Cara Membuat Tempe Sendiri Di Rumah

Cara Membuat Tempe – Keberadaan makanan tradisional khas Indonesia satu ini sudah sering kita lihat sehari-hari. Bahkan mungkin setiap hari kita memakannya. Walau statusnya adalah makanan tradisional khas Indonesia, nyatanya bahan dasar dari tempe ini, yaitu kedelai, kita masih harus impor dari luar. Jadi inilah makanan tradisional “berbumbu” luar atau impor.

Ngomongin masalah tempe, bisa dibilang penulis sudah sangat familiar dengannya. Bahkan dengan proses produksinya, walau hanya itu proses produksi secara tradisional dan rumahan. Karena apa? Di rumah usaha orang tua adalah membuat tempe, dan ini merupakan usaha yang diturunkan dari kakek nenek. Jadi sudah kebayang gimana darah-darah tempe ini mengalir di darah penulis.

Dan hampir setiap hari, yang penulis lihat adalah tempe dan tempe. Dan munhkin sudah bisa ditebak, mungkin makanan yang paling banyak ke dalam tubuh penulis adalah tempe, selain nasi tentunya. Namun, sebgai anak yang semoga berbakti penulis juga ikut membantu orang tua dalam proses produksinya. Mulai dari masih bahan berupa kacang kedelai, sampai jadi tempe yang kalian kenal itu.

Oke, sudah kelamaan ngelanturnya. Langsung saja kita mulai pembahasan cara membuat tempe.

Kandungan Tempe

Tempe ini tidak hanya terkenal dan dikonsumsi di Indonesia saja, tapi sudah menyebar ke berbagai Negara. Karena apa? Ternyata tempe ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain itu, dari bahan dasar tempe, bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang super lezat.

Satu hal lagi yang membuat tempe ini dikenal di mancanegara adalah karena pembuatan tempe ini tanpa memakai produk-produk hewani, sehingga para vegetarian bisa mengonsumsinya.

Bahan Membuat Tempe

Cara Membuat Tempe - Bahan Membuat Tempe
ibudanbalita.com

Oke langsung saja kita mulai masuk ke pokok bahasannya, yaitu cara membuat tempe. Pembuatan tempe ini tidaklah membutuhkan bahan dan peralatan yang ribet dan susah. Secara garis besar, hanya butuh dua bahan dasar, yaitu:

  • Kacang Kedelai
  • Ragi

Alat Membuat TempeAlat Membuat Tempe

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peralatan untuk membuat tempe ini sangatlah mudah ditemui, dan sebagian besar rumah tangga pasti punya peralatannya. Kalaupun tidak ada, alat-alatnya bisa diganti dengan peralatan yang sejenis, yang fungsinya sama. Inilah daftar alat membuat tempe :

  • Ember / baskom
  • Saringan
  • Dandang (bisa dengan panci besar yang bisa dan biasa untuk mengukus)
  • Pembungkus, bisa dengan daun pisang atau plastic

Secara garis besar proses pembuatan tempe hanya butuh alat-alat itu. Nah lebih lengkapnya bisa ditambhakna :

  • Sutil atau spatula (lebih baik yang berbahan dasar kayu)
  • Kipas angin
  • Kompor, sebenarnya tanpa ditulispun, alat satu ini tentu sidah dipahami oleh kalian.

Cara Membuat Tempe Sendiri

Saat awal membuat tempe ini, mungkin kamu perlu beberapa kali percobaan supaya bisa menghasilkan tempe dengan kualitas yang baik. Karena pembuatan tempe ini memang mudah, tapi karena berhubungan langsung dengan makhluk hidup lain (yang dimaksud di sini adalah ragi-spora/jamur), kita harus memperhatikan beberapa poin-poin kecil.

Bahkan, kami sendiri yang sudah bertahun-tahun memproduksi tempe ini, dibeberapa kesempatan produk tempe yang dihasilkan kurang baik.

Namun jangan berkecil hati, banyak kok orang-orang diluaran sana yang dengan sekali mencoba langsung berhasil. Dan semoga kamu juga bisa berhasil dengan sekali mencobanya.

Oke langsung saja, inilah cara membuat tempe sendiri :

Pencucian Kedelai

Cara Membuat Tempe - Mencuci Kedelai
kwu10a2haryaninagawijaya.wordpress.com

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci kacang kedelainya. Agar kedelai yang akan diproses nanti bersih dari kotoran-kotaran yang ada. Proses ini memiliki pengaruh ke hasil akhir tempe nanti. Semakin bersih akan semakin baik kuuaitas tempenya nanti.

Tentu kamu nggak mau kan saat makan tempe ada kotoran-kotorannya, seperti ranting, kerikil, bahkan ada jagungnya. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, kok sampai ada ranting dan jagungnya? Ya, sepengalaman kami selama ini. Saat kita beli kacang kedelai pasti akan ada kotoran-kotoran itu, entah itu jumlahnya sedikit maupun banyak.

Perendaman Kedelai

Menginjak proses yang kedua. Setelah kita mencuci kedelainya sampai bersih. Proses selanjutnya adalah merendamnya. Tujuan utamanya adalah kedelai bisa menjadi lebih lunak dan mengembang. Proses ini juga akan memudahkan kita nanti dalam proses pelepasan kulit ari.

Proses perenadaman ini bisa dilakukan semalaman. Jadi sebelum tidur kita cuci dan rendam dulu kacang kedelainya, dan di pagi harinya baru kita proses ke tahap selanjutnya.

Peremasan dan Pencucian Kembali

Setelah perendaman semalaman, proses selanjutnya adalah meremas-remas kedelainya sampai kulit arinya lepas. Dan kemudian cuci lagi sampai bersih.

Perebusan Kedelai

Cara Membuat Tempe - Rebus Kedelai
equatornusantara.blogspot.com

Setelah dirasa bersih, langkah selanjutnya adalah merebus kedelainya. Proses ini cukup lama, tergantung seberapa banyak kamu membuat tempenya.

Pendinginan Kedelai

Setelah matang, kamu harus mendinginkan kedelainya sebelum masuk ke tahap selanjutnya. Kamu bisa menggunakan wadah dengan permukaan yang cukup lebar, sehingga kamu bisa meratakan kedelai hasil perebusan tadi. Di sini kamu bisa menggunakan kipas angina supaya proses pendinginannya lebih cepat. Tapi kalau tidak ada kipas anginapun tak masalah, tapi waktu yang dibutuhkan untuk menunggu suhu kedelai menjadi dingin lumayan lama.

Peragian

Inilah proses yang bisa dibilang kunci pembuatan tempe. Karena, keberhasilan pembuatan tempe sedikit banyak bisa dilihat dari proses peragian ini

Pemberian ragi ke dalam kedelai haruslah menunggu kedelainya dingin, atau uap panasnya hilang. Tujuannya adalah supaya mikroorganisme yang ada pada ragi tidak mati ketika kita campurkan ke dalam kedelai. Karena suhu yang panas bisa mematikan mikroorganisme di dalam ragi itu.

Jumlah ragi yang diberikan juga tidak bisa sembarangan. Untuk 2kg kedelai yang diolah, hanya perlu 1,5 gr ragi tempe, atau sekitar dua sendok makan.

Campur rata ragi ke dalam kedelai tadi, sampai dirasa semua kedelai sudah tercampur dengan ragi.

Pembungkusan

Cara Membuat Tempe - Pembungkusan Tempe

Setelah peragian, proses selanjutnya adalah pembungkusan. Bisa manual dan bisa juga dicetak.

Seperti yang sudah kamu ketahui, pembungkus dari tempe ini ada bermacam-macam. Kamu bisa menggunakan daun pisang, daun jati, atau bisa juga menggunakan plastik.

Untuk proses pembungkusan ke dalam daunnya kamu bisa menerka sendiri-sendiri, karena kalau dijelaskan dengan tulisan cukup sulit. Nah, untuk kamu yang mau membungkusnya dengan plastik, jangan lupa beri sedikit lubang dipermukaan plastiknya. Sedikit saja, bisa dengan menusuknya dengan lidi atau tusuk gigi.

Pemberian lubang ini dimaksudkan supaya ragi tempe memperoleh udara untuk bisa bernapas. Namun, jangan memberikan lubang terlalu banyak dan lebar, berilah lubang udaranya secukupnya saja, supaya tempe yang dihasilkan enak dan putih bersih.

Fermentasi

Setelah selesai proses pembungkusannya, diamkanlah tempe di dalam suhu ruang. Jika ingin prosesnya lebih cepat, kamu bisa menyimpannya di dalam ruangan yang lebih hangat.

Sebagai catatan, jangan menumpuk tempe terlalu banyak. Karena saat proses fermentasi, tempe akan mengeluarkan panas. Dan jika ditumpuk terlalu banyak akan menyebabkan tempe yang dihasilkan kurang baik.

Proses Akhir

Cara Membuat Tempe - Hasil Akhir
campurbawurs.com

Setelah didiamkan selama kurang lebih 24jam, lihatlah tempe buatanmu, jika sudah kamu temui bulu-bulu halus dengan warna putih, maka tempemu sudah jadi dan bisa kamu olah menjadi makanan yang lezat.

*******

Itulah tadi proses cara membuta tempe sendiri yang bisa kamu kerjakan sendiri prosesnya di rumahmu. Sebagai bonus, kami kasih tips bagaimana cara membuat tempe supaya hasil tempe yang dihasilkan berkualitas baik.

Jika di atas tadi adalah penjelasannya secara lengkap, berikut kami tuliskan cara membuat tempe yang benar secara ringkas. Dan apa yang ditulis di bawah ini ada sedikit perbedaan proses dari yang di atas. Karena memang proses pembuatan tempe ini ada beberapa cara. Yang semuanya terbukti berhasil.

Nah, sekarang terserah kamu mau pakai cara yang mana.

Teks Prosedur Cara Membuat Tempe

  1. Cuci bersih kacang kedelai
  2. Rendam kacang kedelai sampai mengembang (paling sedikt 4 jam)
  3. Rebus kedelai
  4. Dinginkan, kemudian remas-remas sampai kulit arinya terkelupas
  5. Rebus kembali kedelainya, dan tambahakan cuka makan dalam jumlah yang sedikit
  6. Tiriskan kedelai, dan dinginkan
  7. Beri ragi dan ratakan
  8. Bungkus ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan(jika menggunakan plastik, beri sedikit lubang, dengan menusuknya beberapa kali dengan lidi atau tusuk gigi)
  9. Simpan di tempat yang bersih
  10. Tutup atasnya dengan kain atau dengan kertas
  11. Setelah tempenya hangat dan berkeringat, angkat penutupnya
  12. Diamkan beberapa waktu sampai seluruh permukaan tempe terselimuti bulu putih halus berwarna putih
  13. Tempe sudah jadi dan siap diolah

Tips Membuat Tempe

Supaya hasil tempe yang dibuat berkualitas bagus, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba

  • Beli kedelai yang berkualitas bagus. Karena bagaimanapun kualitas dari kedelai akan berpengaruh secara langsung ke kualitas tempe yang dihasilkan. Semakin bagus kualitas tempe, maka akan semakin bagus kualitas tempe yang dihasilkan.
  • Buang semua kotoran yang biasanya ikut terbawa di dalam kacang kedelai yang kamu beli. Biasanya berupa ranting kecil, kerikil, kacang hijau dn biji-bijian lainnya.
  • Usahakan tempat pembuatan dan peralatan produksi sebersih mungkin.
  • Walau bisa menggunakan plastik sebagai pembungkusnya, berdasarkan pengalaman bebrapa orang, daun pisang tetap merupakan media pembungkus paling baik.
  • Supaya lebih cepat jadi proses fermentasinya, tempatkan tempe di ruangan yang bersuhu lebih hangat. Atau bisa juga dengan menyelimutinya dengan kertas atau kain, tapi harus teliti, setelah suhu tempe terasa hangat, kertas atau kainnya harus diangkat/lepas.

Nah, itulah tadi cara membuat tempe sendiri yang sederhana dan bisa kamu kerjakan sendiri di rumah. Oke, sekian dari kami. Terima kasih sudah berkunjung di babacaca. Salam.

Tinggalkan komentar