Makanan Khas Aceh Paling Lezat – Wajib Dicoba

Makanan Khas Aceh – Siapa yang tidak kenal daerah ini. Aceh pernah menjadi perhatian dunia pada tahun 2004 lalu, tentu kamu tahu apa yang terjadi saat itu. Namun, kini masyarakat Aceh sudah kembali ceria dan beraktivitas normal kembali.

Provinsi yang terletak paling ujung barat Indonesia ini sangat kaya akan adat dan budaya. Salah satu hasil kebudayaan adalah makanan. Dan di Aceh ini ada sangat banyak ragam kuliner, yang tentunya layak untuk dicoba saat kamu ke sana.

Sebagai petunjuk supaya kamu bisa punya kuliner incaran nanti waktu di Aceh, berikut kami ulas makanan khas Aceh yang tentunya lezat, nikmat, sedap, dan mantap.

Mie Aceh, Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh - Mie Aceh
restorempah.com

Sebagian besar orang Indonesia tentu tidak asing dengan mie, dan berbagai jenis masakan mie. Salah satu mie yang sudah banyak orang tahu adalah mie Aceh.

Mie Aceh punya dua macam jenis, ada yang goreng dan ada juga yang kuah. Dan yang terkenal dari mie Aceh adalah kepedasannya, namun kalau kamu tidak suka makanan pedas, kamu bisa kok memesan mie Aceh yang tidak pedas, sesuai selera saja.

Untu lebih menambah kenikmatan saat makan mie Aceh, biasanya akan ditambahkan berbagai macam lauk, mulai dari macam-macam seafood atau daging-dagingan.

Kue Keukarah

Makanan Khas Aceh - Kue Keukarah
steemkr.com

Kue tradisional khas Aceh ini terbuat dari adonan tepung dan santan, serta tambahan gula. Dengan bahan dasar yang sudah disebut tadi, menjadikan keukerah ini punya cita rasa yang manis dan juga terkturnya renyah.

Makanan khas Aceh yang bentuknya mirip sarang burung, dan juga berbentuk bulan sabit ini sangat cocok sebagai teman minum kopi.

Sate Matang

Makanan Khas Aceh - Sate Matang
indonesiakaya.com

Matang disini bukan berarti matang masak, namun matang merupakan nama dari daerah tempat asal makanan khas Aceh ini, yaitu dari daerah Matang, Bireun.

Sate matang biasanya dibuat dari daging kambing atau dari daging sapi. Daging yang digunakan tadi, sebelum ditusuk, diungkep terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu khas Aceh, baru setelah ditusuk dibakar.

Penyajian sate ini akan lebih nikmat saat disajikan bersama kuah soto, yang punya aroma khas dan kaya akan bumbu rempah-rempah. Mantap!

Kembang Loyang

Makanan khas Aceh satu ini asalnya dari Aceh Tamiang. Dibuat dari adonan yang terdiri dari tepung beras, telur, gula dan santan. Dan bisa juga ditambah dengan wijen, supaya rasanya lebih nikmat.

Kembang loyang sudah tersebar ke seluruh Indonesia, namun mungkin dengan nama yang berbeda. Di sebagian daerah, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada yang menyebutnya dengan nama kembang goyang.

Lepat, Makanan Khas Aceh

Banyak masyarakat Indonesia yang sudah tahu apa itu lepat. Lepat merupakan sebuah makanan khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan, yang dicampur dengan gula merah, dan diuleni sampai kalis. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, dan dibagian tengahnya dimasukkan inti, yang terbuat dari kelapa parut yang digongseng dengan gula. Setelah itu dikukus sampai matang.

Gulai Kambing

Makanan khas Aceh satu ini selalu terhidang dalam suhu yang panas, atau minimal hangat. Karena memang, gulai kambing paling nikmat dan akan lebih nikamt jika dimakan dalam keadaan yang masih panas.

Gulai kambing khas Aceh ini memeiliki daging yang empuk, serta saat kamu mencobanya kamu tidak akan menemukan bau dari kambingnya. Dan dengan penggunaan bumbu khas Aceh dalam memasaknya, membuat cita rasa kuliner Aceh ini sangat sedap dan lezat.

Kuah Beulangong, Makanan Khas Aceh

Makanan khas Aceh yang satu ini dikenal sebagai makanan besar. Maksudnya kuah beulangong dimasak dalam acara-acara besar, dan dalam porsi yang besar pula.

Kuliner Aceh ini dibuat dari bahan dasar kambing atau sapi, yang dimasak dengan tambahan buah nangka, sebagai campuran.

Eungkot Paya

Sajian kuliner khas Aceh satu ini bercita rasa dominan pedas dan asam. Eungkot paya dibuat dari ikan air payau, atau bisa juga ikan air tawar, seperti ikan gabus dan lainnya.

Bahan dasar ikan tadi kemudian dimasak dengan dicampur dengan santan, jantung pisang, rebung dan ketumbar sangrai.

Yakin Nggak Mau Baca Yang Ini?

Makanan Khas Indonesia Paling Populer [Bikin Ngiler]

Kuah Masem Keu-eung, Masakah Khas Aceh

Makanan Khas Aceh - Kuah Masam Keueung
wisatakuliner95.blogspot.com

Arti dari Masam Keu-eung adalah masam pedas. Dan saat memakan makanan khas Aceh satu ini kamu akan mendapati rasa asin, asam dan pedas jadi satu dalam kuahnya yang warnanya kuning.

Kuah dari masem keu-eung ini berwarnan kuning karena penguanaan kunyit yang cukup banyak. Dan masam keu-eung ini umumnya berbahan dasar ikan-ikanan, namun tidak terpaku pada itu saja, sebab banyak juga yang membuatnya dengan bahan dasar udang, dan rasanya pun tidak kalah lezatnya.

Kuah Sie Itek

Makanan ini asalnya dari Bireun. Kuah sie itek kalau dialih bahasakan ke bahasa Indonesia menjadi masakan dari itik.

Namun, tidak seperti masakan dari itik yang biasa kita temui, makanan khas Aceh ini dimasak dengan menggunakan resep warisan leluhur yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga rasa yang didapat adalah rasa otentik dan khas, berbeda dari kebanyakan masakan itik lainnya.

Pisang Sale, Cemilan Khas Aceh

Mungkin kamu sudah sering mendengar nama ini, atau bahkan kamu sudah sering memakannya. Di Aceh, tepatnya Aceh Timur banyak sekali yang memproduksi pisang sale ini, sehingga daerah tersebut dikenal sebagai sentra penghasil pisang sale terbesar di wilayah Aceh.

Pisang sale dibuat dari pisang yang sudah matang, yang dikupas kulitnya. Kemudian dijemur sampai kering, dan selanjutnya diasapi dengan tujuan supaya bisa bertahan lebih lama. Sampai proses ini, pisang sale sudah bisa langsung dimakan, namun ada yang memilih menggorengnya dulu sebelum memakannya.

Ayam Tangkap, Kuliner Khas Aceh

Makanan Khas Aceh - Ayam Tangkap
belanga.id

Olahan ayam khas Aceh ini dibuat dengan mencincang daging ayam menjadi kecil-kecil, kemudian dicampur dengan daun temuru dan cabe hijau.

Rasa dari makanan khas Aceh ini tidak berbeda jauh dari rasa ayam goreng lainnya. Namun, dengan adanya penambahan daun temuru, membuatnya punya keunikan dan sensasi rasa tersendiri.

Penamaan ayam tangkap ini karena saat akan memakannya, kamu harus mencari ayamnya, yang tersembunyi di bawah daun temurunya. Karena, penyajiannya adalah dengan meletakkan ayam di bagian paling bawah, kemudian di atasnya ditutup dengan daun temuru.

Meuseukat

Ini merupakan kue tradisional khas Serambi Mekah. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung dan buah nanas. Namun, sekarang ini sangat jarang yang menjual dan membuatnya. Kalau kamu pingin mencicipinya, kamu harus memesannya terlebih dahulu.

Pacri Nanas, Makanan Khas Aceh

Dari namanya, kamu tentu sudah tahu kalau bahan dasarnya adalah nanas. Pacri nanas dibuat dengan memasak nanas dengan diberi bumbu yang terdiri dari kapulaga, kayu manis, bunga lawing, merica, bawang, cengkeh dan cabai merah.

Proses pembuatan pacri nanas ini dimulai dengan melelehkan gula putih sampai menjadi caramel. Kemudian air dan bumbu-bumbu tadi dimasukkan. Lalu tungu sampai mendidih, baru diberi nanas.

Ungkot Keumamah, Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh - Ungkot Keumamah
resepangananemak.blogspot.com

Makanan khas Aceh ini dibuat dari ikan tuna rebus, yang sudah dikeringkan dan diiris kecil-kecil. Kuliner khas Aceh ini dimasak dengan campuran santan, cabai hijau, kentang dan bumbu rempah-rempah lainnya.

Cobain Yang Ini Juga!

Makanan Khas Jawa Barat Yang Dijamin Bikin Ngiler

Kopi Aceh

MakananKhas Aceh - Kopi Aceh
kopiaceh.com

Kenikmatan kopi Aceh sudah dikenal luas oleh masyarakat, lebih-lebih oleh para pecinta kopi. Dan salah satu varian kopi Aceh yang punya banyak penggemar adalah kopi gayo. Kopi Gayo Aceh punya cita rasa yang khas dan memiliki aroma yang kuat.

Tasak Telu

Sama seperti di bahasa Jawa, telu berarti tiga. Dan selain Aceh, tasak telu juga ada yang berasal dari Karo.

Tasak telu memiliki arti masakan tiga jenis. Maksudnya masakan tasak telu hanya terdiri dari tiga macam bumbu, yaitu cabai rawit, bawang merah dan batang serai. Namun, itu dulu, sekarang dengan semakain berkembangnya jaman, tasak telu juga mengalami perkembangan dan modifikasi bumbu.

Proses pemasakan tasak telu tergolong mudah, bahan dan bumbu-bumbunya direbus, kemudian masukkan batang serai yang sudah dipipihkan, baru seteleh itu masukan dagingnya. Dan tunggu sampai dagingnya matang. Dan kelezatan tasak telu siap dinikmati!

Sanger, Minuman Khas Aceh

Makanan Khas Aceh - Sanger
asn.id

Minuman khas Aceh satu ini mirip seperti kopi susu yang sering dijumpai di berbagai tempat. Tapi, tentu ada perbedaan dari sanger dan kopi susu lainnya. Sanger punya cita rasa yang berbeda dan khas.

Sanger ini terbuat dari perpaduan susu, kopi Aceh dan gula manis. Bagi para pecinta kopi, minuman khas Aceh ini wajib dicoba dan dirasakan kenikmatannya.

Manisan Pala, Oleh Oleh Khas Aceh

Seperti yang sudah ditulis di artikel tentang makanan khas Indonesia paling lezat, Aceh punya makanan khas yang unik.

Sebagai daerah penghasil pala dalam jumlah yang sangat banyak, khususnya daerah Aceh Selatan, membuat warganya berlomba-lomba membuat olahan dari pala ini. Dan salah satu hasilnya adalah manisan pala.

Proses pembuatan manisan pala ini hampir sama dengan pembuatan manisan-manisan lainnya, yaitu dengan memberi gula, baik itu dengan melalui penjemuran maupun tidak. Terkantung jenis manisan yang mau dibuat, apakah kering atau manisan basah.

Jadah Lemang

Makanan khas Aceh ini punya cita rasa yang gurih. Terbuat dari campuran bahan-bahan, yang antara lain terdiri dari beras ketan dan kelapa, dengan dibumbui garam.

Rasa gurih dari jadah lemang paling cocok dijadikan sebagai teman makan rendang, yang menjadi salah satu makanan wajib saat hari raya.

Kuah Pliek U

Makanan Khas Aceh - Kuah Pliek U
steemit.com

Makanan khas Aceh ini asalny dari wilayah Aceh Barat. Saat kamu berkunjung ke Aceh, tapi kamu tidak mencoba makanan ini, maka bisa dibilang kamu belum berkunjung ke Aceh, saking terkenalnya makanan satu ini.

Kuah pliek u ini dijadikan sebagai simbol keberagaman dan keakraban bagi masyarakat Aceh. Karena makanan ini dimasak dalam satu kuali, dan mengguankan berbagai macam sayur-sayuran yang tumbuh di Aceh. Sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan unik. Mantap!

Roti Canai Aceh

Makanan Khas Aceh - Roti Canai Aceh
resepangananemak.blogspot.com

Makanan khas Aceh ini berbentuk roti yang tipis, dan ada pengaruh dari India. Selain di Aceh, roti canai juga bisa ditemukan di Malaysia dan juga singapura, dengan nama yang berbeda.

Roti canai Aceh dibuat dengan menuangkan adonan di atas panggangan, dengan ketebalan setipis mungkin. Dan biasanya dihidangkan dengan kari kambing, sehingga rasanya semakin mantap dan lezat.

*******

Makanan khas Aceh di atas wajib dicoba dan dicicip oleh kamu saat nanti berkunjung ke Aceh. Agar kunjunganmu ke Aceh bisa lebih berkesan dan lebih istimewa tentunya. Ayo , ke Aceh!

Tinggalkan komentar