Keanekaragaman Hayati | Biodiversity | Penjelasan Terlengkap

Halo semuanya, selamat datang di babacaca. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang keanekaragaman hayati.

Kehidupan di bumi ini tentunya terdiri dari berbagai jenis makhluk hidup. Ada hewan, tumbuhan, manusia dan mahkluk hidup lainnya. Hewan dan tumbuhan sendiri terdiri dari berbagai jenis dan ragamnya. Jenis dan ragam inilah yang memunculkan adanya keanekaragaman hayati ini.

Keanekaragaman hayati ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan seluruh makhluk di bumi ini, khususnya bagi manusia. Apa saja manfaatnya bagi manusia? Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas keanekaragaman hayati dengan lengkap. Selamat membaca.

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati
santrialim.com

Keanekaragaman hayati disebut juga sebagai biodiversitas (inggris:biodiversity). Biodiversitas adalah istilah yang diunakan untuk menyebutkan suatu pembahasan yang cakupannya seluruh bentuk dan macam kehidupan secara ilmiah, di mana bisa dikelompokan sesuai skala dari organisasi biologisnya, mencakup gen, hewan, tumbuhan, mikroorganisme dan berbagai proses ekologi yang masuk ke dalam bagian kehidupan.

Sistem ekosistem, hubungan lain antar spesies, keragaman genetik dan ekosistem masuk ke dalam keanekaragaman hayati ini.

Tingkat Keanekaragaman Hayati

Secara garis besar biodiversiti bisa dibedakan menjadi 3 tingkatan atau kelompok. Tingkatan itu adalah :

  • Gen
  • Jenis
  • Ekosistem

Dan berikut ini kami tuliskan penjelasan secara lengkapnya.

Keanekaragaman Hayati Ekosistem

Tingkat Keanekaragaman Hayati - Ekosistem

Keanekaragaman ekosistem terbentuk karena adanya dua bentuk komponen, yaitu komponen  hidup atau biotik dan komponen tidak hidup atau abiotic. Kedua komponen ini saling mempengaruhi satu sama lain. Terjadinya interaksi dari dua komponen ini akhirnya akan terbentuk adanya kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen ini memiliki tugas dan perannya masing-masing, dan jika masing-masing komponen bisa menjalani tugasnya dengan baik tanpa gangguan, maka akan terjaga keseimbangan ekosistem ini.

Komponen yang hidup dan yang tidak hidup ini tentu saja bentuknya bermacam-macam, hal inilah yang menjadi sebab dan dasar adanya keanekaragaman hayati.

Secara sederhana keanekaragaman ekosistem adalah sutau interaksi dari sebuah komunitas dengan lingkungan abiotic di mana komunitas itu tinggal, dan hal ini terjadi dalam waktu yang tertentu. Komunitas yang dimaksud disini adalah suatu kumpulan populasi.

Keanekaragaman ekosistem ini secara umum bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu ekosistem darat dan laut.

Ekosistem Darat
Sesuai namanya, ekosistem darat merupakan sebuah ekosistem yang bertempat tinggal di lingkungan fisik berupa daratan. Ekosistem darat ini menempatai area yang sangat luas, dan hal ini disebut bioma. Ada beberapa bioma yang ada, berikut beberapa diantaranya :

  • Bioma Hutan Basah
    – Terdapat di daerah dengan iklim tropis dan sub-tropis.
    – Curah hujan di bioma jenis ini sekitar 200-225 cm per tahun.
    – Tumbuhan yang hidup di sini biasanya memiliki daun yang lebat dan ketinggiannya antara 20-40 m.
    – Tumbuhan khasnya antara lain anggrek dan rotan.
    – Hewan khasnya antara lain badak, babi hutan, harimau dan kera.
  • Bioma Tundra
    – Terletak di bumi belahan utara dan di lingkaran kutub utara.
    – Hewan yang hidup antara lain rusa kutub, antara beruang kutub.
    – Tumbuhan yang bisa hidup adalah tumbuhan yang berkayu pendek dan tumbuhan biji yang cuma semusim.
  • Bioma Taiga
    – Terdapat di bagian bumi sebelah utara dan juga terdapat di daerah pegunungan yang iklimnya tropis.
    – Ciri dari bioma jenis ini adalah suhu yang akan menjadi sangat rendah di musim dingin.
    – Hewan yang hidup di sini antara lain beruang hitam dan mongoose.
    – Tumbuhannya antara lain semak belukar dan tumbuhan basah.
  • Bioma Padang Rumput
    – Bisa ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis.
    – Curahn hujannya berkisar antara 25-30 cm pertahun, dan hujan yang turun tidak teratur.
    – Hewan yang hidup antara lain bison, zebra, kanguru.
    – Tumbuhannya seperti tumbuhan obat/herb dan rerumputan.
  • Bioma Gurun
    – Terletak di daerah yang berbatasan dengan padang rumput di daerah tropika,
    – Terjadi perbedaan suhu yang sangat ekstrim antara siang dan malam, saat siang suhu bisa mencapai 45 derahat celcius, namun saat malam bisa turun hingga berada di bawah nol derajat celcius.
    – Hewan yang hidup di bioma ini antara contohnyakalajengking dan kadal.
    – Tumbuhannya antara lain adalah kaktus.

Ekosistem Air

Sebuah ekosistem yang sebagian besar komponen abiotiknya terdiri dari air. Sesuai jenis air di bumi ini, ekosistem ini dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem air tawar dan air laut.

Ekosistem Air Laut

Cakupannya sangat luas, mulai dari pantai, terumbu karang, esturai dan laut itu sendiri.

  • Pantai – perbatasan dari ekosistem air dan ekosistem air. Ekosistem yang satu ini dipengaruhi oleh siklus dari air laut, yaitu pasang surut. Organisme-organisme yang hidup di pantai punya adaptasi struktural, sehingga mereka bisa melekat di subtrat yang keras (contohnya karang) dengan erat.
  • Terumbu karang – Ekosistem ini merupakan rumah bagi hewan-hewan laut dan merupakan sumber makanan juga bagi mereka.
  • Estuari – ini adalah tempat bersatunya sungai dan laut. Ciri yang dimiliki adalah adanya semacam paga ryang tersusun dari lempengan lumpur yang areanya luas.
  • Laut – wilayah ini merupakan tempat dan wadah bagi hewan-hewan air dan juga tumbuhan air sebagai bagian produsen dalam rantai makanan.

Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air yang satu ini punya ciri-ciri yaitu suhunya bervariasi, kurangnya intensitas cahaya dan juga terpengaruh oleh iklim dan cuaca sekitar. Tumbuhan yang hidup di dalam ekosistem ini biasanya berupa ganggang dan ada yang seperti tumbuhan biji. Dan hewan yang hidup di ekosistem ini bisa dibilang cukup lengkap.

Ekosistem air tawar ini bisa dibagi menjadi sub-unit, yaitu air tenang dan air mengalir. Kalau yang air tenang adalah danau, dan yang mengalir adalah sungai.

Keanekaragaman Hayati Jenis

Tingkat Keanekaragaman Hayati - Jenis
biohasanah.wordpress.com

Keanekaragaman tipe ini bisa dilihat pada suatu organisme yang satu keluarga(family). Berikut beberapa contoh dari keanekaragaman hayati pada jenisnya.

  • Keanekaragaman pada keluarga Felideae (kucing)
    Harimau, singa, kucing dan cheetah adalah contoh dari hewan yang masuk ke dalam keluarga Felideae. Jika dilihat secara sekilas, masing-masing hewan yang disebut tadi memiliki perbedaan dari bentuk tubuhnya. Tapi, secara fisiologis ditemui banyak kesamaan dari hewan-hewan itu.
  • Keanekaragaman pada keluarga Solanaceae
    Dikeluarga ini terdapat beberapa tanaman yang jika dilihat secara fisik memiliki perbedaan yang besar, bahkan dari segi rasa buah dan bentuk buahnya, namun secara fisiologi mereka masih berada dalam satu keluarga, mereka dalah semangka, melon, tomat, terong, cabai dan lain sebagainya.

Keanekaragaman Hayati Gen

Tingkat Keanekaragaman Hayati - Gen

Keanekaragaman ini muncul dari variasi antar individu yang masih berada dalam satu species. Contohnya adalah pada tanaman padi, di mana padi memiliki beberapa varietas, seperti Ciherang, Barito, Cimalaya. Masing-masing dari padi-padi tadi memiliki batang, daun, akar, ketahanan hidup dan umur tanam yang saling berbeda satu sama lain, walaupun mereka masih satu species padi.

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi ini seluruhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Baik itu dari tumbuh-tumbuhan, hewan maupun organisme lainnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa di dapat dari keanekaragaman hayati ini.

Penyeimbang Ekosistem

Masing-masing individu di kehidupan ini mempunyai peran untuk keberlangsungan hidup di bumi ini. Jika satu jenis hewan maupun tumbuhan mengalami sesuatu yang membuatnya punah atau lainya, maka dampaknya akan bisa dirasakan oleh makhluk hidup lainnya. Baik secara langsung maupun tidak.

Contohnya adalah adanya hutan tropis. Hutan tropis ini terdiri dari pohon-pohon yang merupakan sumber oksigen bagi makhluk hidup di bumi, dan juga sebagai rumah tempat tinggal berbagai jenis hewan. Jika akibat suatu hal pohon-pohon ini hilang atau punah, maka akan berdampak secara langsung bagi hewan yang tinggal di hutan tersebut. Hal ini juga akan berdampak bagi makhluk hidup lain yang tidak tinggal di hutan itu, yaitu melalui semakin berkurangnya pasokan oksigen yang biasanya tersuplai dari pohon-pohon yang hilang itu.

Sumber Keilmuan

Kehidupan manusia setiap waktunya terus mengalami perkembangan, bahkan ada sebuah kalimat yang berbunyi “tidak ada yang abadi selain perubahan”. Memang pada hakikatnya hidup ini selalu mengalami perubahan disetiap tarikan nafas.

Karena sifat manusia yang selalu berkembang inilah, membuat manusia selalu butuh akan pengetahuan untuk terus mengeksplor alam ini. Dan hadirnya biodiversity membuat manusia selalu mencari cara untuk dapat memecahkan masalah-masalahnya ataupun mencari cara memanfaatkan keanekaragaman ini dengan seefektif mungkin.

Beriku ini bebrapa contoh manfaat biodiversity dalam bidang kelimuan.

Hewan

Contoh paling sederhananya adalah pada proses pemijahan hewan. Kenapa hewan dipijahkan oleh manusia? Jawabannya adalah supaya bisa diperoleh hasil yang maksimal. Dalam mengerjakan proses pemijahan ini, manusia butuh mengetahui tentang cara dan waktu yang tepat, perawatan bagi betina hamil yang tepat, dan juga pengetahuan tentang bagaimana merawat anakan agar diperoleh hasil yang diinginkan.

Tumbuhan

Contohnya adalah saat akan melakukan perkembangbiakan vegetative, entah itu stek, cangkok, ataupun tekhnik lainnya. Sebelumnya tentu dibutuhkan pengetahuan akan ciri-ciri tanaman atau jenis tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan cara vegetative ini.

Sumber Pangan

Manfaat Keanekaragaman Hayati - Sumber Pangan

Tentu sudah jelas tentang poin ini. Kehidupan makhluk hidup di bumi ini bergantung dengan makanan, yang akan diproses untuk menjadi energi untuk menjalani kehidupan. Makhluk hidup dapat bertahan hidup dari memakan makhluk hidup lainnya, kecuali sebagian besar tanaman yang bisa membuat makanannya sendiri. Dan dari proses inilah tercipta apa yang disebut dengan piramida makanan. Dimana satu makhluk akan memakan makhluk lain, untuk kemudian dimakan makhluk lain.

Dan dari piramida makanan ini yang menduduki posisi puncak adalah manusia. Dan manusia ini dengan keilmuan yang dimiliki bisa memanfaatkan keanekaragaman hayati yang ada di bumi ini sebagai sumber pangan bagi keberlangsungan hidupnya.

Di Indonesia sendiri, tersedia berbagai macam bahan pangan dari tumbuhan. Ada sekitar 70 jenis umbi, 55 jenis rempah-rempah, 400 jenis tanaman buah, dan 370 jenis sayuran. Selain itu kita sama-sama mengetahui beragamnya hewan yang kita manfaatkan sebagai sumber pangan, baik dari bangsa burung, unggas, ikan, hewan pemamah biak dan lain sebagainya, baik itu dagingnya atau hal lainnya seperti susu.

Berikut ini kami tuliskan beberapa saja dari jumlah yang sangat banyak sumber pangan yang bisa dimanfaatkan manusia :

  • Minuman – kita bisa mendapat berbagai jenis minuman kaya gizi dari hewan dan tumbuhan, seperti air kelapa , susu sapi, dan susu kambing.
  • Buah – banyak sekali buah yang bisa kita makan, tidak perlu dituliskan contohnya tentu kita semua sudah paham.
  • Sayur – mulai dari bayam, kangkung, wortel, sawi, dan masih banyak jenis sayuran lain yang kita manfaatkan.
  • Karbohidrat – berasal dari tanaman padi, sagu, umbi, singkong jagung dan lin-lain.
  • Sumber protein – baik itu dair hewan seperti daging ayam, sapi, kambing, udang, ikan, maupun protein hewani sperti kedelai.

Sumber Sandang

Kita bisa menggunakan keanekaragaman hayati sebagai penutup dari tubuh kita, sebagai busana keseharian kita. Dulunya mungkin hanya sebagian kecil dari biodiversity yang bisa dimanfaatkan. Sekarang dengan terus berkembangnya ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang tekstil, muncul berbagai macam kain yang dihasilkan baik dari hewan maupun tumbuhan.

Berikut beberapa contoh pemanfaatan biodiversity ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai sandang.

Hewan

Sekarang  ini muncul berbagai macam jenis kain yang diproduksi dengan berbahan dasar hewan. Kulit sapi-buaya-domba dimanfaatkan untuk bahan pembuat sepatu, tas, jaket, mantel dan busana lainnya. Selain itu ulat sutera juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kain sutera.

Tumbuhan

Jaman dulu mungkin tanaman ini hanya dimanfaatkan seadanya untuk menutup tubuh. Tanpa proses yang rumit dan lama. Namun sekarang ini muncul berbagai jenis bahan maupun busana yang diproduksi dengan bahan dasar dari berbagai serat tumbuhan. Seperti kain linen yang berasal dari tanaman sejenis alang-alang., kain katun dari kapas, dan sekarang ada juga kain yang diproduksi berbahan dasar bambu.

Keanekaragaman Hayati Sebagai Pemenuh Kebutuhan Sekunder

Manfaat Keanekaragaman Hayati - Pemenuh Kebutuhan Sekunder

Dalam hal ini, keanekaragaman hayati menjadi sarana melepas penat dari segala rutinitasnya. Setiap individu dari manusia tentu memiliki kecendurangan untuk suka pada suatu hal atau hobi yang berbeda-beda. Pemenuhan kebutuhan sekunder ini juga berbeda tergantung minat dari masing-masing, ada yang suka gunung, pantai, hutan, bahkan mungkin ada yang suka gurun.

Ada yang suka memelihara burung dengan aneka ragam dan jenisnya, ada yang suka memelihara ikan, maupun hewan peliharaan lainnya. Dengan adanya biodiversity ini maka semakin banyak pilihan bagi manusia untuk bisa melepas penatnya.

Aspek Budaya

Jumlah manusia sangatlah banyak, dan tentunya berasal dari berbagai tempat yang berbeda, selain itu suku,adat dan budayanya tentu juga berbeda. Perbedaan ini juga membuat keanekaragaman hayati juga dimanfaatkan berbeda di masing-masing tempat. Selain itu juga terjadi hal sebaliknya, keanekaragaman hayati yang berbeda-beda di satu tempat dengan tempat lainnya, membuahkan hasil budaya yang berbeda pula.

Contoh dari pemanfaatan keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut :

  • Di Bali saat upacara Ngaben, digunakan sekitar 39 jenis tumbuhan yang beraroma harum karena mengandung minyak atsiri. Seperti cendana, melati, kenanga, sirih, pandan dan lain sebagainya.
  • Umat Nasrani mamanfaatkan pohon cemara dalam perayaan Natal.
  • Di Toraja, saat upacara kematian digunakan berbagai macam tumbuhan yang dipercaya punya nilai magis yang tinggi saat proses memandikan jenazah. Seperti daun kelapa, rempah-rempah, limau, dan pisan, serta bahan lainnya.
  • Umat Islam melakukan ibadah qurban dengan berbagai hewan, tergantung kondisi daerah di mana qurban dilaksanakan, ada yang menyembelih kambing, kerbau, sapi dan adapula yang menyembilah unta, dan hewan lainnya yang sejenis dengan hewan-hewan tadi.

Sumber Obat

Manfaat Keanekaragaman Hayati -Sumber Obat
edunews.id

Selain manfaatnya sebagai pangan dan sandang, keanekaragaman hayati juga dimanfaatkan sebagai obat. Tubuh manusia modern terus mengalami perubahan, dan penyakit-penyakitpun terus berkembang. Contohnya jika dulu tidak ditemukan penyakit A, maka sekarang muncul penyakit A.

Dengan semakin beragamnya jenis penyakit, tentu dibutuhkan juga obat-obat yang beragam sesuai jenis sakitnya. Dan tumbuhan serta hewan telah mengandung obat-obatan, hanya perlu dicari tahu bagaimana cara mengambil obat itu agar bisa dimanfaatkan untuk kesembuhan manusia.

Dari sekitar 30.000 jenis tumbuhan di bumi ini, ada sekitar 940 jenis yang dimanfaatkan sebagai obat, dan dari jumlah itu sekitar 250 nya dimanfaatkan dalam industry obat.

Berikut contoh dari pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk obat.

  • Ular – dipercayai bisa menyembuhan penyakit gatal dan penyakit dalam, serta ada bagian tubuhnya yang dipercaya sebagai obat kuat.
  • Madu yang dihasilkan lebah sudah diketahui bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengkudu – bermanfaat sebagai obat penurun tekanan darah tinggi.
  • Buah merah – bermanfaat untuk obat diabetes, kolesterol tinggi dan obat kanker.
  • Pohon kina – pada bagian kulitnya terdapat senyawa alkaloid kina yang bermanfaat sebagai obat malaria.

*******

Itulah tadi pembahasan kita kali ini mengenai keanekaragaman hayati, atau bahasa keren-nya biodiversity. Semoga apa yang kami tuliskan bisa bermanfaat. Sekian. Terima kasih sudah berkunjung. Salam.

Tinggalkan komentar