak cuma terkenal dengan wisata pantainya saja. Di daerah Gianyar, juga terkenal akan Istana Nampak Siringnya dan selain itu juga keindahan terasering di Ubud. Dari Gianyar ini juga etrdapat salah satu makanan khas Bali, yang bernama Nasi Tepeng.

Sekilas Nasi Tepeng ini tampak cuma seperti campuran nasi dan sayur biasa. Namun, jangan menyangka yang tidakl-tidak dulu,  karena kuliner tradisional Bali ini akan memiliki citarasa yang luar biasa sedap dan nikmat, serta menggugah selera makan jika sudah disajikan di atas daun pisang. Dengan ditambahkan lagi dengan siraman kuah pedas, akan membuat sajian makanan khas Bali ini tambah nikmat dan mantap,serta pastinya lezat.

Serombotan Khas Bali

Wujud makanan khas Bali satu ini sangat mirip dengan urap, yang merupakan salah satu makanan khas Jawa. Hidangan satu ini di dalamnya terdapat berbagai macam sayur-sayuran, antara lain buncis, terong, kangkung, bayam, tauge, kacang panjang dan sayuran lain, yang kemudian akan dicampur-campur, untuk selanjutnya disiram dengan bumbu. Setelah itu baru akan disiram dengan kuah yang menambah rasanya menjadi lebih mantap.

Kuah tadi terbuat dari santan, yang dibumbui dengan ketumbar, kencur, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan kuyit.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencicip serombotan adalah di daerah Singaraja, karena di daerah itu ada banyak rumah makan yang menyajikan makanan khas Bali ini.

Lontong Jukut Serapah

Bagi sebagian orang, termasuk traveller, nama makanan khas Bali satu ini mungkin agak asing. Tapi, sebenarnya kuliner khas Bali satu ini merupakan salah satu makanan favorit.

Meskipun namanya lontng, tapi yang disajikan berupa potongan ketupat sebagai bahan utamanya, tapi ukuran lontongnya lebih besar dari lontong kebanyakan. Dan dalam penyajiannya, ditambahkan dan dicampur dengan berbagai sayuran rebus, antara lain bayam, daun singkong dan ada juga jantung pisang.

Dan juga tidak lupa ditambahkna kuah yang memiliki rasa gurih, yang bernama telengis.

Sate Lilit – Makanan Khas Bali

Seperti yang sudah ditulis di artikel tentang makanan khas daerah. Sate lilit ini terbuat dari daging yang sudah dihaluskan, dan kemudian dililitkan di batang bambu, atau bisa juga dililitkan pada batang serai.

Citarasa dari makanan khas Bali satu ini sangat menggiurkan, ada perpaduan rasa yang pas antara pedas, gurih dan manis, ditambah dengan aroma batang serai yang dipakai sebagai tusuknya.

Salah satu tempat di Bali yang menjual sate lilit paling terkenal adalah di daerah pasar Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Sate Plecing

Sate plecing dibuat biasanya dari bahan utama daging ayam atau bisa juga daging ikan. Sate ini disajikan dengan menggunakan bumbu plecing. Bumbu plecing adalah bumbu yang biasanya terbuat dari tomat, terasi, cabai rawit, garam dan air jeruk limau.

Sate Kakul

Para pecinta sate wajib mencicip sate unik satu ini. Kenapa dikatakan unik? Karena terbuat dari bahan dasar siput.

Daging siput yang berlendir sebagai bahan utama sate kakul, menjadi suatu hal yang membuatnya diburu oleh banyak orang, termasuk wisatawan, baik lokal maupun asing.

Sate khas Bali satu ini banyak ditemui di daerah Ubud, Gianyar. Dan banyak wisatawan yang rela jauh-jauh pergi ke Ubud hanya untuk mencicipi makanan khas Bali satu ini. Dan menariknya, mereka akan kembali pulang jika mereka tidak mendapatkan sate kakul karena kehabisan, tanpa memesan makanan yang lainnya. Tambah pensaran pingin nyoba, kan?

Sate Kablet

Satu lagi keluarga sate yang masuk ke dalam daftar makanan khas Bali, yaitu sate Kablet. Sate kablet dibuat dari bahan dasar ikan tuna. Daging ikan tuna dipotong seperti dadu berukuran kecil, kemudian dililitkan pada batang-batang bambu untuk kemudian dibakar.

Penyajian dari makanan khas Bali halal satu ini paling pas dan cocok dengan ditambahkan ketupat, atau enak juga dimakan bersama nasi putih, ditambah minum es teh manis. Mantap!

Jaja Wajik

Ini makanan khas tradisional khas Bali yang tentunya tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner. Walaupun termasuk makanan tradisional atau jadul, namun kudapan khas Bali satu ini masij banyak yang menyukainya. Dan kamu bisa menemukan jaja wajik di toko penjual oleh-oleh Bali yang tersebar di seluruh pulau dewata itu.

Jaja Bendu

Ini juga termasuk makanan tradisional. Jaja bendu dibuat dari bahan tepung ketan, gula bali dan parutan kelapa. Makanan khas Bali yang satu ini bagian luarnya dibungkus daun pisang. Dan di dalamnya, ada tepung ketan yang diberi isian campuran antara parutan kelapa dan gula Bali.

Pie Susu – Oleh-oleh Khas Bali

Oleh-oleh makanan ringan khas Bali yang sudah dikenal dan diburu dikalangan wisatawan, baik lokal maupun asing, adalah pie susu. Bentuk dari jajanan khas Bali satu ini biasanya bulat pipih. Dengan diberi beragam rasa, antara lain, cokelat, bluberry, susu, keju dan tentu saja rasa original.

Di Bali, pie susu yang menurut kebanyakan orang paling terenak dan paling terkenal adalah pie susu dengan merek ‘enaaak’ ,dan satu lagi, pie susu yang diberi merek ‘dhian’.

Saat berada di Bali, jangan lupa mampir ke Jalan Nangka, di Denpasar, karena di sana kamu akan menemukan berbagai toko penjual makanan khas Bali pie susu ini, dan tentunya dengan berbagai merek. Dan daerah ini terkenal sebagai sentra pembuat pie susu paling enak di Bali.

Pia Legong

Mungkin banyak yang sudah tahu apa itu pia. Dan pia ini banyak ditemui di daerah Jawa, salah satunya adalah bakpia pathok khas Jogja.

Namun, pia satu ini berbeda. Dia hanya bisa ditemukan di Bali. Walau begitu bentuk dari pia legong hampir sama dengan pia dari berbagai daerah lainnya.

Pia legong ini sebenarnya merupakan semacam merek jual. Dan kamu hanya bisa mendapatkan atau membelinya di tempat di mana dia diproduksi, yang sekaligus sebagai toko yang menjualnya, yang beralamat di Kuta Megah Kompleks, Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar.

Makanan khas Bali satu ini masih tergolong sebagai produk handmade, karena proses pembuatannya tidak ada campur tangan mesin, masih menggunakan tangan langsung, yang bertujuan untuk terus menjaga kualitas rasanya.

Dan jika kamu berkunjung ke Pulau Dewata ini, pia legong patut dipertimbangkan sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Karena, selain rasanya yang mantap, dia juga punya kemasan yang bagus dan sangat mudah untuk dibawa.

Pesan Clengis

Makanan khas Bali satu ini terbuat dari clengis, yaitu endapan sari kelapa. Clengis ini dimasak menyerupai pepes.

Godoh Gedang

Seperti namanya, makanan khas Bali satu ini berbahan dasar gedang atau pisang. Godoh gedang merupakan pisang goreng yang disiram dengan kuah yang biasanya adalah gula kayu manis encer. Menurut beberapa pendapat, godoh gedang diperkenalkan oleh bangsa Portugis, sekitar abad ke-16 masehi.

Tipat Cantok

Kudapan satu ini banyak dijajakan di seluruh wilayah di Bali. Baik itu warung pinggir jalan, maupun restoran-restoran bintang lima.

Tipat cantok kalau dalam bahasa Indonesia adalah ketupat bumbu kacang. Dalam satu porsi tipat cantok, kamu akan mendapat ketupat, tauge, tahu goreng, mentimun dan ditambah sayuran matang. Dengan bumbu yang terdiri dari kacang tanah goreng, tauco, bawang putih, cabai dan garam.

Bubur Injin

Saat di Bali, setelah capek bermain air di pantai, jajanan khas Bali satu ini bisa menjadi makanan yang cocok untuk disantap. Bubur injin dibuat dengan bahan dasar ketan hitam, yang disajikan dengan diberi tambahan santan dan di atasnya diberi taburan potongan nangka.

Be Pasih Mesambel Matah

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ikan laut bakar sambal mentah. Seperti namanya, makanan khas Bali satu ini terbuat dari ikan laut segar yang dibakar, namun sebelumnya dilaburi dulu dengan bumbu. Bumbunya ini terdiri dari terasi, kunyit, ketumbar, bawang putih dan garam, namun kadang-kadang ada juga yang menambahnya dengan kencur.

Setelah bumbunya dirasa meresap, maka ikannya akan dibakar/panggang di atas arang batok kelapa atau bisa juga arang kayu.

Sembel Be Pasih Mesambel Matah terdiri dari cabai rawit, cabai besar, terasi bakar, sereh, bawang merah dan garam. Bahan-bahan tadi dirajang halus, kemudian dicampur dan diremas-remas, supaya rasanya menyatu. Dan terakhir ditambahkan air perasan jeruk limau dan minyak kelapa asli.

Ayam & Bebek Betutu – Makanan Khas Bali

Inilah makanan khas Bali yang paling terkenal dan paling diburu para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Dan makanan enak satu ini kini sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Sekarang, kamu bisa merasakan lezatnya ayam dan bebek betutu di mana-mana, di Jakarta, Bandung, Palembang dan di kota-kota lainnya.

Biasanya ayam atau bebek betutu disajikan satu ekor utuh, dimana pada bagian perut ayam atau bebeknya sudah diberi bumbu-bumbu dan tambahan sambel pedas. Proses pemasakan ayam ini biasanya dengan dipanggang dalam api sekam.

Bagiak

Oleh-oleh khas Bali yang jangan sampai terlewatkan untuk membelinya. Jajanan satu ini terbuat dari sagu yang dipanggang. Tekstur dari bagiak ini renyah, dengan rasa yang tidak terlalu manis, sehingga sangat pas dan cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

Kacang Asin – Jajanan Khas Bali

Mungkin sekilas kamu akan menganggap biasa saja kacang asin ini. Karena mirip dengan kacang-kacang pada umunya.

Namun ada jika sudah mencobanya, kamu akan mendpatkan rasa yang berbeda antara kacang asin Bali dan kacang asin pada umumnya.

Sambal Bongkot

Makanan khas Bali satu ini hanya berupa sambal, namun rasanya sangat mantap. Yaitu hanya terdiri dari irisan bunga kecombrang, bawang dan cabai. Sehingga kamu akan mendapatkan rasa yang pedas namun menyegarkan.

*******

Masih banyak makanan khas Bali yang belum ditulis di artikel kali ini. Semoga bisa segera kami tuliskan dikesempatan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam

Tinggalkan komentar