Ayo ke Wonosobo !

Logo Kabupaten Wonosobo

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten kecil yang terletak di wilayah Jawa Tengah bagian selatan.

Daerah yang sebagian besar wilayahnya, sekitar 50%, memiliki ketinggian tanah antara 500-1000 mdpl ini, memiliki banyak sekali tempat yang menarik untuk di kunjungi.

Dengan semboyan ASRI-nya, yang memiliki arti Aman Sehat Rapi Indah. Kota ini akan memanjakan siapapun yang bersedia mengunjunginya.

Dengan kontur daerahnya yang bergunung-gunung, menjadikan banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro. via : candi.web.id

Sindoro merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Wonosobo dan Temanggung. Gunung yang terletak berdekatan dengan gunung Sumbing ini, selalu ramai dikunjungi para pendaki dihari libur.

Bersama gunung Sindoro, gunung ini menjadi ikon Kabupaten. Yang keduanya terpampang di logo kabupaten Wonosobo.

Jika kamu berniat untuk mendaki gunung ini, ada dua jalur pendakian dari arah Wonosobo. Yaitu dari Kledung, Kecamatan Kertek dan dari Sigedang, Kejajar.

Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian 3.136 mdpl. Dan di puncak kamu akan menemukan padang bunga Edelweis. Selain itu dari puncak kamu akan bisa melihat Gunung Sumbing, Merbabu, Slamet dan kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan sangat jelas.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing. via : agusmulyadi.web.id

Gunung Sumbing merupakan gunung yang terletak persis bersebelahan dengan Sindoro. Bisa dibilang dua gunung ini hanya terpisah oleh jalan raya yang menghubungkan Wonosobo-Magelang.

Dari Wonosobo, kamu bisa melakukan start pendakian dari Garung dan Bowongso, yang keduanya masuk wilayah administrasi kecamatan Kalikajar.

Jalur Garung ini sangat dekat jaraknya dengan jalur pendakian Sindoro via Kledung.

Gunung ini memiliki puncak dengan tinggi 3.371 meter. Tinggi yang tak terlalu berbeda jauh dengan gunung Sindoro ini, menjadikan dua gunung ini sering disebut sebagai gunung kembar.

Dieng

Selamat Datang Di Dieng. via : pixoto.com
Peta Wisata Dieng. via : diengindonesia.com

Inilah atraksi utama wisata Wonosobo. Di Dieng kamu akan mendapatkan pemandangan-pemandangan yang memanjakan mata dan hatimu.

Seperti yang terlihat di peta di atas. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Gunung Prau

Pemandangan dari puncak prau. via : piknikasik.com

Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di dataran tinggi Dieng. Gunung ini memiliki puncak tertinggi setinggi 2.565 mdpl.

Banyak yang mengira bahwa gunung Prau hanya berada di Wonosobo. Namun sebenarnya, gunung Prau merupakan gunung yang berada di wilayah dari 5 kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Batang dan Temanggung.

Ada tiga jalur pendakian gunung Prau dari Wonosobo, yaitu Patak Bantheng, Dieng Wetan dan Dieng Kulon.

Pendakian gunung Prau sangat cocok untuk pemula atau kamu yang belum pernah naik gunung. Trek untuk mendaki gunung ini relatif ringan, tapi dengan pemandangan di puncak yang luar biasa.

Di atas puncak Prau, kamu akan dapat melihat megahnya Sindoro-Sumbing, Merbabu, Merapi, Lawu yang seperti sedang berbaris. Dan juga, kamu akan dapat melihat gunung Slamet jika kamu menghadap ke barat.

Selain itu, di atas kamu juga bisa menikmati pemandangan telaga Warna dari ketinggian, pemandangan dataran tinggi Dieng, padang bunga Krisan dan tentu saja bukit Teletubbies.

Bukit Sikunir

Pemandangan dari Sikunir. via : ksmtour.com

Bukit Sikunir terletak di desa yang terkenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, yaitu desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Mengapa bisa disebut desa tertinggi? Karena, desa ini terletak di ketinggian 2.306 mdpl.

Kamu tak bisa mendirikan tenda di atas bukit. Kamu hanya bisa mendirikan tenda di lapangan yang tepat berada di bawah Sikunir, atau kalau mau kamu bisa menginap di rumah-rumah warga yang menyediakan penginapan atau homestay.

Jarak dari lapangan tadi ke puncak Sikunir biasanya hanya memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Untuk mendapatkan view terbaik di atas. Kamu harus mulai mendaki sekitar jam setengah empat pagi. Agar mendapatkan golden sunrise Sikunir yang sudah terkenal itu.

Dari atas, kamu akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa bagus. Deretan gunung-gunung akan menjadi santapan utama mata anda. Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi, dan Gunung Ungaran.

Dari atas sini juga, jika kamu memandang ke bawah, kamu akan melihat Telaga Cebong. Telaga yang berada di samping lapangan untuk mendirikan tenda tadi.

Telaga Cebong dari Sikunir. via : unique-chantika.com

Curug Sikarim

Curug Sikarim. via : indonesiakaya.com

Curug Sikarim adalah sebuah air terjun yang berada tidak jauh desa Sembungan. Jarak dari Sikunir ke Curug Sikarim, menurut Google Maps adalah sejauh 3,8 km.

Curug Sikarim memiliki ketinggian sekitar 90 meter. Sumber air yang mengaliri curug ini berasal dari aliran air telaga Cebong, yang berada di bawah bukit Sikunir tadi.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Warna
Telaga Pengilon. via : dieng.me

Telaga Warna merupakan salah satu dari beberapa telaga yang ada di Dieng. Telaga ini diberi nama demikian karena ada suatu fenomena yang unik. Yaitu, air telaga ini dapat berubah-ubah warnanya. Perubahan ini terjadi karena tingginya kandungan sulfur yang ada di dalam airnya.

Jarak telaga ini tidak terlalu jauh dari bukit Sikunir,tidak sampai satu jam jika kamu menaiki kendaraan.

Telaga ini berada di atas ketinggian 2000 mdpl. Dan dikelilingi bukit-bukit, yang menambah keindahan pemandangan di telaga ini.

Telaga Warna ini memiliki kembaran. Tepat di samping telaga Warna, terdapat telaga yang bernama telaga Pengilon. Bedanya, telaga Pengilon tidak memiliki warna seperti telaga Warna. Air di telaga Pengilon ini cenderung jernih.

Penamaan telaga Pengilon ini juga diambil dari airnya yang jernih tadi. Pengilon adalah bahasa Jawa yang berarti bercermin, dan ini disematkan sebagai nama telaga karena dikejernihan air ini, kamu bisa bercermin.

Di dalam komplek wisata telaga Warna dan telaga Pengilon, juga terdapat beberapa gua, yaitu gua Semar, Gua Sumur, Gua Jaran, dan juga ada Kawah Sikendang.

Batu Pandang

Batu Pandang. via : dakatour.com

Jika kamu ingin menikmati telaga Warna dan telaga Pengilon dengan cara yang lain. Kamu bisa mencoba batu pandang ini.

Batu pandang yang oleh penduduk sekitar diberi nama Batu Ratapan Angin ini, berada tak jauh dari telaga Warna. Tepatnya berada di sebelah selatan telaga.

Saat kamu berada di atas, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Dan jika kamu suka foto-foto. Maka di sini kamu akan mendapatkan spot yang menarik. Kamu bisa berfoto dengan background telaga Warna dan telaga Pengilon.

Telaga Menjer Dan Bukit Seroja

Dua destinasi wisata ini berada di dalam satu desa. Yaitu desa Maron, Kecamatan Garung.

Telaga Menjer sendiri merupakan telaga terbesar di wilayah dataran tinggi Dieng. Air dari telaga ini, kini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di PLTA Garung.

Bukit Seroja sendiri adalah tempat terbaik menikmati telaga Menjer dari ketinggian. Destinasi wisata ini belum lama dibuka sebagai tempat wisata. Namun karena keindahan pemandangan yang bisa didapat di atas, membuat bukit Seroja kini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

 

Saya kira itu dulu untuk postingan kali ini. Masih banyak tempat wisata lain di Wonosobo yang belum sempat saya tulis. Semoga saya bisa menuliskannya dilain waktu.

Sampai jumpa. Ayo ke Wonosobo.

 

Tinggalkan komentar