Teman Masa Kecil : Kartun

Masa kecil adalah masa di mana kita hanya merasakan yang namanya kebahagiaan. Masa di mana disetiap tarikan nafas selalu muncul senyuman-senyuman tulus tanpa modus.

Ya, memang terkadang ada tangisan ataupun perkelahian antar anak. Namun itu semua biasanya akan terselesaikan dengan cepat dan untuk kemudian kembali tertawa bersama.

Saat kecil itulah kita akan menjalani hidup tanpa beban. Kehidupan kita hanya berputar hanya soal main, ngaji, makan, mandi dan tidur.

Teman masa kecil yang memberikan memori-memori indah itu salah satunya adalah film-film kartun. Entah itu kartun yang tayang mingguan ataupun kartun yang tayang setiap hari.

Dan di bawah ini kartun-kartun yang memberikan memori indah masa kecil pada saya.

Detektif Conan

Conan. via : tvtropes.org

Kartun ini difilmkan dari karya Gosho Aoyama. Dan sampai saat ini saya masih menikmati cerita-cerita yang ditampilkan.

Tentunya kamu sudah tahukan tentang cerita dari kartun ini. Ya, kartun ini menceritakan tentang Conan yang bernama asli Shinichi Kudo yang diberi obat sehingga tubuhnya mengecil. Dan misi utama dari Conan adalah menemukan siapa yang memberinya obat itu dan mencari obat penawarnya.

Untuk mencapai misinya itu, Conan memanfaatkan tubuhnya yang mengecil untuk menyamar sebagai anak kecil dan tinggal di rumah pacarnya, di mana pacarnya belum mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi Kudo. Saat menjalani hari-harinya ini, Conan akan banyak memecahkan masalah-masalah kejahatan, di mana dia berperan sebagai detektif di balik layar.

Yang paling saya ingat dari kartun ini adalah dimana hampir disetiap pemecahan kasus, sang detektif sok tahu yang saya lupa siapa namanya itu, selalu dibuat tertidur oleh Conan. Dan Conan dengan kecerdasannya mampu memecahkan kasus-kasus yang ada.

Doraemon

Doraemon. via : deadtoonsindia.com

Siapa yang tidak tahu kucing yang satu ini. Kucing yang paling aneh kalau menurut saya. Masa kucing takut sama tikus?

Walaupun sekarang kartunnya masih diputar di televisi setiap hari Minggu, dan terkadang yang movienya tayang saat hari libur tanggal merah. Namun bagi saya Doraemon waktu saya kecil tetap memberikan kenangan yang indah.

Dan saya pikir, kita semua saat kecil ingin memiliki salah satu dari dua alat andalan Doraemon. Yaitu Pintu Ke Mana Saja dan Baling-Baling Bambu. Iya, kan? Udah, ngaku aja.

Ninja Hatori

Ninja Hatori. via : jamandulu.com

Sebuah kartun yang membuat anak-anak di zaman itu, mungkin kamu juga, akan mencoba berlari di tembok dengan gaya Ninja Hatori. Kalau saya lihat sekilas, Ninja Hatori ini wajahny agak-agak mirip sama Doraemon, iya gak sih?

Atau kamu malah sengaja berendam di air dan mencoba bernafas dengan sedotan seperti Ninja Hatori ini? Kok, saya tahu? Ya karena saya juga pernah melakukan seperti itu. Nggak usah malu, untuk hal ini kamu ada temannya.

Let’s & Go

Let’s & Go. via : youtube.com

Film yang ditempat saya seringnya disebut sebagai Tamiya. Padahal, Tamiya adalah salah satu merk yang memproduksi mainan mobil balap seperti yang ada di film ini.

Waktu itu saat kartun ini mulai tayang. Tersebarlah virus mainan mobil seperti yang ada di kartun. Saat booming mainan ini, hampir di setiap tempat selalu ada penjual dari mainan ini. Baik itu skala kecil maupun besar.

Tentu kamu punya mainan ini lebih dari satukan? Sangat jarang saya lihat waktu itu, anak yang hanya memiliki satu mobil mainan. Paling tidak mereka punya lebih dari satu. Bahkan ada yang lebih dari lima. Saya sendiri waktu itu punya tiga.

Hal yang paling asik saat main ini, selain saat balapan, tentu saja saat ngoprek mesin maupun bodinya. Di mana kita akan merasa seperti mekanik jempolan. Ganti roler, ban, dan dinamo merupakan makanan harian anak-anak waktu itu.

Dragon Ball

Kamehameha. via : hai.grid.id

Ka Me Ka Me Ha……

Pernah bilang gitu sambil tangannya meniru gerakan Goku ?

Atau, kamu pernah melakukan gerakan fusion seperti yang ada di film?

Dua hal itulah yang sampai saat ini masih saya ingat. Saat itu, Dragon Ball atau saya dan teman-teman lebih sering menyebutnya Goku saja, adalah tontonan wajib setiap minggu pagi.

Ada satu kenangan yang saya miliki tentang film ini. Waktu itu, di minggu pagi, seperti biasa saya nonton Goku dengan beberapa teman. Selang beberapa lama, hal yang tidak mengenakkan itu terjadi, TV yang dipakai untuk nonton meledak. Jadilah kami pindah ke rumah teman yang lain, untuk lanjutin nontonnya.

Captain Tsubasa

Tim Nankatsu. via : supercampeones.wikia.com

Lari-lari-lari

Tendang dan berlari

Berjuanglah Tsubasa pahlawan kita

Jika kamu membaca kalimat di atas dengan menyanyikannya. Bisa dipastikan kamu pernah menendang bola dengan berteriak “Tendangan Elang”, atau “Tendangan Macan”.

Atau bahkan kalian pernah mencoba menendang bola menirukan tendangan Tsubasa dan Misaki. Kamu nendang bola, dan kaki kamu dan temanmu bersatu untuk menendang bola itu. Susah banget ya nulisnya. Pokoknya kalian pernah nendang seperti gambar di bawah inikan?

Tsubasa-Misaki. via : bolalob.com

Saat kartun ini booming, hampir setiap hari anak-anak akan bermain bola, dan menjadikan dirinya sebagai Tsubasa, Misaki, Hyuga atau jika ia sebagai kiper, dia akan berubah menjadi Wakabayashi.

Pokemon

Pokemon. via : vamers.com

Kartun ini sempat booming lagi beberapa tahun terakhir dengan hadirnya game Pokemon Go di hp.

Namun, kenangan saat nonton kartun ini saat itu akan tetap membekas di memori otak.

Yang paling diingat tentu saja Pikachu, nama pokemon yang menjadi maskot dari kartun ini mampu mengalahkan pokemon-pokemon lain dengan jurus andalanya 10000 volt.

Hal paling konyol dari film ini adalah ketika tim Roket, yang selalu berniat mencuri Pikachu, akan selalu kalah dan pada akhirnya mereka akan terpental jauh ke langit sampai menjadi kerlip bintang saking jauhnya.

Beyblade

Beyblade. via : olx.ua

Permainan gasing yang biasanya sederhana. Di kartun ini gasing jadi naik kelas.

Banyak gasing yang ada di film ini. Gasing-gasing yang ada, sudah dibekali dengan teknologi tinggi dan tentu saja memiliki kekuatan-kekuatan aneh.

Seperti halnya Tamiya, saat film ini tayang, boominglah mainan gasing yang mirip seperti di filmnya. Waktu itu, seingat saya, saya hanya punya satu gasing. Ini karena di desa saya, tren gasing ini tidak sebesar saat tren Tamiya berlangsung.

Crush Gear

Crush Gear. via : fanpop.com

Mobil penghancur. Itulah yang ditampilkan di filmya. Dimana di film ini yang menjadi suguhan utama adalah lomba mnghancurkan mobil mainan lawan.

Di serial kartunya, mobil-mobil yang dipakai memiliki senjata-senjata yang siap untuk menghancurkan mobil musuh. Sampai saat ini saya masih mikir, gimana caranya mobil mainan sekecil itu bisa memiliki senjata-senjata penghancur seperti itu.

Dikenyataan sendiri, mainan ini tidak semengerikan di kartunnya. Bahkan jauh berbeda. Saat kamu bermain mainan ini mobilmu hanya akan maju atau pun berputar-putar dan menabrak musuh. Tidak akan sampai menghancurkan mobil musuh seperti yang ada dikartunnya.

Crayon Sinchan

Shinchan. via : lifearchiver.blogspot.com

Seorang anak TK yang selalu melakukan hal-hal konyol disetiap episodenya. Dimanapun Sinchan berada dia selalu melakukan hal-hal yang menyebalkan orang-orang di sekitarnya. Baik itu di rumah, sekolah, jalan pasar atau di tempat lainnya.

Tingkah dan karakter Sinchan inilah yang justru menjadi daya tarik untuk menonton film ini.

Kartun Sinchan ini dulu seingat saya ditayangkan persis setelah Doraemon.

—————

Beberapa poin terkhir ini melebar dari tema film kartun, namun daftar di bawah ini sama-sama menemani masa kecil saya dan mungkin juga kamu.

Power Ranger

Power Ranger Turbo. via : youtube.com

Ad banyak sekali jenis Power Ranger yang tayang jaman dulu. Bahkan sampai sekarangpun masih terus diproduksi film-film Power Ranger terbaru.

Saking banyaknya serial Power Ranger. Saat tulisan ini dibuat, hanya dua Power Ranger  yang saya ingat, yaitu Power Ranger yang berubahnya menggunakan kunci mobil, kalau gak salah namanya Power Ranger Turbo seperti gambar di atas, dan satu lagi adalah Ninja Ranger.

Nah, ada satu hal yang mungkin kamu juga mengalaminya. Yaitu saat kita bermain menirukan Power Ranger, maka peran sebagai Power Ranger merah adalah peran yang selalu menjadi rebutan.

Ultraman

Ultraman. via : denofgeek.com

Sama seperti Power Ranger, serial Ultraman saat itu juga banyak sekali jenisnya. Sehingga saya tak mengingat detailnya.

Yang paling saya ingat adalah, Ultraman akan kalah terlebih dulu dari musuhnya. Setelah kalah, lampu yang berada di dadanya biasanya akan menyala kelap-kelip. Dan saat itu kekuatan Ultraman biasanya akan kembali bugar dan di saat inilah, Ultraman akan menghabisi monsternya dan menang.

Itulah serial kartun yang menemani masa kecil saya, dan mungkin juga kamu. Sebenarnya ada yang belum masuk ke daftar, seperti Satria Baja Hitam, Robocop dan lain-lain.

Selamat bernostalgia.

Tinggalkan komentar