Cara Memasak Nasi Manual

Cara Memasak Nasi Manual – Siapa yang tidak pernah makan nasi? Hampir seluruh orang di Indonesia ini pasti pernah makan nasi, karena nasi merupakan makanan pokok di negeri ini. Walaupun di beberapa daerah makanan pokoknya bukanlah nasi, tapi mayoritas menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya.

Ada sebuah ungkapan yang terkenal di kalangan masayarakat Indonesia, yaitu “belum bisa disebut makan kalau belum makan nasi”. Walaupun dia sudah makan lontong, bakso ataupun mi ayam, kalau belum makan nasi maka belum disebut makan.

Keberadaan nasi di Indonesia dan dunia memiliki peranan penting sebagai sumber karbohidrat yang diolah tubuh untuk bisa menjalani aktifitas sehari-hari. Antara lain aktiivitas fisik dan berpikir.

Cara Memasak Nasi Manual
Cara Memasak Nasi Manual | sumber : penggilinganpadi.com

Nah, bicara soal nasi. Tentu tidak terlepas dari bagaimana cara membuatnya, yaitu proses mengubah beras untuk menjadi nasi yang enak untuk dikonsumsi. Dan di dalam proses ini ada beberapa tahapan yang harus dijalani supaya bisa tercipta nasi yang enak dan nikmat.

Tahapan-tahapan inilah yang harus diketahui bagi siapa yang ingin memasak nasi. Apalagi bagi yang baru pertama kali memasaknya, tentu akan sedikit menemui kesulitan saat proses memasaknya. Dan bisa jadi juga hasil nasinya nanti tidak sesui dengan yang diharapkan, bisa kurang air atau kelebihan air dan permasalahan lainnya.

Nah, di artikel kali ini mari kita bahas bagaimana cara memasak nasi yang benar, sehingga bisa menghasilkan nasi yang enak dan nikmat untuk di konsumsi.

Proses menanak nasi sekarang ini bisa dibedakan menjadi dua cara, yaitu cara memasak nasi manual atau tradisional dan memasak nasi dengan alat elektronik(rice cooker). Dari kedua proses memasak itu secara garis besarnya sama, hanya ada beberapa perbedaan kecil.

Oke langsung saja simak ulasan bagaimana cara memasak nasi manual dan dengan rice cooker.

Cara Memasak Nasi Manual

Ada beberapa cara yang masuk kedalam cara memasak nasi secara manual ini, langsung saja simak ulasan berikut ini:

Cara Memasak Nasi Dengan Panci

Cara memasak nasi manual dengan panci
Masak Nasi Dengan Panci | sumber : effiharyanti.com

Inilah cara memasak nasi manual yang pertama, yaitu dengan panci. Memasak nasi dengan panci ini bisa dijadikan solusi untuk menanak nasi ketika listrik sedang mati. Saat menanak nasi menggunakan panci ini kita hanya perlu kompor dan panci.

Oke langsung saja langkah-langkah cara memasak nasi dengan panci berikut ini:

  1. Ambil beras sekitar 2 gelas / sesuai selera
  2. Cuci beras (terserah mau sampai bersih atau pun tidak, sesuai selera dan keyakinan masing-masing)
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci
  4. Tambahkan air ke dalam panci, kira-kira satu ruas jari dari permukaan beras
  5. Nyalakan kompor dengan api sedang, taruh panci di atas kompor
  6. Setelah mendidih, ubah nyala kompornya menjadi berapi kecil
  7. Aduk beras sebentar dan tutup pancinya kembali
  8. Tunggu sekitar 20-30 menit hingga airnya meresap semua.
  9. Nasi sudah siap dihidangkan

Catatan:

  • Bila sesudah poin ke 8 nasinya kurang lunak, bisa ditambahkan lagi sedikit air, dan masak kembali hingga air meresap kembali. (hal ini terjadi karena satu jenis beras dengan beras yang lain tentu beda daya serap terhadap airnya)

Cara Memasak Nasi Dengan Kukusan

Cara Memasak Nasi Dengan Dikukus
Memasak Nasi Dengan Cara Dikukus

Cara memasak nasi manual yang kedua adalah memasaknya dengan menggunakan kukusan. Secara garis besarnya sama dengan cara memasak nasi dengan panci di atas. Hanya ada beberapa perbedaan kecil saja. Berikut ini cara memasak nasi dengan kukusan:

  1. Ambil beras sesuai kebutuhan(saat beras jadi nasi, ukurannya sekitar dua kali lipatnya)
  2. Cuci beras, bisa menggunakan wadah bakul atau yang lainnya.
    Untuk tingkat kebersihannya, dikembalikan lagi kepada masing-masing.

    Cara memasak nasi manual
    Cara memasak nasi manual | sumber : napungin.blogspot.com
  3. Masukan air ke dalam panci secukupnya, masak sampai mendidih

    Cara memasak nasi manual
    Masak air di dalam panci | sumber : napungin.blogspot.com
  4. Setelah mendidih, kurangi air secukupnya.
    Hal ini memiliki tujuan untuk mengantisipasi supaya tidak kelebihan air nanti saat memasaknya
  5. Masukan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci berisi air tadi, atur jumlah air sekitar 2 cm dari permukaan beras, usahakan jangan terlalu kelebihan airnya

    Cara memasak nasi manual
    Masukan beras ke dalam panci | sumber : napungin.blogspot.com
  6. Masak beras tadi sampai setengah matang, jangan sampai airnya tadi mengering
  7. Angkat panci kemudian aduk beras setengah matang tadi semuanya, sampai ke dasar panci, kemudian tutup pancinya

    Cara memasak nasi manual
    Aduk nasi setengah matang | sumber : napungin.blogspot.com
  8. Siapkan panci kukus yang sudah diberi air sampai batas saringannya(alas kukus). Airnya jangan melebihi batas saringan. Tunggu airnya sampai mendidih

    cara memasak nasi dengan kukusan
    Panaskan air di dalam panci kukus | sumber : napungin.blogspot.com
  9. Setelah airnya mendidih, masukkan nasi setengah matang tadi ke dalam panci kukusan, kemudian tutup rapat

    cara memasak nasi dengan dikukus
    Masukan nasi setengah matang ke dalam panci kukus | sumber : napungin.blogspot.com
  10. Kurang lebih 30 menit beras akan matang. Tapi harus selalu dicek, jangan sampai kematangan, supaya hasil nasinya tidak terlalu lembek
  11. Aduk rata nasinya, dan nasi sudah siap untuk dihidangkan

    Cara memasak nasi dengan dikukus
    Nasi sudah matang | sumber : napungin.blogspot.com

Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

Kehidupan manusia ini semakin hari semakin dimudahkan dengan hadirnya teknologi-teknologi baru. Tidak terkecuali dalam hal memasak nasi. Jika dulu saat memasak nasi harus dengan cara manual, yang butuh banyak alat dan tenaga. Dijaman modern ini proses memasak nasi menjadi lebih mudah. Hanya dengan beberapa langkah saja, sudah terhidang nasi matang yang siap untuk disantap.

Dan alat yang digunakan untuk memasak nasi ini adalah rice cooker. Namun, meski sudah sangat dimudahkan dengan hadirnya teknologi pemasak nasi ini, diluar sana masih ada orang-orang yang kesulitan untuk memasak nasi dengan rice cooker ini.

Nah, berikut ini kami tuliskan langkah-langkah memasak nasi dengan rice cooker. Oke, langsung saja:

  1. Takar beras
    Hal yang pertama harus dilakukan adalah menakar seberapa banyak beras yang mau dimasak. Disebagian besar rice cooker yang dijual saat ini biasanya sudah disertai dengan alat takarnya, entah itu berbentuk sendok maupun gelas.
    Tapi kalau nggak ada, bisa juga memakai gelas kaca biasa.
  2. Cuci Beras
    Ya, proses yang satu ini harus dilakukan, baik itu memasak nasi secara manual maupun dengan rice cooker Tidak ada bedanya mencuci beras yang akan digunakan untuk dimasak secara manual ataupun dengan rice cooker
  3. Mengukur Air
    Penggunaan air dalam memasakan nasi ini sangatlah penting. Jumlah air yang digunakan harus pas, tidak lebih dan tidak kurang. Jika berlebih maka nasinya nanti akan lembek, sebaliknya kalau kekurangan air nanti nasinya jadi keras, bahkan bisa jadi tidak matang.
    Jika saat menakar beras tadi menggunakan gelas takar, menentukan jumlah airnya ini cukup mudah, tinggal lihat garis ukur yang ada dimangkuk panci rice cooker-
    Nah beda halnya jika tidak menggunakan gelas takar, sebagian besar orang akan kesulitan di bagian ini. Supaya lebih mudah, bisa dilihat gambar di bawah ini. Dan “rumus” ini adalah rumus yang banyak digunakan oleh orang-orang. Dan bisa digunakan untuk memasak nasi manual maupun dengan rice cooker ini.

    Cara memasak nasi dengan rice cooker
    Tinggi air dan beras | sumber : listrikdirumah.com

     

    Catatan : Jumlah air yang seperti di atas itu adalah rumus umum, hasil nasi yang dihasilkan nantinya bisa berbeda satu dengan yang lainnya, hal ini dipengaruhi oleh kualitas masing-masing beras.

  4. Selesai
    Sampai tahap ke tiga tadi, secara umum proses memasak nasi dengan rice cooker sudah selesai. Setelah memasukkan air, tinggal memasukkan pancinya ke dalam rice cooker dan tinggal pencet/geser tombol “memasak/cook” di rice cooker-nya. Tunggu sampai tombol tadi balik ke “menghangatkan/warm” dan nasi siap untuk disantap.

*******

Itulah tadi sedikit pembahasan cara memasak nasi manual dan dengan rice cooker. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Dan bisa memudahkan pembaca saat nanti harus masak nasi, entah itu manual maupun dengan rice cooker. Sekian. Terima kasih.

Tinggalkan komentar