Khasiat Jeruk Nipis

Jeruk nipis di Indonesia sangatlah populer. Kita biasanya menemukannya sebagai salah satu bumbu masakan. Padahal selain sebagai bumbu masak, ada banyak sekali khasiat jeruk nipis ini, khususnya untuk kesehatan tubuh kita.

Kita semua lebih familiar dengan jeruk lemon untuk kesehatan. Sebenarnya jeruk nipis juga memiliki keistimewaan yang sama dalam hal manfaatnya dalam kesehatan.

Kandungan kedua jeruk ini juga tidak berbeda jauh. Keduanya sama-sama kaya akan vitamin C.

Salah satu keunggulan yang dimiliki jeruk nipis dibanding jeruk lemon adalah dari segi harganya yang lebih murah, dan lebih mudah ditemui di berbagai tempat. Sedangkan jeruk lemon memiliki harga yang lebih mahal, serta penyebarannya terbatas, hanya tersedia di tempat-tempat tertentu, seperti supermarket.

Apa saja manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari jeruk nipis. Mari cari tahu lebih lanjut.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Kandungan nutrisi jeruk nipis
sumber : aldiblogger.com

Sebelum masuk kepembahasan mengenai khasiat jeruk nipis. Kita bahsa dulu mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada jeruk nipis ini.

Keluarga jeruk dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Yang paling dominan dan paling diketahui orang pada umumnya adalah kandungan vitamin C dalam buah jeruk.

Dalam satu buah jeruk nipis berdiameter antara 3-6 cm, terdapat 30mg vitamin C, dimana jumlah tersebut mampu untuk mencukupi sekitar 30% kebutuhan tubuh dalam sehari. Peran vitamin C dalam tubuh cukup vital, dia berpengaruh langsung terhadap perkembangan dan pertumbuhan, terutama dalam hal memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain vitamin C, dalam buah jeruk nipis juga terdapat nutrisi lain yang sangat berguna bagi tubuh. Dalam 100 gram jeruk nipis terdapat :

Vitamin B1 (0.04 mg), karbohidrat (11.4 gram), protein (0.9 gram), lemak (0.2 gram), mineral (0.5 gram), zat besi (0.4 mg), asam askorbat (49 mg), kalsium (33 mg), fosfor (23 mg), energi (51 kal), dan air (86 gram).

Selain itu, di dalam jeruk nipis juga terkandung beberapa senyawa kimiawi alami, yang tentu saja berguna bagi tubuh, diantaranya :

Asam sitrat, asam sitrun, minyak atsiri, kalsium, fosfor, zat besi, asam amino yang terbentuk dari triptofan dan lisin, limonen, nildehid, damar, lemon kamfer, linali-lasetat, aktilaldehid, felandren, kadinen, gerani-lasetat, glikosida, lemak, dan belerang.

Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan nutrisi dari jeruk nipis, mari simak video berikut.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Khasiat jeruk nipis untuk wajah
sumber : manfaate.com

Seperti yang sudah ditulis di atas, kandungan nutrisi yang dimiliki jeruk nipis banyak yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi-nutrisi itu antara lain vitamin C, kalsium, asam sitrat, asam sitrit, asam amino, minyak atsiri, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan lain sebagainya.

Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk kulit wajah supaya terlihat lebih putih, kencang dan mulus. Penggunaannya dengan membuatnya menjadi masker jeruk nipis. Untuk hasil yang lebih bagus, bisa juga ditambahkan bahan-bahan lain dalam pembuatan masker ini.

Berikut macam-macam masker jeruk nipis yang bisa kamu coba :

Air Perasan Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis
sumber : ptnasa.net

Yang pertama, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis ini ke wajahmu tanpa campuran. Ya, hanya dengan air perasaan jeruk nipis. Namun, sebelum mengoleskannya ke wajahmu, kamu perlu mencobanya sedikit terlebih dahulu, karena ditakutkan akan terjadi iritasi di kulit wajahmu, yang bisa menimbulkan rasa perih.

Jika wajahmu terasa perih, maka kamu bisa mencoba beberapa resep di bawah poin ini. Namun jika tidak, kamu bisa meneruskannya.

Resep dan Cara :

  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis, usahakan yang masih segar.
  2. Belah menjadi dua, dan peras airnya, kumpulkan airnya kedalam satu wadah.
  3. Oleskan ke wajahmu, kamu bisa menggunakan kapas untuk mengoleskannya.
  4. Biarkan airnya meresap ke dalam kulitmu. Diamkan selama kira-kira 15 menit.
  5. Bilas menggunakan air bersih.

Kamu bisa melakukan perawatan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu.

Jeruk Nipis dan Madu

Masker wajah jeruk nipis dan madu
teras-berita.blogspot.com

Kebanyakan dari kita tentu sudah mengetahui bagaimana keampuhan madu dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan dan tubuh. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh madu adalah mencerahkan wajah, selain itu banyak masalah wajah yang mampu juga untuk diatasi oleh madu.

Bagaimana jika madu yang memiliki banyak manfaat ini digabungkan dengan khasiat jeruk nipis yang juga banyak sekali manfaatnya? Tentu saja hal itu akan menjadi suatu hal yang sangat bagus.

Berikut cara dan resep jeruk nipis dan madu untuk wajah :

  1. Siapkan air hangat, dan basuh wajah kamu dengannya. Air hangat ini supaya pori-pori di wajahmu sedikit terbuka.
  2. Peras jeruk nipisnya.
  3. Campur 1 sendok makan madu dan 1 sendok air perasaan jeruk nipis tadi.
  4. Oleskan campuran kedua bahan itu ke bagian wajah, dan jika kamu mau, lehermu juga bisa kamu olesi.
  5. Diamkan selama 20 menit.
  6. Setelah itu, basuh atau bilas wajah dan leher dengan air dingin. Kebalikan dari air hangat yang membuka pori-pori, air dingin berfungsi supaya pori-porimu menutup kembali.

Dicampur Susu

Jeruk nipis dan susu untuk wajah
kawaaibeautyjapan.com

Sudah banyak sekali produk kecantikan produksi pabrik-pabrik besar menambahkan susu dalam produk-produk  mereka. Mulai dari sabun, sampo, lotion, dll, mereka masukkan susu sebagai salah satu bahan pembuatnya, dan mereka menonjolkannya(kandungan susunya) saat mereka meng-iklankan produknya.

Tentu bukan tanpa alasan mereka melakukan itu, sebab kandungan nutrisi yang dimiliki oleh susu memang sangat bagus untuk tubuh manusia. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari dalam, namujn juga dari luar, lebih tepatnya di kulit.

Berikut kami tuliskan cara penggunaan campuran susu dan jeruk nipis untuk masker wajah :

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar.
  2. Potong/belah jeruk itu, lalu peras airnya.
  3. Tambahkan ke dalam air perasaan itu 5 sendok susu bubuk.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, hati-hati dalam mengaduknya, jangan sampai terlalu encer.
  5. Oleskan campuran tadi ke wajah dan lehermu.
  6. Diamkan selama 15 menit.
  7. Basuh sampai bersih.

Minyak Zaitun

Masker wajah dari jeruk nipis dan minyak zaitun
beautynesia.id

Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai bahan yang sangat dianjurkan untuk merawat tubuh, bagian wajah pada khususnya. Manfaat minyak zaitun jika diaplikasikan pada kulit bisa membuat kulit yang kering menjadi lembab dan juga bisa untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Campuran minyak zaitun dan jeruk nipis dipercaya akan dapat memutihkan dan mencerahkan wajah dengan cepat. Berikut cara menggunakannya :

  1. Siapkan jeruk nipis(lebih dari satu buah) yang masih segar.
  2. Belah dan peras airnya.
  3. Ambil perasan jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan.
  4. Campurkan air perasan tadi dengan minyak zaitun murni secukupnya, kemudian aduk hingga rata.
  5. Oleskan pada seluruh bagaian wajah.
  6. Tunggu, biarkan meresap selama kurang lebih 15 menit.
  7. Bilas hingga bersih.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Diet

Khasiat jeruk nipis untuk diet
inspirasiseputarhawa.blogspot.com

Jeruk nipis jika dikonsumsi secara rutin, mampu menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Ini karena manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya, diantaranya :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat seseorang melakukan diet, biasanya dia akan mengurangi makan. Pada saat itu, nutrisi yang diterima dan diserap oleh tubuhpun akan berkurang, dan hal itu dapat menjadi salah satu factor menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C, yang banyak terkandung dalam jeruk nipis, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan itu, tubuh akan selalu fit dalam menjalankan program diet.

  1. Menjaga gula darah

Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis bisa menjadi sangat efektif, karena jeruk nipis dapat mengurangi penyerapan gula darah pada makanan. Dengan berkurangnya serapan gula darah, maka rasa lapar tidak akan mudah datang. Sehingga porsi makanan yang dikonsumsipun menjadi berkurang.

  1. Melancarkan pencernaan

Lancarnya perncernaan saat menjalankan diet sangat dibutuhkan. Karena, makanan yang kita konsumsi setiap hari harus bisa dicerna secara sempurna, agar bisa diambil nutrisinya semaksimal muingkin.

  1. Membakar lemak dan detoksifikasi

Rasa masam yang dimiliki buah-buahan, termasuk juga jeruk nipis, terjadi karena adanya asam sitrat (citric acid).  Asam sitrat ini di tubuh manusia berfungsi membantu proses metabolisme lemak, dengan mengubahnya menjadi energi.

Perlu diketahui, lemak di dalam tubuh tidak hanya meningkatkan berat badan tapi juga menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. Hal ini karena di dalam lemak terkandung macam-macam zat yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan mengonsumsi jeruk nipis,lemak-lemak itu bisa disingkirkan dengan proses detoksifikasi. Karena jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh(detoks).

*******

Itulah tadi khasiat jeruk nipis untuk diet. Untuk cara diet dengan khasiat jeruk nipis ini, kamu bisa tonton video di bawah ini.

Manfaat ke Rambut

Khasiat jeruk nipis untuk rambut
amysyeera.com

Dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, khasiat jeruk nipis ini juga bisa diaplikasikan untuk mengatasi persoalan yang muncul di rambut. Beberapa yang bisa diatasi jeruk nipis diantaranya :

Mencegah tumbuhnya uban di usia muda

Banyak orang dengan usia dibawah 35 tahun saat ini yang sudah beruban sebelum waktunya. Khasiat jeruk nipis untuk rambut diyakini dapat digunakan untuk mencegah seseorang untuk mengalami pemutihan rambut di usia dini.

Memanjangkan rambut

Pada umumnya rambut manusia akan tumbuh sepanjang 1-2 cm setiap bulan. Namun, dengan perasan jeruk nipis dapat mempercepat proses tumbuhnya rambut. Jika rutin menggunakan perasan jeruk nipis di kepala, dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat, menjadi lebih dari 2 cm setiap bulan.

Rambut semakin lebat

Salah satu ciri rambut yang sehat adalah memiliki volume yang lebat. Untuk membuat rambut menjadi lebih lebat, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, yang diaplikasikan ke kepalamu. Pemberian air jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dapat membuat rambutmu tumbuh lebih subur, sehingga akan tampak lebih lebat.

Mengatasi ketombe

Kandungan asam sitrat yang dimiliki jeruk nipis merupakan salah satu cara terampuh unutk mengusir ketombe dari kepala. Dengan menggunakannya 3 kali dalam seminggu, ketombe-ketombe pun akan pergi dari kepalamu.

– potong-potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian.

– gunakan potongan tersebut ke kepala dengan memerasnya. Pastikan air perasan tadi mengenai kulit kepala, hingga seluruh rambut.

– biarkan 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengurangi rambut rontok

Ini cara yang mudah dan alami untuk mengurangi rambut rontok. Caranya, pertama kamu potong jeruk nipis menjadi 3 bagian. Kemudian oleskan potongan-potongan tadi di kepala, lalu bungkus kepalamu dengan handuk.

Biarkan selama kurang lebih 6 jam, atau kamu bisa melakukannya sebelum tidur. Setelah 6 jam atau setelah bangun tidur, kamu harus segera membilasnya sampai bersih.

Khasiat Jeruk Nipis Lainnya

Selain khasiat jeruk nipis yang sudah tertulis di atas. Masih banyak sekali khasiat dari jeruk nipis ini. Berikut ini beberapa khasiat jeruk nipis yang lain.

Mengurangi Peradangan

Peradangan yang biasanya terjadi di persendian, bisa terobati dengan khasiat jeruk nipis ini. Kandungan vitamin C yang tingi dalam jeruk nipis mampu untuk mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat.

Menguarangi Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

Di dalam jeruk nipis mengandung magnesium dan kalium, kedua nutrisi itu memilik fungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan juga mampu untuk menurunkan tekanan darah secara alami, sehingga dengan fungsi ini mampu mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tidak normal(abnormal), yang tumbuh dengan tidak terkendali, dan hal ini(sel kanker) dapat tumbuh di tubuh bagian manapun.

Salah satu khasiat jeruk nipis yaitu untuk menangkal hal ini tertjadi. Di dalam jeruk nipis terdapat antioksidan, yang berperan untuk mengurangi resiko bertumbuhnya sel kanker dan membantu untuk melawan penyakit kanker ini.

Membersihkan Peralatan Dapur

Inilah khasiat jeruk nipis untuk kebersihan, khususnya kebersihan peralatan dapur. Contohnya untuk membersihkan microwave, caranya taruh semangkok air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis selama kurang lebih 3 menit(nyalakan microwavenya). Uap dari air yang tercampur jeruk nipis mampu untuk membersihkan noda-noda yang menempel di dalam microwave.

*******

Itulah tadi pembahasan kita mengenai khasiat jeruk nipis.

Terima kasih sudah membaca.

Salam.

Tinggalkan komentar