Fadhilah Sholawat Munjiyat

Salah satu bacaan sholawat yang banyak dihapal dan diamalkan oleh muslim Indonesia adalah sholawat munjiyat, atau ada juga yang menyebutnya sebagai sholawat tunjina.

Sama seperti fadhilah sholawat nariyah yang sudah banyak dirasakan oleh para pengamalnya. Fadhilah sholawat tunjina juga sudah banyak yang membuktikannya untuk menggapai hajat-hajat mereka.

Oleh karena itu, berikut ini kami sampaikan pembahasan mengenai sholawat tunjina.

Bacaan Sholawat Tunjina/Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Berikut bacaan sholawat tunjina dalam tulisan Arab

bacaan-sholawat-tunjina-arab
Bacaan Sholawat Tunjina Arab

Sholawat Munjiyat tulisan latin

Allahumma Sholli wa Sallim ‘Alaa Sayyidina Muhammadin-Sholaatan-Tunjiinaa Bihaa Min Jami’il Ahwaali Wal A-Faat, Wa Taqdhilanaa Bihaa Jami’al Hajaat, Wa Tuthohhirunaa Bihaa Min Jami’is-sayyiaat, Wa Tarfa’una Bihaa ‘Indaka A’lad-darojaat, Wa Tuballighunaa Bihaa Aqshol-Ghooyaat, Min Jami’il Khoirooti Fil Hayaati Wa Ba’dal Mamaat, Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in-Qodiir.

Arti Sholawat Tunjina

“Ya Allah, limpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Bagainda Nabi Muhammad shallallhu alaihi wa sallam, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang mendebarkan dan dari semua cobaan, dengan rahmat itu Engkau akan mengabulkan hajat kami, dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kami dari semua keburukan(kesalahan), dengan ramat itu Engkau akan mengangkat kami kepada derajat tempat tertinggi, dengan rahmat itu engkau akan menyampaikan kami pada kesempurnaan semua maksud (tujuan), dari semua kebaikan di dalam kehidupan dan setelah mati, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu”

Sejarah Sholawat Munjiyat/Tunjina

sejarah-sholawat0munjiyat
Sejarah Sholawat Munjiyat

Sholawat Tunjina dinisbatkan kepada Syaikh Musa Al Dlarir. Beliau mendapat bacaan sholawat ini langsung dari Baginda Nabi Muhammad shallallhu alaihi wa sallam yang datang pada mimpi beliau.

Diceritakan, pada suatu waktu, Syaikh Musa Al Dlarir sedang bepergian dengan menaiki kapal bersama dengan orang banyak. Didalam perjalanan tiba-tiba keadaan cuaca berubah, angin kencang dan ombak besar menerpa kapal itu. Sehingga membuat kapal bergoyang dengan hebat.

Kekacauan di kapal membuat para penumpang kapal kebingungan, bagaimana cara mereka bisa selamat dari cuaca seperti itu. Dan dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba Syaikh Musa Al Dlarir merasakan kantuk yang sangat berat dan tidak bisa ditahan. Sehingga beliau akhirnya tertidur di salah satu bagian kapal.

Dalam tidurnya, Syaikh Musa didatangi oleh Baginda Nabi, dan disaat itu beliau diberi Sholawat Tunjina, dengan pesan untuk mengajarkannya kepada para penumpang kapal, dan dibaca 1000 kali.

Setelah beliau terbangun dari tidurnya, Syaikh Musa langsung menceritakan mimpinya kepada para penumpang kapal, serta mengajarkan sholawat yang beliau terima dari Baginda Nabi tadi. Setelah itu, mereka pun bersama-sama membaca sholawat Munjiyat.

Belum sampai pada hitungan ke-1000, kira-kira baru sampai pada hitungan 300 kali, berkat pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala, cuaca berangsur-angsur membaik, angin dan ombak kembali menjadi tenang. Dan mereka pun diberikan keselamatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala berkat fadhilah sholawat tunjina ini.

Fadhilah Sholawat Munjiyat

Fadhilah-sholawat-munjiyat
Fadhilah Sholawat Tunjina

Berikut ini kami tuliskan beberapa fadhilah sholawat munjiyat yang diambil dari kitab Afdholus-sholawat ‘Alaa Sayyidis-sadaat karya Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani.

  • Setiap selesai sholaat fadhu dibaca 40 kali, insyaAllah akan diberi kemudahan dalam semua urusan, menghilangkan kesusahan, meninggikan pangkat dan derajat, menerangkan hati, meluaskan rejeki, membuka pintu-pintu kebaikan, serta dihindarkan dari bencana/musibah.
  • Saat lahirnya anak, dibaca 41 kali, insaAllah anak tersebut kelak akan menjadi orang yang taat kepada Allah dan RasulNya, menjadi orang besar yang shaleh, patuh kepada nasihat kebaikan dari orang tua dan gurunya, dan akan menjadi seseorang yang berguna bagi agama dan bangsanya.
  • Bila memiliki hajat yang mendesak, dengan syarat harus memiliki keyakinan yang kuat, sholawat tunjina dibaca 11 kali setiap selesai sholat fardhu, kemudian malamnya, ditengah malam bangun untuk melakukan sholat hajat 2 rakaat, dilanjut dengan membaca sholawat munjiyat 1000 kali. InsyaAllah dengan izin dari Allah subhanahu wa ta’ala hajatnya akan segera terpenuhi.

Penjelasan Sholawat Munjiyat

Berikut ini ada beberapa video tentang sholawat munjiyat yang dijelaskan oleh beberapa ulama, seperti Habib Novel Alaydrus Solo, Ustadz Yusuf Mansur, dll.

Sholawat Munjiyat Habib Novel

Sholawat Munjiyat Ustadz Yusuf Mansur

***

Itulah tadi penjelasan mengenai fadhilah sholawat Munjiyat yang bisa kita amalkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar